Minggu, 05 Januari 2014

”Sumbu putar dengan berlari karung sambil memindahkan balon”



BAB I
PENDAHULUAN

1.1            Judul
Sumbu putar dengan berlari karung sambil memindahkan balon”
1.2                      Latar belakang
            Pada zaman yang modern sekarang ini manusia di haruskan untuk bersaing dengan segala kemampuan yang dimiliki oleh manusia, dengan ditunjang skill yang memadai sehingga nantinya dapat bermanfaat positif terhadap kemajuan diri manusia. Melalui aktifitas olahraga rekreasi diharapkan setiap individu dapat menyeimbangkan antara pekerjaan dengan olahraga. Dimana kita ketahui bersama bahwa olahraga sangatlah penting bagi kesehatan baik jasmani, maupun rohani sosialnya. Dan satu hal yang tidak kalah pentingnya yaitu kegiatan olahraga rekreasi ini memiliki tujuan untuk meningkatkan kebugaran jasmani dan rohani manusia.
            Pada dasarnya olahraga merupakan aktifitas jasmani yang dilakukan dalam bentuk permainan dan perlombaan dengan tujuan untuk meningkatkan kebugaran jasmani, rekreasi, kesehatan, pendidikan, dan prestasi. Namun saat ini masyarakat jarang melakukan aktivitas olahraga mungkin karena waktu untuk berolahraga tidak ada karena manusia sibuk  dengan pekerjaan semata, keterbatasan sarana dan prasarana olahraga, dan ssatu hal yang patut di berikan perhatian adalah para remaja, pada zaman sekarang waktu luangnya dijadikan untuk hal – hal yang kurang bermanfaat.
            Menyikapi hal tersebut  maka kegiatan olahraga diubah menjadi lebih menarik dan memasukkan unsur inovatif di dalamnya sehingga manusia tertarik untuk melakukan olahraga yang menarik dan inovatif yang dimaksud yaitu dengan memvariasikan dan mengkombinasikan olahraga dengan permainan. Sehingga  menimbulkan rasa kegembiraan pada waktu melakukannya.
            Maka dari itu, saya buat permainan atau perlombaan tradisional yang sudah di modifikasi dengan judul “Permainan sumbu putar dengan lari karung sambil memindahkan balon”.
1.3     Tujuan
Adapun tujuan dari  permainan Sumbu putar dengan berlari karung sambil memindahkan balon adalah sebagai berikut :
1.3.1        Melatih fisik dan meningkatkan jasmani para peserta.
1.3.2        Melatih mental untuk berpikir positif, desiplin, Sportifitas.
1.3.3        Melatih kerjasama, saling menghormati sesama peserta atau panitia, menjalin persatuan antar peserta, dan peduli dengan lingkungan.
1.3.4        Untuk meningkatkan keyakinan kita terhadap segala sesuatu yang ada dalam dunia in adalah ciptaan Tuhan Yang Maha Esa.

1.4     Manfaat
Adapun manfaat dari permainan Sumbu putar dengan berlari karung sambil memindahkan balon adalah sebagai berikut:
1.4.1        Terjadinya peningkatan pada aspek fisik yaitu kecepatan, keseimbangan, kelincahan, dan daya tahan tubuh.
1.4.2        Terjadinya peningkatan pada aspek mental yaitu percaya diri, bertanggung jawab, dan sportifitas.
1.4.3        Terjadinya peningkatan pada aspek sosial.










BAB II
PEMBAHASAN

2.1     Peraturan Permainan
Adapun mekanisme peraturan permainan, sebagai berikut :
a.       Peserta terdiri dari 4 kelompok, satu kelompok terdiri dari 5 orang peserta
b.      Peserta yang mengambil balon, harus berdiri dibelakang garis start.
c.       Peserta yang mengambil balon harus memindahkan balon ke  dalam ember.
d.      Pada saat peserta melewati rintangan pertama, kedua dan ketiga, peserta tidak boleh melewati garis batas lari dari lintasan yang sudah disediakan.
e.       Pada saat peserta melewati rintangan kedua peserta harus berputar pada sumbu putar kemudian memindahkan balon ke ember yang sudah disediakan.
f.       Peserta tidak boleh menjatuhkan balon. Kalau pun pemain menjatuhkan balon pemain harus mengambil balon yang jatuh.
g.      Peserta harus mengisi ember  dengan balon sebanyaknya.
h.      Peserta diberi waktu 4 menit untuk memindahkan balon ke ember sebanyaknya.
i.        Peserta yang memindahkan balon paling banyak dalam waktu 4 menit maka akan jadi pemenang.

2.2     Jalannya Permainan
Adapun mekanisme jalannya permainan, sebagai berikut :
a.       Pada saat pluit berbunyi seluruh peserta berkumpul dan berbaris sesuai arahan dari panitia kemudian berdoa agar kegiatan perkuliahan Pendidikan Jasmani dapat berjalan dengan lancar. Selanjutnya pembagian kelompok yang terdiri dari 5 orang dalam 1 kelompok.
b.      Beberapa peserta berada dibelakang garis start dengan posisi siap dan peserta yang lain berada dibelakangnya yang dimana tempat memindahkan balon.
c.       Pertama, peserta berputar pada sumbu putar yang pertama kemudian memakai karung yang sudah disediakan dan berlari karung menuju rintangan kedua.
d.      Kedua, setiap peserta harus melewati rintangan kedua dengan menaruh karung kemudian berputar pada sumbu putar yang kedua setelah itu mengambil balon yang sudah disediakan.
e.       Ketiga, setiap peserta berbalik memindahkan balon yang diambil tadi dengan berputar pada sumbu putar yang kedua dan memakai karung kemudian lari karung menuju pada rintangan yang pertama tadi dimana tempat balon  akan dipindahkan.
f.       Keempat, peserta menaruh karung lalu berputar pada sumbu putar pertama setelah itu menaruh balon yang diambil tadi ke dalam ember.
g.      Kelima peserta bergiliran mengambil balon dalam waktu 4 menit.

2.3                      Peserta Permainan :
Ø  Seluruh mahasiswa jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) semester IV kelas  B.

2.4                      Petugas  Panitia :
Adapun panitia yang akan bertugas dalam permainan ini yang terdiri dari :
a)      Juri                  : terdiri dari 2 orang.  
b)      Perlengkapan   : terdiri dari 2 orang.
c)      Dokumentasi   : terdiri dari 1 orang.

2.5                      Penentuan Juara
            Kelompok siapa yang paling banyak memindahkan balon kedalam ember dengan batas waktu 4 menit maka akan menjadi pemenang pertama.

2.6                      Sangsi
Adapun sangsi bagi pemenang yaitu :
v    Juara    : 1 botol air besar




2.7                      Sarana dan Prasarana :
a)      Alat dan bahan  yang digunakan :
(a)                Tali plastik
(b)               Karung
(c)                Ember
(d)               Balon
(e)                Patok
(f)                Stopwatch
(g)               Pluit
(h)               Milk/tepung

b)      Prasarana/lapangan permainan
            Prasarana yang  dibutuhkan  adalah lapangan berukuran panjang ±20 meter dan lebar ±4 meter. Dimana  lapangan itu dibagi menjadi 2 lintasan dengan ukuran  P×L = 20×2 meter untuk lintasan.
















































BAB III
PENUTUP

3.1     Kesimpulan
Adapun Kesimpulan yang ingin disampaikan dalam penulisan makalah ini adalah sebagai berikut :
Sumbu putar dengan berlari karung sambil memindahkan balon untuk belajar ketangkasan,menjalin kerjasama yang baik pada masing-masing kelompok dan menjaga keseimbangan dan kecepatan pada saat melakukan permainan. Permainan ini bertujuan untuk menjalin tali persaudaraan antar peserta.

3.2            Saran
Adapun saran yang ingin disampaikan dalam penulisan makalah ini adalah sebagai berikut :
1)      Agar setiap kelompok  mampu memainkan permainan rekreasi tradisional ini dengan baik dan penuh kerjasama dan tanggung jawab antar kelompok.
2)      Hendaknya setiap kelompok tidak meninggalkan permainan rekreasi tradisional ini  karena permainan ini dapat sebagai pengisi waktu luang, memperoleh kesenangan dengan cara bermain, dan membuat tubuh tetap sehat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar