BAB I
PENDAHULUAN
1.1
Judul
”Sumbu putar dengan berlari karung sambil memindahkan balon”
1.2
Latar belakang
Pada zaman yang modern sekarang ini
manusia di haruskan untuk bersaing dengan segala kemampuan yang dimiliki oleh
manusia, dengan ditunjang skill yang memadai sehingga nantinya dapat bermanfaat
positif terhadap kemajuan diri manusia. Melalui aktifitas olahraga rekreasi
diharapkan setiap individu dapat menyeimbangkan antara pekerjaan dengan
olahraga. Dimana kita ketahui bersama bahwa olahraga sangatlah penting bagi
kesehatan baik jasmani, maupun rohani sosialnya. Dan satu hal yang tidak kalah
pentingnya yaitu kegiatan olahraga rekreasi ini memiliki tujuan untuk
meningkatkan kebugaran jasmani dan rohani manusia.
Pada dasarnya olahraga merupakan
aktifitas jasmani yang dilakukan dalam bentuk permainan dan perlombaan dengan
tujuan untuk meningkatkan kebugaran jasmani, rekreasi, kesehatan, pendidikan,
dan prestasi. Namun saat ini masyarakat jarang melakukan aktivitas olahraga
mungkin karena waktu untuk berolahraga tidak ada karena manusia sibuk dengan pekerjaan semata, keterbatasan sarana
dan prasarana olahraga, dan ssatu hal yang patut di berikan perhatian adalah
para remaja, pada zaman sekarang waktu luangnya dijadikan untuk hal – hal yang
kurang bermanfaat.
Menyikapi hal tersebut maka kegiatan olahraga diubah menjadi lebih
menarik dan memasukkan unsur inovatif di dalamnya sehingga manusia tertarik
untuk melakukan olahraga yang menarik dan inovatif yang dimaksud yaitu dengan
memvariasikan dan mengkombinasikan olahraga dengan permainan. Sehingga menimbulkan rasa kegembiraan pada waktu
melakukannya.
Maka dari itu, saya buat permainan
atau perlombaan tradisional yang sudah di modifikasi dengan judul “Permainan
sumbu putar dengan lari karung sambil memindahkan balon”.
1.3 Tujuan
Adapun
tujuan dari permainan Sumbu putar dengan berlari karung sambil memindahkan balon
adalah sebagai berikut :
1.3.1
Melatih fisik dan meningkatkan jasmani
para peserta.
1.3.2
Melatih mental untuk berpikir positif,
desiplin,
Sportifitas.
1.3.3
Melatih kerjasama, saling menghormati
sesama peserta atau panitia, menjalin persatuan antar peserta, dan peduli
dengan lingkungan.
1.3.4
Untuk meningkatkan keyakinan kita
terhadap segala sesuatu yang ada dalam dunia in adalah ciptaan Tuhan Yang Maha
Esa.
1.4 Manfaat
Adapun
manfaat dari permainan Sumbu putar
dengan berlari karung sambil memindahkan balon adalah sebagai
berikut:
1.4.1
Terjadinya peningkatan pada aspek fisik
yaitu kecepatan, keseimbangan, kelincahan, dan daya tahan tubuh.
1.4.2
Terjadinya peningkatan pada aspek
mental yaitu percaya diri, bertanggung jawab, dan sportifitas.
1.4.3
Terjadinya peningkatan pada aspek
sosial.
BAB
II
PEMBAHASAN
2.1 Peraturan Permainan
Adapun mekanisme peraturan permainan,
sebagai berikut :
a. Peserta
terdiri dari 4 kelompok, satu kelompok terdiri dari 5 orang peserta
b. Peserta
yang mengambil balon, harus berdiri dibelakang garis start.
c. Peserta
yang mengambil balon harus memindahkan balon ke
dalam ember.
d. Pada
saat peserta melewati rintangan pertama, kedua dan ketiga, peserta tidak boleh melewati
garis batas lari dari lintasan yang sudah disediakan.
e. Pada
saat peserta melewati rintangan kedua peserta harus berputar pada sumbu putar
kemudian memindahkan balon ke ember yang sudah disediakan.
f. Peserta
tidak boleh menjatuhkan balon. Kalau pun pemain menjatuhkan balon pemain harus
mengambil balon yang jatuh.
g. Peserta
harus mengisi ember dengan balon
sebanyaknya.
h. Peserta
diberi waktu 4 menit untuk memindahkan balon ke ember sebanyaknya.
i.
Peserta yang memindahkan balon paling
banyak dalam waktu 4 menit maka akan jadi pemenang.
2.2 Jalannya Permainan
Adapun mekanisme jalannya permainan,
sebagai berikut :
a. Pada
saat pluit berbunyi seluruh peserta berkumpul dan berbaris sesuai arahan dari
panitia kemudian berdoa agar kegiatan perkuliahan Pendidikan Jasmani dapat
berjalan dengan lancar. Selanjutnya pembagian kelompok yang terdiri dari 5
orang dalam 1 kelompok.
b. Beberapa
peserta berada dibelakang garis start dengan posisi siap dan peserta yang lain
berada dibelakangnya yang dimana tempat memindahkan balon.
c. Pertama,
peserta berputar pada sumbu putar yang pertama kemudian memakai karung yang
sudah disediakan dan berlari karung menuju rintangan kedua.
d. Kedua,
setiap peserta harus melewati rintangan kedua dengan menaruh karung kemudian
berputar pada sumbu putar yang kedua setelah itu mengambil balon yang sudah
disediakan.
e. Ketiga,
setiap peserta berbalik memindahkan balon yang diambil tadi dengan berputar pada
sumbu putar yang kedua dan memakai karung kemudian lari karung menuju pada
rintangan yang pertama tadi dimana tempat balon
akan dipindahkan.
f. Keempat,
peserta menaruh karung lalu berputar pada sumbu putar pertama setelah itu
menaruh balon yang diambil tadi ke dalam ember.
g. Kelima
peserta bergiliran mengambil balon dalam waktu 4 menit.
2.3
Peserta
Permainan :
Ø Seluruh
mahasiswa jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) semester IV kelas B.
2.4
Petugas Panitia :
Adapun panitia yang akan bertugas
dalam permainan ini yang terdiri dari :
a) Juri
: terdiri dari 2 orang.
b) Perlengkapan : terdiri dari 2 orang.
c) Dokumentasi : terdiri dari 1 orang.
2.5
Penentuan
Juara
Kelompok
siapa yang paling banyak memindahkan balon kedalam ember dengan batas waktu 4
menit maka akan menjadi pemenang pertama.
2.6
Sangsi
Adapun sangsi bagi pemenang yaitu
:
v Juara
:
1 botol air besar
2.7
Sarana
dan Prasarana :
a)
Alat
dan bahan yang digunakan :
(a)
Tali plastik
(b)
Karung
(c)
Ember
(d)
Balon
(e)
Patok
(f)
Stopwatch
(g)
Pluit
(h)
Milk/tepung
b)
Prasarana/lapangan
permainan
Prasarana
yang dibutuhkan adalah lapangan berukuran panjang ±20 meter
dan lebar ±4 meter. Dimana lapangan itu
dibagi menjadi 2 lintasan dengan ukuran
P×L = 20×2 meter untuk lintasan.
BAB
III
PENUTUP
3.1 Kesimpulan
Adapun
Kesimpulan yang ingin disampaikan dalam penulisan makalah ini adalah sebagai
berikut :
Sumbu putar dengan berlari karung sambil memindahkan balon
untuk belajar ketangkasan,menjalin kerjasama yang baik pada masing-masing
kelompok dan menjaga keseimbangan dan kecepatan pada saat melakukan permainan.
Permainan ini bertujuan untuk menjalin tali persaudaraan antar peserta.
3.2
Saran
Adapun saran
yang ingin disampaikan dalam penulisan makalah ini adalah sebagai berikut :
1) Agar
setiap kelompok mampu memainkan
permainan rekreasi tradisional ini dengan baik dan penuh kerjasama dan tanggung
jawab antar kelompok.
2) Hendaknya
setiap kelompok tidak meninggalkan permainan rekreasi tradisional ini karena permainan ini dapat sebagai pengisi
waktu luang, memperoleh kesenangan dengan cara bermain, dan membuat tubuh tetap
sehat.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar