BAB
I
PENDAHULUAN
1.1
Latar
Belakang
Dunia
anak-anak adalah dunia yang segar, baru, dan senantiasa indah, dipenuhi
keajaiban dan keriangan (demikian Rachel Carson dalam sebuah ungkapannya).
Bermain adalah dunia anak, dimana sambil bermain mereka belajar.Segala macam
dipelajarinya, dari menggerakkan anggota tubuhnya hingga mengenali berbagai
benda di lingkungan sekitar.Dunia anak-anak memang menakjubkan yang senantiasa
mengandung aneka ragam pengalaman serta dilengkapi berbagai kesempatan untuk
memperoleh pembinaan.Olaharaga merupakan salah satu hal yang lazim dilakukan
oleh anak-anak, orang dewasa sampai orang tua. Kegiatan melatih pergerakan
anggota tubuh ini dominan dilakukan di Sekolah, perguruan tinggi, di taman, dan
tempat lain yang memungkinkan untuk berolahraga. Ada banyak jenis olahraga yang
biasa digemari dan diminati oleh banyak orang
seperti, sepak bola, bola voli, basket dan lain sebagainya. Kegiatan
olah tubuh ini bisa dipadukan atau dikolaborasikan dalam bentuk
permainan-permainan yang tentunya dikemas secara menarik dan menantang bagi
kalangan anak-anak, terutama siswa sekolah dasar.Berolahraga sambil bermain
memang tidak asing lagi bagi anak-anak.Mereka cenderung menyukai permainan yang
dapat menantang kelincahan, kepekaan, kecepatan dan lain sebagainya.Permainan
olah fisik yang melibatkan anggota tubuh seperti permainan Ulat Bulu. Dimana
permainan ini dikemas secara beregu atau berkelompok dengan berjalan jongkok
dan mengutamakan kekompakan masing-masing tim dalam melakukan permainan ini.
1.2 Rumusan Masalah
Berdasarkan
latar belakang masalah di atas, maka dapat dirumuskan permasalahan sebagai
berikut.
1) Bagaimana riwayat permainan memasukkan
terong ke dalam botol?
2)
Berapa banyak jumlah pemain dalam
permainan memasukkan terong ke dalam botol?
3)
Apakah sarana dan prasarana dalam
permainan memasukkan terong ke dalam botol?
4)
Bagaimana pelaksanaan permainan
memasukkan terong ke dalam botol?
1.3
Tujuan
Penulisan
Berdasarkan
rumusan masalah, maka tujuan kami mengangkat masalah di atas adalah sebagai
berikut.
1) Untuk mengetahui riwayat permainanmemasukkan
terong ke dalam botol.
2) Untuk
mengetahui banyaknya jumlah pemain dalam permainanmemasukkan terong ke dalam
botol.
3) Untuk
mengetahui sarana dan prasarana dalam permainanmemasukkan terong ke dalam botol.
4)
Untuk mengetahui pelaksanaan permainanmemasukkan
terong ke dalam botol.
1.4 Manfaat Penulisan
Adapun manfaat dari
penulisan makalah ini adalah sebagai berikut.
1) Bagi Penulis
Makalah
ini kami susun untuk memenuhi salah satu tugas yang diberikan oleh dosen mata
kuliah Pendidikan Jasmani dan juga dapat menambah wawasan dan pengetahuan kami
mengenai seluk-beluk permainan memasukkan terong ke dalam botol untuk dapat
diimplementasikan dalam konteks belajar mengajar di bangku perkuliahan.
2)
Bagi Mahasiswa
Mampu dipahaminya mengenai riwayat,
jumlah pemain, sarana dan prasarana serta pelaksanaan permainanmemasukkan
terong ke dalam botol.Sehingga dapat memperaktikkan secara langsung permainan
tersebut.
2) Bagi Pembaca
Makalah ini diharapkan dapat menambah
pengetahuan dan wawasan para pembaca mengenai riwayat, jumlah pemain, sarana
dan prasarana serta pelaksanaan permainan memasukkan terong ke dalam botol dalam
konteks pembelajaran.
BAB
II
PEMBAHASAN
2.1 Riwayat
Riwayat permainan memasukkan
terong ke dalam botol ini tidaklah diketahui secara pasti. Diperkirakan
permainan ini sebagai usaha dari anak-anak atau orang dewasa untuk mengisi
waktu luangnya denganmenciptakan permainan yang menarik sehingga bisa dijadikan
hiburan oleh masyarakat pada umumnya. Permainan ini sebenarnya terinpirasi dari
permainan memancing botol.
2.2 Pemain
Jumlah pemain dalam permainan
minimal 3 orang.Permainan ini tidak memerlukan pembentukan kelompok (tim) atau
dapat dikatakan permainan ini dilakukan secara perseorangan atau individu .Semakin
banyak jumlah pemain, maka semakin seru pula jalannya permainan. Permainan ini
bisa dilakukan oleh wanita atau laki-laki.
2.3 Sarana dan Prasarana
·
Peralatan
Permainan memasukkan terong ke
dalam botol ini tidak memerlukan peralatan yang begitu banyak atau tergolong
rumit serta susah untuk mendapatkannya,
namun diperlukan peralatan yang sederhana dan tergolong murah. Hanya memerlukan
terong, botol aqua yang sudah dipotong agar lubangnya dapat disesuaikan dengan
masuknya terong pada umumnya, tepung atau kapur untuk membuat garis awal dan
batas serta tali rapia atau benang untuk
mengikat terong di pinggang pemain. Jumlah masing-masing peralatan tersebut
disesuaikan dengan jumlah pemain.
·
Lapangan
Diperlukan lapangan yang agak luas,
minimal 5 m x 10 m. Apalagi jumlah pemain yang cukup banyak akan memerlukan
lapangan yang lebih luas lagi.
·
Pakaian
Pakaian yang digunakan para pemain
adalah bebas asal tergolong nyaman dipakai
oleh pemain saat melakukan permainan.
2.4 Pelaksanaan
1)
Jalannya permainan
Permainan ini dilakukan minimal
oleh 3 orang. Namun akan lebih seru jika dimainkan oleh banyak orang asal
disesuaikan dengan situasi dan kondisi di lapangan.Permainan ini biasanya
dimainkan dalam beberapa babak yang tentunya jika pesertanya cukup
banyak.Diperlukan pemandu atau wasityang membandu jalannya permainan serta dua
orang sebagai panitia yang akan membantu memperlancar jalannya permainan.Kepanitiaan
ini dibentuk dengan maksud untuk membantu dalam mempersiapkan segala sarana dan
prasarana yang dibutuhkan dalam bermain.Saat melakukan permainan, masing-masing
pemainakan berdiri di garis awal (start) dengan posisi badan membelakangi garis
finish atau batas yang telah disediakan botol
tempat memasukkan terong yang akan dibawa yang telah dijaga oleh panitia
permainan. Jumlah botol menyesuaikan dengan jumlah peserta. Terong yang sudah
diikat oleh tali yang menyerupai bentuk ekor yang mengglantung diselangkangan
atau sampai paha pemain dan terong yang
sudah diikat akan diikatkan kembali pada pinggang masing-masing peserta yang
dibantu oleh panitia permainan. Dalam memulai permainan akan dipandu oleh wasit
dengan menggunakan peluit atau hitungan. Pemain akan berjalan mundur dengan
terong yang mengglantung diselangkangan menuju botol yang telah disediakan dan
disesuikan dengan lintasan pemain tersebut. Dalam memasukkan terong ke dalam
botol dan posisi kedua tangan pemain bebas, boleh ditauh di pinggang,
dilentangkan kesamping, dan dapat diposisikan tergantung kenyamanan
masing-masing asal tidak digunakan untuk membantu dalam memasukkan terong ke
dalam botol.Sehingga tidak ada kemungkinan pemain berbuat curang. Bagi pemain
yang berhasil memasukkan terong paling cepat maka akan menjadi pemenang dalam
permainan tersebut.
Garis batas
(5 m)
Garis
awal
(gambar
1)
Garis batas
5 m
Garis awal
(gambar 2)
Keterangan
gambar satu dan dua yaitu :
|
:
|
Merupakan gambaran dari
areal melakukan permainan yang berukuran kuarang lebih 5m X 10m
|
|
:
|
menunjukkan pemain yang
telah siap dengan terong yang telah diikat dipinggang pemain dan berjalan
mundur menuju botol yang telah tersedia (lihat gambar 1)
|
|
:
|
Pemain berusaha memasukkan
terong ke dalam botol dengan badan membelakangi botol dan tangan dipinggang.
(lihat gambar 2).
|
|
:
|
Kurang lebih menunjukkan
gambar botol yang akan dimasukkan dengan terong oleh pemain.
|
|
:
|
Menunjukkan gambar terong
yang digunakan dalam permainan, namun kenyataannya terong yang digunakan
berwarna ungu. ( hanya gambaran dalam makalah)
|
|
:
|
Panitia permainan yang
membantu menyipakan segala sarana dan prasarana permainan dan dapat juga
membantu wasit mengawasi permainan agar berjalan dengan lancar.
|
|
:
|
Wasit/ pemandu permainan.
|
2)
Aturan permainan
Aturan atau rambu-rambu yang harus
dipegang atau ditaati oleh setiap tim atau kelompok dalam permainan ini cukup
sederhana, yaitu :
· Permaian
dilakukan oleh pemain laki-laki atau perempuan.
·
Setiap pemain harus patuh pada wasit
saat melakukan permainan.
·
Jika pemain berjalan sebelum ada aba-aba permainan
dimulai, maka telah dianggap kalah sebelum bermain.
·
Saat memasukkan terong ke botol posisi
kedua tangan disesuaikan dengan kenyamanan asal tidak digunakan untuk membantu
memasukkan terong ke botol, sehingga menghindari terjadinya kecurangan.
·
Pemain yang dapat memasukkan terong
paling cepat kedalam botolakan dianggap sebagai pemenang.
·
Bagi peserta yang kalah wajib dikenai
hukuman oleh pemaian yang menang.
3)
Kalah – menang
Kalah dan menang dalam permainan
ini sangat ditentukan oleh masing-masing
pemain. Pemain yang dianggap memenangkan permainan ini apabila pemain tersebut
mampu memasukkan botol paling cepat.Dan pemainyang dianggap kalah apabila
pemain tersebut kalah cepat dalam memasuukan terong ke dalam botol.
4)
Manfaat permianan
·
Untuk melatih konsentrasi pemain.
·
Untuk melatih ketepatan.
·
Untuk melatih kecepatan.
·
Digunakan sebagai sarana hiburan.
BAB
III
PENUTUP
3.1
Simpulan
Berdasarkan
pembahasan di atas, maka dapat ditarik simpulan-simpulan sebagai berikut.
1)
Riwayat permainan memasukkan terong ke
dalam botol ini tidaklah diketahui secara pasti. Diperkirakan
2)
permainan ini sebagai usaha dari
anak-anak atau orang dewasa untuk mengisi waktu luangnya dengan
menciptakan permainan yang menarik.
3)
Jumlah pemain dalam permainan minimal 3
orang. Permainan ini tidak memerlukan pembentukan kelompok (tim) atau dapat
dikatakan permainan ini dilakukan secara perseorangan atau individu.
4)
Permainan memasukkan terong ke dalam
botol ini hanya memerlukan terong, botol aqua yang sudah dipotong agar
lubangnya dapat disesuaikan dengan masuknya terong pada umumnya dan tali rapia
atau benang untuk mengikat terong di pinggang pemain. Diperlukan lapangan yang
agak luas, minimal 5 m x 10 m.Pakaian yang digunakan para pemain adalah bebas
asal tergolong nyaman dipakai oleh
pemain saat melakukan permainan.
5)
Pemain akan berjalan mundur dengan
terong yang mengglantung diselangkangan menuju botol yang telah disediakan dan
disesuikan dengan lintasan pemain tersebut. Dalam memasukkan terong ke dalam
botol kedua tangan pemain ditauh di pinggang. Sehingga tidak ada kemungkinan
pemain berbuat curang. Bagi pemain yang berhasil memasukkan terong paling cepat
maka akan menjadi pemenang dalam permainan tersebut.
3.2
Saran
Makalah ini diharapkan
dapat menambah wawasan dan pemahaman para pembaca agar lebih memahami tentang
permainan.memasukkan terong kedalam botol.Sehingga dapat dengan mudah memahami
seluk-beluk tentang permainan tersebut.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar