Minggu, 05 Januari 2014

permainan bola jeruk estafet




BAB I
PENDAHULUAN

1.1     Latar Belakang
Pendidikan jasmani diperlukan di semua jenjang pendidikan terutama pada jenjang sekolah dasar (SD) karena pada masa usia sekolah dasar, pertumbuhan dan perkembangan anak disebut sebagai usia emas dan pada masa itu keadaan fisik maupun seluruh kemampuannya sedang tumbuh dan berkembang. Oleh karena itu, penyelenggaraan pendidikan sebagai proses dalam pertumbuhan dan perkembangan berlangsung seumur hidup. Pendidikan jasmani merupakan salah satu alat yang sangat menentukan untuk merangsang pertumbuhan dan perkembangan anak, karena pendidikan jasmani sangat erat kaitannya dengan gerak. Gerak bagi anak sebagai aktivitas jasmani merupakan salah satu tuntutan kebutuhan hidup yang diperlukan, yaitu sebagai dasar untuk belajar mengenal alam sekitar dalam usaha memperoleh berbagai pengalaman berupa pengetahuan dan keterampilan, nilai dan sikap, maupun untuk belajar mengenal dirinya sendiri sebagai individu dan sosial dalam usaha penyesuaian dan mengatasi perubahan-perubahan yang terjadi di lingkungannya.
Pendidikan jasmani di dalamnya mengandung beberapa unsur, salah satunya adalah permainan. Permainan dalam pendidikan jasmani merupakan kegiatan olahraga yang menunjukkan unsur kegembiraan, yang mengambil unsur fisik yang melibatkan unsur audio, visual, verbal, dalam bentuk kerjasama yang mempunyai nilai perjuangan yang kompetitif baik dengan diri sendiri, orang lain  dan alam disekitarnya. Untuk itu olahraga rekreatif dilakukan dengan riang gembira namun tetap dengan aturan yang mengikanya. Permainan dalam pendidikan jasmani merupakan salah satu aktivitas pengembangan daya pikir seseorang, dimana seseorang dituntut untuk berpikir kreatif dan inovatif. Berdasarkan pemikiran tersebut olahraga dapat dilakukan dengan perasaan senang dengan penuh canda tawa, bahagia dan tanpa ada suatu beban apapun. Dengan demikian olahraga rekreatif dapat merangsang seseorang untuk melakukan aktifitas olahraga.
Secara fisik dengan bermain anak melibatkan seluruh anggota tubuh untuk bergerak. Dengan bergerak maka anak mendapat rangsangan sehingga organ tubuh akan mengalami rangsangan dan membawa efek yang bagus untuk pertumbuhan badan. Secara konseptual permainan memberi efek mengembangkan keterampilan untuk memiliki ataupun meningkatkan bahkan pengayaan kemampuan gerak (maturasi). Bagi anak belajar itu adalah bermain dan bermain adalah belajar. Banyak pesan positif terkandung dari setiap permainan. Secara umum, permainan adalah sesuatu yang dimainkan untuk bermain yang bertujuan untuk memperoleh kesenangan. Permainan dibagi atas dua yaitu permainan tradisional dan permainan untuk modern. Di berbagai daerah khususnya di Bali, terdapat banyak jenis permainan yang menyenangkan dan telah mengalami beberapa modifikasi pada permainan tersebut untuk memberikan tantangan yang baru bagi setiap pemainnya.   

1.2     Rumusan Masalah
Sesuai dengan latar belakang masalah yang dipaparkan di atas, maka dapat dirumuskan permasalahan sebagai berikut.
1)      Bagaimana riwayat permainan bola jeruk estafet?
2)      Apa sarana dan prasarana yang diperlukan dalam permainan bola jeruk estafet?
3)      Bagaimana aturan permainan bola jeruk estafet?
4)      Apa manfaat dari permainan bola jeruk estafet?

1.3     Tujuan
Berdasarkan rumusan masalah di atas, adapun tujuan penulisan makalah ini adalah sebagai berikut.
1)      Untuk mengetahui riwayat permainan bola jeruk estafet.
2)      Untuk mengetahui sarana dan prasarana yang diperlukan dalam permainan bola jeruk estafet.
3)      Untuk mengetahui dan memahami aturan permainan bola jeruk estafet.
4)      Untuk mengetahui manfaat dari permainan bola jeruk estafet.



1.4     Manfaat
Adapun manfaat yang diharapkan  dari penulisan makalah ini adalah sebagai berikut.
1)      Bagi mahasiswa
Makalah ini diharapkan dapat menjadi salah satu sumber referensi mahasiswa untuk menambah pengetahuannya mengenai permainan menyenangkan bola jeruk estafet.
2)      Bagi penulis
Melalui makalah ini penulis dapat memenuhi salah satu tugas dalam mata kuliah Pendidikan Jasmani.























BAB II
PEMBAHASAN

2.1     Riwayat
Permainan menyenangkan seperti bola jeruk estafet sesungguhnya memiliki kemiripan dengan beberapa permainan yang telah ada dan telah dikenal dibeberapa daerah di Indonesia. Permainan bola jeruk estafet merupakan perpaduan dari permainan sepak bola, yaitu menggiring bola dan fun game karet gelang estafet. Permainan-permainan tersebut dipadukan untuk lebih memberikan tantangan bagi para pemainnya dan keseruan dalam memainkannya. Permainan menyenangkan ini dimainkan dilapangan terbuka (out door) dan dengan peserta permainan berregu. Permainan bola jeruk estafet sangat mudah untuk dilakukan karena tidak memerlukan biaya yang besar serta lebih cepat mendapatkan kesenangan bagi setiap pemainnya. Anak-anak dan orang dewasa baik putra maupun putri bisa untuk memainkan permainan ini karena  selaras dengan perkembangan jasmani dan rohani yang memerlukan rangsangan berupa gerak. 

2.2     Sarana dan Prasarana
Ada beberapa sarana dan prasaran yang diperlukan untuk menunjang permainan bola jeruk estafet, yakni sebagai berikut.
a.       Peralatan
Dalam setiap cabang olahraga memang secara khusus mempunyai peralatan dan perlengkapannya tersendiri. Pada permainan bola jeruk estafet hanya diperlukan sebuah jeruk untuk satu regu, sepasang kayu untuk masing-masing pemain dan satu bola untuk satu regu. Untuk kayu yang digunakan menyerupai sumpit, bisa dibuat dari bambu yang dipotong sedemikian rupa dengan panjang  20 cm sampai 30 cm.
b.      Pakaian
Dalam permainan bola jeruk estafet, sebaiknya pemain mengenakan pakaian olahraga untuk memberikan keleluarsaan dalam bergerak terutama pada saat memainkan permain ini.
c.       Lapangan Permainan
Lapangan bola jeruk estafet ini biasanya dapat mengambil tempat secara bebas berdasarkan kesepakatan dari pemain yang bermain dan tempat tersebut dianggap aman dan tidak menggangu lingkungan sekitar.

2.3     Aturan Permainan
Dalam permainan bola jeruk estafet, tidak ada peraturan main yang mengikat, tetapi peraturan yang dipakai biasanya berdasarkan kesepakatan bersama antar pemain. Berikut ini akan dipaparkan mengenai aturan permainan bola jeruk estafet tersebut.
a.       Jumlah Pemain
Permainan menyenangkan bola jeruk estafet  ini dapat dimainkan oleh dua regu atau lebih yang terdiri dari 4 sampai 7 orang pada setiap regu, baik laki-laki maupun perempuan dari anak-anak maupun dewasa.
b.      Alat dan Bahan
1)      Buat garis start dan finish dengan menggunakan kapur atau tali.
2)      Tempatkan wadah pada garis finish atau garis akhir sebagai tempat untuk menaruh jeruk.
3)      Sepasang kayu diberikan kepada setiap pemain.
4)      Jeruk diberikan pada masing regu khususnya bagi pemain yang berdiri di awal garis (digaris start).
c.       Jalannya permainan
1)      Atur pemain menjadi beberapa regu.
2)      Setiap regu membentuk barisan dan jarak antar setiap regu dan pemain disesuaikan.
3)      Setelah aba-aba dimulai, pemain pada awal barisan harus memindahkan jeruk dengan menggunakan sepasang kayu yang diberikan sambil menggiring bola dan menyerahkan jeruk dan bola tersebut kepada pemain selanjutnya di dalam regunya, demikian seterusnya hingga jeruk dan bola sampai pada pemain di akhir barisan.
4)      Pemain pada akhir barisan harus menggiring bola hingga garis finish dan memasukkan jeruk yang ia terima ke wadah yang berada pada garis finish.
5)      Selama proses estafet antar pemain, jeruk tidak boleh jatuh ke tanah dan tangan pemain tidak boleh membantu proses perpindahan jeruk. Jika jeruk terjatuh maka regu tersebut harus memulai dari awal lagi.
6)      Jika ada pemain dari salah satu regu yang terlihat menggunakan tangan ketika sedang memindahkan jeruk maka regu tersebut akan didiskualifikasi.
7)      Regu yang menyelesaikan permainan paling cepat akan menjadi pemenangnya.
d.      Perwasitan
Dalam permainan bola jeruk estafet ini diperlukan seorang wasit untuk tiap-tiap regu untuk mengatur jalannya permainan sehingga permainan dapat berjalan dengan baik. Dalam hal ini masing-masing anggota regu supaya dapat menjunjung tinggi sportivitas dalam  olahraga.

2.4     Manfaat Permainan
Permainan menyenangkan bola jeruk estafet ini termasuk permainan adu keterampilan, ketepatan, kelincahan, ketangkasan dan kerjasama yang baik. Mengingat permainan bola jeruk estafet dimainkan oleh regu, jelaslah prinsip kerjasama antar pemain mutlak diperlukan. Oleh karena itu setiap individu harus memiliki sifat toleransi, saling percaya kepada teman demi menjaga kerjasama yang baik. Permainan bola jeruk estafet harus mendapatkan kesenangan setiap individu yang melakukannya. Permainan bola jeruk estafet ini sudah mendapatkan perubahan-perubahan atau modifikasi, kemudian untuk dikembangkan menjadi permainan menyenangkan lainnya. Dalam permainan ini kemungkinan cedera yang terjadi pada saat terlaksananya permainan sangat kecil karena setiap pemain berada segaris sesuai dengan regunya masing-masing. Adapun manfaat dari permainan menyenangkan bola jeruk estafet adalah sebagai berikut.

a.       Aspek Fisik
Untuk melatih dan meningkatkan kebugaran jasmani serta berbagai aspek atau kondisi fisik yang terkandung di dalamnya seperti:
1)      Kekuatan
2)      Daya tahan
3)      Koordinasi
4)      Ketepatan
5)      Kelincahan
6)      Keseimbangan 
7)      Reaksi
8)      Kecepatan
b.      Aspek Mental
Untuk melatih dan meningkatkan berbagai aspek mental yang terkandung di dalamnya seperti:
1)      Kejujuran
2)      Gembira
3)      Percaya diri
4)      Disiplin
5)      Sportivitas
6)      Tanggung jawab
c.       Aspek sosial
Untuk melatih dan meningkatkan berbagai aspek sosial yang terkandung di dalamnya seperti:
1)      Kerjasama
2)      Tolong menolong
3)      Saling menghormati
4)      Kolektivitas
5)      Saling menghargai





BAB III
PENUTUP

3.1  Simpulan
Berdasarkan pembahasan di atas dapat disimpulkan sebagai berikut.
a.       Permainan bola jeruk estafet merupakan perpaduan dari permainan sepak bola, yaitu menggiring bola dan fun game karet gelang estafet. Permainan-permainan tersebut dipadukan untuk lebih memberikan tantangan bagi para pemainnya dan keseruan dalam memainkannya.
b.      Ada beberapa sarana dan prasaran yang diperlukan untuk menunjang permainan bola jeruk estafet, yakni sebagai berikut.
1)      Peralatan
2)      Pakaian
3)      Lapangan Permainan
c.       Adapun beberapa aturan permainan yang perlu dipahami dalam permainan ini, yaitu jumlah pemain, alat dan bahan, jalannya permainan dan perwasitan.
d.      Adapun manfaat yang diperoleh dari permainan bola jeruk estafet ini, yaitu dari aspek fisik, aspek mental, dan sosial.

3.2  Saran
Makalah ini diharapkan dapat menambah wawasan dan pemahaman para pembaca agar lebih memahami tentang permainan menyenangkan yang ada dan telah mengalami beberapa modifikasi disetiap bagiannya untuk memberikan tantangan baru bagi para pemainnya.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar