Minggu, 05 Januari 2014

Permainan Ingatan



BAB I
PENDAHULUAN
Latar Belakang
            Indonesia merupakan Negara yang memiliki banyak pulau dan kebudayaan berbeda-beda. Kebudayaan Indonesia dipengaruhi oleh masyarakat yang mampu menjadikan Negara Indonesia menjadi Negara yang khas dikenal oleh Negara lain.
Kebudayaan mengandung pengertian, nilai, norma, dll. Perwujudan kebudayaan adalah benda-benda yang diciptakan oleh manusia sebagai makhluk yang berbudaya, berupa perilaku dan benda-benda yang bersifat nyata, misalnya pola-pola perilaku, bahasa, peralatan hidup, organisasi sosial, religi, seni, dan khususnya permainan tradisional, yang kesemuanya ditujukan untuk membantu manusia dalam melangsungkan kehidupan bermasyarakat. Seiring dengan perkembangan jaman, dan kemajuan teknologi yang semakin canggih, permainan sekarang sudah menjadi permainan modern yang bisa merusak mental anak.
Permainan merupakan sebuah aktivitas rekreasi dengan tujuan bersenang-senang, mengisi waktu luang, atau berolahraga ringan. Permainan biasanya dilakukan sendiri atau bersama-sama (kelompok). Bermain merupakan salah satu kebutuhan penting bagi anak dan orang tua harus menyadari itu dan tidak melarang anak-anaknya untuk bermain. Orang tua justru harus mengarahkan serta memfasilitasi anaknya untuk bermain. Dengan bermain, anak bisa belajar untuk beradaptasi, bersosialisasi, serta bisa bebas berekspresi. 
Ada dua tipe permainan yaitu permaian tradisional dan permaian modern. Permainan tradisional adalah permaian yang sudah ada pada jaman kerajaan yang dimainkan oleh raja-raja jaman dahulu kala dan banyak permaian tradisional masih di mainkan oleh kalangan anak-anak dan orang dewasa di jaman sekarang ini. Contohnya seperti megoak-goakan, meong-meongan, dll.
Permaian modern adalah permaian yang sekarang ini dikenal dengan game online. Game online ini banyak digemari oleh anak-anak. Sehingga game ini menjadi ketergantungan dan itu bisa menyebabkan anak-anak terus bermain dan melupakan belajar. Untuk menanggulangi masalah game online atau permainan modern tersebut saya ciptakan sebuah permaina  yang menyenangkan, yang membuat anak-anak menjadi lebih semangat, agresif serta melatih otak mereka. Nama permaian tersebut adalah permainan ingatan. Dimana permainan ingatan ini dapat melatih kebugaran jasmani anak serta melatih otak anak karena dalam permaian ini anak di suruh untuk menebak gamabr dan mencari kembaran dari gambar yang telah dibuka. Untuk ebih jelasnya akan dibahas di pembahasan.

Rumusan Masalah
Dari latar belakang diatas, rumusan masalahnya antar lain:
1.      Apa yang dimaksud dengan permainan ingatan?
2.      Bagaimana aturan main dari permainan ingatan?
3.      Apa manfaat dari permainan ingatan?

Tujuan
Tujuan dari rumusan masalah di atas antara lain:
1.      Menjelaskan maksud permainan ingatan.
2.      Menjelaskan aturan main dari permainan ingatan.
3.      Menjelaskan manfaat dari permainan ingatan.

Manfaat
Adapaun manfaat dari permainan ingatan ini sebagai berikut:
1.      Bagi guru
Dari permainan ingatan ini guru bisa lebbdakaih mengkreasikan sebuah permaian yang membuat siswa lebih semangat dalam bermain dan mampu melatih kebugaran jasmaninya dan otaknya.
2.      Bagi siswa
Agar siswa lebih semangat, agresif dan melatih kebugaran jasmaninya. Selain itu perkembangan teknologi yang semakin canggih, dengan adanya permainan ingatan ini siswa bisa membedakan permainan yang menyehatkan tubuhnya.
3.      Bagi mahasiswa
Agar mahasiswa dapat menciptakan sebuah permainan yang nantinya bermanfaat bagi mahasiswa itu sendiri, guru dan siswa.













BAB II
PEMBAHASAN
2.1  Pengertian Permainan Ingatan
            Permainan ingatan adalah permainan yang melatih otak untuk mengingat sesuatu yang telah dipilih dan mencari kembaran dari apa yang pertama dipilihnya. Permainan ini banyak dijumpai di game-game sekarang. Tujuan membuat permainan ingatan yaitu untuk melatih ingatan otak, melatih kekompakan dalam team, serta dapat melatih kebugaran jasmani. Mengapa permainan ingatan juga dapat melatih kebugaran jasmani? Karena di dalam permainan ini peserta pemain harus berlari membawa gambar yang telah dipilih ke finish oleh temannya untuk disusun.
Permainan ingatan dapat dimainkan oleh anak-anak kecil atau anak SD dan remaja. Dengan permainan ini anak-anak SD dapat melatih otaknya dengan cara bermain. Permainan ini akan sangat menyenangkan jika lokasi permainannya datar dan tidak lembab.  Sebab permainan ini menggunakan kertas yang akan ditaruh dibawah. Apabila tempat yang digunakan seperti lapangan yang basah maka pemain bisa meminta tolong kepada teman-teman yang tidak ikut dalam permainan untuk memegang kertas yang berisi gambar. Jumlah gambar minimal 10 gambar yang berbeda dan maksimal 20 gambar yang berbeda.
Permainan ingatan membutuhkan lapangan yang berukuran kira-kira 10 meter x 5 meter. Sedangkan tempat meletakkan gambar membutuhkan tempat yang berbentuk kotak persegi yang memiliki ukuran kira-kira 3x5 meter dengan jumlah 2 kelompok masing-masing pemain 5 orang. Awal permainan, peserta harus melakukan suit terlebih dahulu agar lebih adil dalam permainan. Waktu permainan ini adalah 5 menit. Walaupun gambar belum terbuka semua, jika waktunya sudah habis permainan diselesaikan karena permainan ini mencari jumlah point gambar yang terkumpul, bukan jumlah gambar yang dikumpulkan. Setiap gambar diisi point atau angka yang berbeda-beda. Agar lebih mengerti dengan permainan ingatan ini, akan dijelaskan aturan permainannya.
2.2  Aturan Permainan
Adapun aturan permainan ingatan antara lain:                                                    
©©                                       ©
 
TEMPAT MENARUH KARTU
 
FINISH
 
START
 
          ©©
 
                                                                  10 cm

5 cm



1.      Sebelum memulai permainan peserta harus membuat tempat atau lokasi permainan dimana permainan dibatasi dengan tali yang ukuran lapangan kira-kira 10 x 5 meter. Sedangkan ukuran tempat meletakkan gambar berukuran 3 x 5 meter.  Buat dua buah tali yang berukuran sama, karena yang bermain 2 kelompok.
2.      Jumlah gambar minimal 10 gambar yang berbeda dan maksimal 20 gambar yang berbeda. Gambar tersebut ditata secara acak dibawah tanah atau dipegang oleh teman yang tidak mengikuti didalam permainan ingatan.
3.      Peserta pemain berjumlah 10 orang atau lebih dalam 2 kelompok atau 5 orang dalam 1 kelompok. Agar lebih adil peserta harus melakukan suit.
4.      Jika semuanya sudah siap, salah seorang pemain yang menang pertama dapat memulai permainannya.
5.      Inti dari permainan yaitu dari 1 kelompok yang berjumlah 5 orang pemain yaitu 2 orang memilih gambar yang kembar, 2 orang lagi siap-siap mengambil gambar yang telah dipilih oleh temannya dan berlari ke finish dan 1 orang temannya menyusun gambar kembar dan menghitung point yang telah terkumpul.
6.      Permainan ini dianggap selesai jika waktu yang telah disediakan sekitar 5 menit habis. Walaupun gambar belum terbuka semua. Karena permainan ini mengumpulkan jumlah point sebanyak-banyaknya.
7.      Siapa yang paling banyak pointnya, maka dialah pemenangnya. Dan yang kalah harus jalan jongkok dari start sampai finish.
Itulah aturan permainan ingatan dan jika ada peserta yang melanggar dalam permainan ini akan di keluarkan dalam permainan.

2.3  Manfaat Permainan
Permainan ingatan memiliki manfaat diantaranya:
1.      Dapat melatih otak.
Artinya permainan ini bisa melatih ingatan. Permainan ingatan juga bagus dimainkan oleh anak SD. Karena dengan menebak suatu gambar yang telah dipilihnya, peserta juga akan memikirkan dimana letak gambar yang sama.
2.      Dapat melatih kebugaran jasmani.
Artinya permainan ingatan dapat melatih kebugaran jasmani karena dengan permainan ini peserta bisa berlari keliling kotak permainan sambil memikirkan letak gambar yang akan dipilih.
3.      Dapat mencegah berbagai penyakit seperti jantung, pembuluh darah, dan paru-paru sehingga meningkatkan kualitas hidup secara keseluruhan. Dengan jasmani yang hugar, hidup menjadi semangat dan menyenangkan.






BAB III
PENUTUP
Simpulan
1.      Permainan ingatan adalah permainan yang melatih otak untuk mengingat sesuatu yang telah dipilih dan mencari kembaran dari apa yang pertama dipilihnya.
2.      Aturan permainan ingatan yaitu 5 orang pemain dalam 1 kelompok. 2 orang memilih kartu, 2 orang membawa kartu dan 1 orang menyusun kartu. Waktu yang disiapkan adalah 5 menit, dimana permainan telah selesai ditandai dengan waktu tersebut. Walaupun kartu belum terbuka semua tetapi jika waktu sudah habis permainan berakhir.
3.      Manfaat dari permainan ingatanyaitu dapat melatih otak, dapat melatih kebugaran jasmani, dapat menghindari berbagai penyakit.

Saran
            Melalui makalah ini, kami berharap agar para pembaca dapat mengetahui dan mengembangkan sebuah permainan sebagai kebugaran jasmani. Permainan ingatan ini dapat dimainkan oleh kalangan siapa saja, dan dapat bermanfaat bagi kita semua.










DAFTAR PUSTAKA

Anonim.2013.Permainan.Tersedia pada
http://id.wikipedia.org/wiki/Permainan. diunduh tanggal 12 Mei 2013.
Putu Desi Ratna Sari, jurusan PGSD, Fakultas Ilmu Pemdidikan, Unuversitas Pendidikan Ganesha.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar