BAB I
PENDAHULUAN
Latar Belakang
Indonesia
merupakan Negara yang memiliki banyak pulau dan kebudayaan berbeda-beda.
Kebudayaan Indonesia dipengaruhi oleh masyarakat yang mampu menjadikan Negara
Indonesia menjadi Negara yang khas dikenal oleh Negara lain.
Kebudayaan mengandung pengertian, nilai,
norma, dll. Perwujudan kebudayaan adalah benda-benda yang diciptakan oleh
manusia sebagai makhluk yang berbudaya, berupa perilaku dan benda-benda yang
bersifat nyata, misalnya pola-pola perilaku, bahasa, peralatan hidup,
organisasi sosial, religi, seni, dan khususnya permainan tradisional, yang
kesemuanya ditujukan untuk membantu manusia dalam melangsungkan kehidupan
bermasyarakat. Seiring dengan perkembangan jaman, dan kemajuan teknologi yang
semakin canggih, permainan sekarang sudah menjadi permainan modern yang bisa
merusak mental anak.
Permainan merupakan sebuah
aktivitas rekreasi
dengan tujuan bersenang-senang, mengisi waktu luang, atau berolahraga ringan.
Permainan biasanya dilakukan sendiri atau bersama-sama (kelompok). Bermain
merupakan salah satu kebutuhan penting bagi anak dan orang tua harus menyadari
itu dan tidak melarang anak-anaknya untuk bermain. Orang tua justru harus
mengarahkan serta memfasilitasi anaknya untuk bermain. Dengan bermain, anak
bisa belajar untuk beradaptasi, bersosialisasi, serta bisa bebas
berekspresi.
Ada
dua tipe permainan yaitu permaian tradisional dan permaian modern. Permainan
tradisional adalah permaian yang sudah ada pada jaman kerajaan yang dimainkan
oleh raja-raja jaman dahulu kala dan banyak permaian tradisional masih di
mainkan oleh kalangan anak-anak dan orang dewasa di jaman sekarang ini. Contohnya
seperti megoak-goakan, meong-meongan, dll.
Permaian
modern adalah permaian yang sekarang ini dikenal dengan game online. Game
online ini banyak digemari oleh anak-anak. Sehingga game ini menjadi
ketergantungan dan itu bisa menyebabkan anak-anak terus bermain dan melupakan
belajar. Untuk menanggulangi masalah game online atau permainan modern tersebut
saya ciptakan sebuah permaina yang
menyenangkan, yang membuat anak-anak menjadi lebih semangat, agresif serta
melatih otak mereka. Nama permaian tersebut adalah permainan ingatan. Dimana
permainan ingatan ini dapat melatih kebugaran jasmani anak serta melatih otak
anak karena dalam permaian ini anak di suruh untuk menebak gamabr dan mencari
kembaran dari gambar yang telah dibuka. Untuk ebih jelasnya akan dibahas di
pembahasan.
Rumusan Masalah
Dari
latar belakang diatas, rumusan masalahnya antar lain:
1. Apa
yang dimaksud dengan permainan ingatan?
2. Bagaimana
aturan main dari permainan ingatan?
3. Apa
manfaat dari permainan ingatan?
Tujuan
Tujuan
dari rumusan masalah di atas antara lain:
1. Menjelaskan
maksud permainan ingatan.
2. Menjelaskan
aturan main dari permainan ingatan.
3. Menjelaskan
manfaat dari permainan ingatan.
Manfaat
Adapaun manfaat dari
permainan ingatan ini sebagai berikut:
1. Bagi
guru
Dari
permainan ingatan ini guru bisa lebbdakaih mengkreasikan sebuah permaian yang
membuat siswa lebih semangat dalam bermain dan mampu melatih kebugaran
jasmaninya dan otaknya.
2. Bagi
siswa
Agar
siswa lebih semangat, agresif dan melatih kebugaran jasmaninya. Selain itu perkembangan
teknologi yang semakin canggih, dengan adanya permainan ingatan ini siswa bisa
membedakan permainan yang menyehatkan tubuhnya.
3. Bagi
mahasiswa
Agar
mahasiswa dapat menciptakan sebuah permainan yang nantinya bermanfaat bagi
mahasiswa itu sendiri, guru dan siswa.
BAB
II
PEMBAHASAN
2.1 Pengertian Permainan Ingatan
Permainan ingatan adalah permainan
yang melatih otak untuk mengingat sesuatu yang telah dipilih dan mencari
kembaran dari apa yang pertama dipilihnya. Permainan ini banyak dijumpai di
game-game sekarang. Tujuan membuat permainan ingatan yaitu untuk melatih
ingatan otak, melatih kekompakan dalam team, serta dapat melatih kebugaran
jasmani. Mengapa permainan ingatan juga dapat melatih kebugaran jasmani? Karena
di dalam permainan ini peserta pemain harus berlari membawa gambar yang telah
dipilih ke finish oleh temannya untuk disusun.
Permainan
ingatan dapat dimainkan oleh anak-anak kecil atau anak SD dan remaja. Dengan
permainan ini anak-anak SD dapat melatih otaknya dengan cara bermain. Permainan
ini akan sangat menyenangkan jika lokasi permainannya datar dan tidak
lembab. Sebab permainan ini menggunakan
kertas yang akan ditaruh dibawah. Apabila tempat yang digunakan seperti
lapangan yang basah maka pemain bisa meminta tolong kepada teman-teman yang
tidak ikut dalam permainan untuk memegang kertas yang berisi gambar. Jumlah
gambar minimal 10 gambar yang berbeda dan maksimal 20 gambar yang berbeda.
Permainan
ingatan membutuhkan lapangan yang berukuran kira-kira 10 meter x 5 meter. Sedangkan
tempat meletakkan gambar membutuhkan tempat yang berbentuk kotak persegi yang
memiliki ukuran kira-kira 3x5 meter dengan jumlah 2 kelompok masing-masing
pemain 5 orang. Awal permainan, peserta harus melakukan suit terlebih dahulu
agar lebih adil dalam permainan. Waktu permainan ini adalah 5 menit. Walaupun
gambar belum terbuka semua, jika waktunya sudah habis permainan diselesaikan
karena permainan ini mencari jumlah point gambar yang terkumpul, bukan jumlah
gambar yang dikumpulkan. Setiap gambar diisi point atau angka yang
berbeda-beda. Agar lebih mengerti dengan permainan ingatan ini, akan dijelaskan
aturan permainannya.
2.2 Aturan Permainan
Adapun
aturan permainan ingatan antara lain:
|
|
|
|
|
5
cm
1. Sebelum
memulai permainan peserta harus membuat tempat atau lokasi permainan dimana permainan
dibatasi dengan tali yang ukuran lapangan kira-kira 10 x 5 meter. Sedangkan
ukuran tempat meletakkan gambar berukuran 3 x 5 meter. Buat dua buah tali yang berukuran sama, karena
yang bermain 2 kelompok.
2. Jumlah
gambar minimal 10 gambar yang berbeda dan maksimal 20 gambar yang berbeda. Gambar
tersebut ditata secara acak dibawah tanah atau dipegang oleh teman yang tidak
mengikuti didalam permainan ingatan.
3. Peserta
pemain berjumlah 10 orang atau lebih dalam 2 kelompok atau 5 orang dalam 1
kelompok. Agar lebih adil peserta harus melakukan suit.
4. Jika
semuanya sudah siap, salah seorang pemain yang menang pertama dapat memulai
permainannya.
5. Inti
dari permainan yaitu dari 1 kelompok yang berjumlah 5 orang pemain yaitu 2
orang memilih gambar yang kembar, 2 orang lagi siap-siap mengambil gambar yang
telah dipilih oleh temannya dan berlari ke finish dan 1 orang temannya menyusun
gambar kembar dan menghitung point yang telah terkumpul.
6. Permainan
ini dianggap selesai jika waktu yang telah disediakan sekitar 5 menit habis.
Walaupun gambar belum terbuka semua. Karena permainan ini mengumpulkan jumlah
point sebanyak-banyaknya.
7. Siapa
yang paling banyak pointnya, maka dialah pemenangnya. Dan yang kalah harus
jalan jongkok dari start sampai finish.
Itulah aturan permainan ingatan dan jika
ada peserta yang melanggar dalam permainan ini akan di keluarkan dalam
permainan.
2.3 Manfaat Permainan
Permainan
ingatan memiliki manfaat diantaranya:
1. Dapat
melatih otak.
Artinya
permainan ini bisa melatih ingatan. Permainan ingatan juga bagus dimainkan oleh
anak SD. Karena dengan menebak suatu gambar yang telah dipilihnya, peserta juga
akan memikirkan dimana letak gambar yang sama.
2. Dapat
melatih kebugaran jasmani.
Artinya
permainan ingatan dapat melatih kebugaran jasmani karena dengan permainan ini
peserta bisa berlari keliling kotak permainan sambil memikirkan letak gambar
yang akan dipilih.
3. Dapat
mencegah berbagai penyakit seperti jantung,
pembuluh darah, dan paru-paru sehingga meningkatkan kualitas
hidup secara keseluruhan. Dengan jasmani yang hugar,
hidup menjadi semangat dan menyenangkan.
BAB III
PENUTUP
Simpulan
1. Permainan
ingatan adalah permainan yang melatih otak untuk mengingat sesuatu yang telah
dipilih dan mencari kembaran dari apa yang pertama dipilihnya.
2. Aturan
permainan ingatan yaitu 5 orang pemain dalam 1 kelompok. 2 orang memilih kartu,
2 orang membawa kartu dan 1 orang menyusun kartu. Waktu yang disiapkan adalah 5
menit, dimana permainan telah selesai ditandai dengan waktu tersebut. Walaupun
kartu belum terbuka semua tetapi jika waktu sudah habis permainan berakhir.
3. Manfaat
dari permainan ingatanyaitu dapat melatih otak, dapat melatih kebugaran
jasmani, dapat menghindari berbagai penyakit.
Saran
Melalui makalah ini, kami berharap agar para pembaca
dapat mengetahui dan mengembangkan sebuah permainan sebagai kebugaran jasmani.
Permainan ingatan ini dapat dimainkan oleh kalangan siapa saja,
dan dapat bermanfaat bagi kita semua.
DAFTAR PUSTAKA
Anonim.2013.Permainan.Tersedia pada
http://id.wikipedia.org/wiki/Permainan.
diunduh tanggal 12 Mei 2013.
Putu Desi Ratna Sari, jurusan PGSD, Fakultas Ilmu
Pemdidikan, Unuversitas Pendidikan Ganesha.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar