Minggu, 05 Januari 2014

permainan memasukkan terong ke dalam botol



BAB I
PENDAHULUAN
1.1        Latar Belakang
Dunia anak-anak adalah dunia yang segar, baru, dan senantiasa indah, dipenuhi keajaiban dan keriangan (demikian Rachel Carson dalam sebuah ungkapannya). Bermain adalah dunia anak, dimana sambil bermain mereka belajar.Segala macam dipelajarinya, dari menggerakkan anggota tubuhnya hingga mengenali berbagai benda di lingkungan sekitar.Dunia anak-anak memang menakjubkan yang senantiasa mengandung aneka ragam pengalaman serta dilengkapi berbagai kesempatan untuk memperoleh pembinaan.Olaharaga merupakan salah satu hal yang lazim dilakukan oleh anak-anak, orang dewasa sampai orang tua. Kegiatan melatih pergerakan anggota tubuh ini dominan dilakukan di Sekolah, perguruan tinggi, di taman, dan tempat lain yang memungkinkan untuk berolahraga. Ada banyak jenis olahraga yang biasa digemari dan diminati oleh banyak orang  seperti, sepak bola, bola voli, basket dan lain sebagainya. Kegiatan olah tubuh ini bisa dipadukan atau dikolaborasikan dalam bentuk permainan-permainan yang tentunya dikemas secara menarik dan menantang bagi kalangan anak-anak, terutama siswa sekolah dasar.Berolahraga sambil bermain memang tidak asing lagi bagi anak-anak.Mereka cenderung menyukai permainan yang dapat menantang kelincahan, kepekaan, kecepatan dan lain sebagainya.Permainan olah fisik yang melibatkan anggota tubuh seperti permainan Ulat Bulu. Dimana permainan ini dikemas secara beregu atau berkelompok dengan berjalan jongkok dan mengutamakan kekompakan masing-masing tim dalam melakukan permainan ini.

1.2    Rumusan Masalah
Berdasarkan latar belakang masalah di atas, maka dapat dirumuskan permasalahan sebagai berikut.
1)      Bagaimana riwayat permainan memasukkan terong ke dalam botol?
2)            Berapa banyak jumlah pemain dalam permainan memasukkan terong ke dalam botol?
3)            Apakah sarana dan prasarana dalam permainan memasukkan terong ke dalam botol?
4)            Bagaimana pelaksanaan permainan memasukkan terong ke dalam botol?

1.3        Tujuan Penulisan
Berdasarkan rumusan masalah, maka tujuan kami mengangkat masalah di atas adalah sebagai berikut.
1)      Untuk mengetahui riwayat permainanmemasukkan terong ke dalam botol.
2)      Untuk mengetahui banyaknya jumlah pemain dalam permainanmemasukkan terong ke dalam botol.
3)      Untuk mengetahui sarana dan prasarana dalam permainanmemasukkan terong ke dalam botol.
4)            Untuk mengetahui pelaksanaan permainanmemasukkan terong ke dalam botol.

1.4    Manfaat Penulisan
         Adapun manfaat dari penulisan makalah ini adalah sebagai berikut.
1)      Bagi Penulis
Makalah ini kami susun untuk memenuhi salah satu tugas yang diberikan oleh dosen mata kuliah Pendidikan Jasmani dan juga dapat menambah wawasan dan pengetahuan kami mengenai seluk-beluk permainan memasukkan terong ke dalam botol untuk dapat diimplementasikan dalam konteks belajar mengajar di bangku perkuliahan.
2)            Bagi Mahasiswa
Mampu dipahaminya mengenai riwayat, jumlah pemain, sarana dan prasarana serta pelaksanaan permainanmemasukkan terong ke dalam botol.Sehingga dapat memperaktikkan secara langsung permainan tersebut.
2)      Bagi Pembaca
Makalah ini diharapkan dapat menambah pengetahuan dan wawasan para pembaca mengenai riwayat, jumlah pemain, sarana dan prasarana serta pelaksanaan permainan memasukkan terong ke dalam botol dalam konteks pembelajaran.
BAB II
PEMBAHASAN
2.1    Riwayat
Riwayat permainan memasukkan terong ke dalam botol ini tidaklah diketahui secara pasti. Diperkirakan permainan ini sebagai usaha dari anak-anak atau orang dewasa untuk mengisi waktu luangnya denganmenciptakan  permainan yang menarik sehingga bisa dijadikan hiburan oleh masyarakat pada umumnya. Permainan ini sebenarnya terinpirasi dari permainan memancing botol.

2.2    Pemain
Jumlah pemain dalam permainan minimal 3 orang.Permainan ini tidak memerlukan pembentukan kelompok (tim) atau dapat dikatakan permainan ini dilakukan secara perseorangan atau individu .Semakin banyak jumlah pemain, maka semakin seru pula jalannya permainan. Permainan ini bisa dilakukan oleh wanita atau laki-laki.

2.3    Sarana dan Prasarana
·               Peralatan
Permainan memasukkan terong ke dalam botol ini tidak memerlukan peralatan yang begitu banyak atau tergolong rumit serta  susah untuk mendapatkannya, namun diperlukan peralatan yang sederhana dan tergolong murah. Hanya memerlukan terong, botol aqua yang sudah dipotong agar lubangnya dapat disesuaikan dengan masuknya terong pada umumnya, tepung atau kapur untuk membuat garis awal dan batas  serta tali rapia atau benang untuk mengikat terong di pinggang pemain. Jumlah masing-masing peralatan tersebut disesuaikan dengan jumlah pemain.
·               Lapangan
Diperlukan lapangan yang agak luas, minimal 5 m x 10 m. Apalagi jumlah pemain yang cukup banyak akan memerlukan lapangan yang lebih luas lagi.


·               Pakaian
Pakaian yang digunakan para pemain adalah bebas asal tergolong nyaman dipakai  oleh pemain saat melakukan permainan.
2.4    Pelaksanaan
1)            Jalannya permainan
Permainan ini dilakukan minimal oleh 3 orang. Namun akan lebih seru jika dimainkan oleh banyak orang asal disesuaikan dengan situasi dan kondisi di lapangan.Permainan ini biasanya dimainkan dalam beberapa babak yang tentunya jika pesertanya cukup banyak.Diperlukan pemandu atau wasityang membandu jalannya permainan serta dua orang sebagai panitia yang akan membantu memperlancar jalannya permainan.Kepanitiaan ini dibentuk dengan maksud untuk membantu dalam mempersiapkan segala sarana dan prasarana yang dibutuhkan dalam bermain.Saat melakukan permainan, masing-masing pemainakan berdiri di garis awal (start) dengan posisi badan membelakangi garis finish atau batas yang telah disediakan botol  tempat memasukkan terong yang akan dibawa yang telah dijaga oleh panitia permainan. Jumlah botol menyesuaikan dengan jumlah peserta. Terong yang sudah diikat oleh tali yang menyerupai bentuk ekor yang mengglantung diselangkangan atau sampai paha pemain   dan terong yang sudah diikat akan diikatkan kembali pada pinggang masing-masing peserta yang dibantu oleh panitia permainan. Dalam memulai permainan akan dipandu oleh wasit dengan menggunakan peluit atau hitungan. Pemain akan berjalan mundur dengan terong yang mengglantung diselangkangan menuju botol yang telah disediakan dan disesuikan dengan lintasan pemain tersebut. Dalam memasukkan terong ke dalam botol dan posisi kedua tangan pemain bebas, boleh ditauh di pinggang, dilentangkan kesamping, dan dapat diposisikan tergantung kenyamanan masing-masing asal tidak digunakan untuk membantu dalam memasukkan terong ke dalam botol.Sehingga tidak ada kemungkinan pemain berbuat curang. Bagi pemain yang berhasil memasukkan terong paling cepat maka akan menjadi pemenang dalam permainan tersebut.

Garis batas
(5 m)

Garis awal
(gambar 1)


Garis batas
5 m
Garis awal
(gambar 2)




Keterangan gambar satu dan dua yaitu :




:

Merupakan gambaran dari areal melakukan permainan yang berukuran kuarang lebih 5m X 10m


:
menunjukkan pemain yang telah siap dengan terong yang telah diikat dipinggang pemain dan berjalan mundur menuju botol yang telah tersedia (lihat gambar 1)


:
Pemain berusaha memasukkan terong ke dalam botol dengan badan membelakangi botol dan tangan dipinggang. (lihat gambar 2).


:
Kurang lebih menunjukkan gambar botol yang akan dimasukkan dengan terong oleh pemain.


:
Menunjukkan gambar terong yang digunakan dalam permainan, namun kenyataannya terong yang digunakan berwarna ungu. ( hanya gambaran dalam makalah)





:
Panitia permainan yang membantu menyipakan segala sarana dan prasarana permainan dan dapat juga membantu wasit mengawasi permainan agar berjalan dengan lancar.


:
Wasit/ pemandu permainan.


2)            Aturan permainan
Aturan atau rambu-rambu yang harus dipegang atau ditaati oleh setiap tim atau kelompok dalam permainan ini cukup sederhana, yaitu :
·      Permaian dilakukan oleh pemain laki-laki atau perempuan.
·         Setiap pemain harus patuh pada wasit saat melakukan permainan.
·         Jika pemain  berjalan sebelum ada aba-aba permainan dimulai, maka telah dianggap kalah sebelum bermain.
·         Saat memasukkan terong ke botol posisi kedua tangan disesuaikan dengan kenyamanan asal tidak digunakan untuk membantu memasukkan terong ke botol, sehingga menghindari terjadinya kecurangan.
·         Pemain yang dapat memasukkan terong paling cepat kedalam botolakan dianggap sebagai pemenang.
·         Bagi peserta yang kalah wajib dikenai hukuman oleh pemaian yang menang.
3)            Kalah – menang
Kalah dan menang dalam permainan ini sangat ditentukan oleh  masing-masing pemain. Pemain yang dianggap memenangkan permainan ini apabila pemain tersebut mampu memasukkan botol paling cepat.Dan pemainyang dianggap kalah apabila pemain tersebut kalah cepat dalam memasuukan terong ke dalam botol.
4)            Manfaat permianan
·         Untuk melatih konsentrasi pemain.
·         Untuk melatih ketepatan.
·         Untuk melatih kecepatan.
·         Digunakan sebagai sarana hiburan.






BAB III
PENUTUP
3.1    Simpulan
Berdasarkan pembahasan di atas, maka dapat ditarik simpulan-simpulan sebagai berikut.
1)      Riwayat permainan memasukkan terong ke dalam botol ini tidaklah diketahui secara pasti. Diperkirakan
2)      permainan ini sebagai usaha dari anak-anak atau orang dewasa untuk mengisi waktu luangnya dengan menciptakan  permainan yang menarik.
3)      Jumlah pemain dalam permainan minimal 3 orang. Permainan ini tidak memerlukan pembentukan kelompok (tim) atau dapat dikatakan permainan ini dilakukan secara perseorangan atau individu.
4)      Permainan memasukkan terong ke dalam botol ini hanya memerlukan terong, botol aqua yang sudah dipotong agar lubangnya dapat disesuaikan dengan masuknya terong pada umumnya dan tali rapia atau benang untuk mengikat terong di pinggang pemain. Diperlukan lapangan yang agak luas, minimal 5 m x 10 m.Pakaian yang digunakan para pemain adalah bebas asal tergolong nyaman dipakai  oleh pemain saat melakukan permainan.
5)      Pemain akan berjalan mundur dengan terong yang mengglantung diselangkangan menuju botol yang telah disediakan dan disesuikan dengan lintasan pemain tersebut. Dalam memasukkan terong ke dalam botol kedua tangan pemain ditauh di pinggang. Sehingga tidak ada kemungkinan pemain berbuat curang. Bagi pemain yang berhasil memasukkan terong paling cepat maka akan menjadi pemenang dalam permainan tersebut.
3.2        Saran
Makalah ini diharapkan dapat menambah wawasan dan pemahaman para pembaca agar lebih memahami tentang permainan.memasukkan terong kedalam botol.Sehingga dapat dengan mudah memahami seluk-beluk tentang permainan tersebut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar