Minggu, 05 Januari 2014

permainan Bola Zigzag Estafet



BAB I
PENDAHULUAN
1.1.  Latar Belakang 
Pendidikan jasmani merupakan suatu proses seseorang sebagai individu maupun anggota masyarakat yang dilakukan secara sadar dan sistematik melalui berbagai kegiatan dalam rangka memperoleh kemampuan dan keterampilan jasmani, pertumbuhan, kecerdasan, dan pembentukan watak. Pendidikan jasmani pada hakikatnya adalah proses pendidikan yang memanfaatkan aktivitas fisik untuk menghasilkan perubahan holistik dalam kualitas individu, baik dalam hal fisik, mental, serta emosional. Salah satu ruang lingkup pendidikan jasmani adalah permainan. Permainan adalah sebuah aktivitas rekreasi dengan tujuan bersenang-senang, mengisi waktu luang, atau berolahraga ringan. Permainan biasanya dilakukan sendiri atau bersama-sama (kelompok). Permainan dapat membentuk percaya diri.  Ini dimaksudkan dengan bermain dapat meningkatkan kemampuan untuk tampil di depan umum. 
Mata pelajaran pendidikan jasmani di SD akan lebih baik dikemas dalam bentuk permainan yang menarik. Permainan akan mendorong kebutuhan anak secara aktif berinteraksi dan terlibat dengan lingkungan fisiknya. Selain itu permainan juga bermanfaat untuk membuat anak menjadi lebih kreatif dalam berfikir, mengembangkan kecerdasan pikiran maupun logika anak, dll. Pendidikan jasmani juga merupakan suatu pelajaran yang mengajarkan peserta didik bagaimana cara untuk mendapatkan tubuh yang sehat. Bahkan bukan bagaimana cara mendapatkan tubuh yang sehat saja, tetapi bagaimana cara untuk mendapatkan dan mencapai keadaan tubuh yang segar. 
Salah satu permainan yang menarik yang dapat menarik perhatian anak usia SD adalah permainan bola zigzag estafet. Permainan Bola zigzag estafet atau disingkat BOZIGES merupakan permainan bertim yang menarik dilaksanakan di SD sebagai sarana untuk melaksanakan pembelajaran Pendidikan Jasmani. Permainan Bola zigzag estafet memberikan pemenuhan kebutuhan bagi anak SD yang memiliki manfaat seperti yang telah dijelaskan di atas. Berdasarkan hal tersebut penulis menulis makalah yang berjudul “Permainan Bola zigzag estafet sebagai Pembelajaran Pendidikan Jasmani di SD” yang diharapkan dapat dijadikan sebagai referensi dalam mengajar Pendidikan Jasmani di SD.
1.2  Rumusan Masalah
Berdasrkan latar belakang yang penulis paparkan dalam makalah ini, maka dapat dirumuskan masalah sebagai berikut.
1)        Apa yang dimaksud dengan permainan Bola Zigzag Estafet?
2)        Apa saja alat dan bahan yang diperlukan dalam permainan Bola Zigzag Estafet?
3)        Bagaimana aturan permainan Bola Zigzag Estafet?
4)        Bagaimana jalannya permainan Bola Zigzag Estafet?
5)        Apakah manfaat permainan Bola Zigzag Estafet?
1.3  Tujuan
Berdasarkan rumusan masalah yang penulis paparkan, maka dapat dirumuskan tujuan sebagai berikut.
1)      Untuk mendeskripsikan  permainan Bola Zigzag Estafet.
2)      Untuk mengetahui alat dan bahan yang diperlukan dalam permainan Bola Zigzag Estafet.
3)      Untuk mendeskripsikan aturan permainan Bola Zigzag Estafet.
4)      Untuk mendeskripsikan jalannya permainan Bola Zigzag Estafet.
5)      Untuk mendeskripsikan manfaat yang didapat dari permainan Bola Zigzag Estafet.
1.4    Manfaat
Adapun manfaat dari penulisan makalah ini adalah sebagai berikut.
1.    Bagi pembaca,
Dengan adanya makalah ini diharapkan dapat menjadi sumber belajar mengenai permainan bola zigzag estafet dan cara memainkannya.
2.    Bagi mahasiswa
Dapat memahami salah satu permainan yang ada di sekolah dasar yaitu permainan bola zigzag estafet.
3.    Bagi penulis
     Dengan adanya makalah ini dapat menambah pengetahuan penulis mengenai permainan yang bisa dimainkan di sekolah dasar.






















BAB II
PEMBAHASAN
2.1         PENGERTIAN BOLA ZIGZAG ESTAFET
Bola zigzag estafet atau bisa disebut boziges merupakan suatu permainan yang membutuhkan suatu kerjasama dan ketangkasan dalam tim dalam melaksanakan permainannya. Permainan ini dilakukan oleh anak-anak maupun orang dewasa dengan sistem tim dan setiap tim minimal terdiri dari 3 pasangan, tiap pasangan terdiri dari 2 orang. Inti dari permainan ini secara umum adalah untuk melewati hala rintang. Hala rintang ini berupa lintasan yang berbentuk zigzag yang harus dilalui oleh pemain dengan membawa bola besar yang ditempelkan dikepala masing-masing pasangan. Selain itu, permainan ini juga menerapkan suatu sistem estafet. Kemenangan dalam permainan ini ditentukan dengan banyaknya jumlah bola kecil yang diperoleh dalam satu tim selama periode waktu tertentu. Agar suasana lebih menyenangkan permainan ini bisa diiringi dengan lagu atau musik. Lagu atau musik diputar ketika permainan sedang berlangsung. Ketika lagu atau musik berbunyi setiap pasangan yang sedang bermain harus berhenti dan melakukan suatu gerakan jogged. Kemudian, saat music berhenti permainan dilanjutkan kembali.

2.2         ALAT DAN BAHAN
1.      Bola
Permainan ini menggunakan dua jenis ukuran bola yaitu bola besar seukuran bola untuk permainan sepak bola dan bola kecil seukuran bola tenis.
2.      Peluit
Peluit digunakan sebagai pertanda memulai dan mengakhiri permainan.
3.      Patok
Patok dengan ukuran 1 meter digunakan sebagai hala rintang dalam permainan.
4.      Musik atau lagu
Musik atau lagu digunakan untuk megiringi selama permainan berlangsung agar permainan lebih menarik.
5.      Hadiah
Hadiah disiapkan untuk tim yang meraih juara umum. Hadiah hiburan diberikan kepada pasangan yang memiliki goyangan terheboh.
2.3         ATURAN PERMAINAN BOLA ZIGZAG ESTAFET
Permainan ini biasanya dimainkan di tanah lapang atau bisa juga dengan menggunakan lapangan segiempat dengan ukuran minimal 10 x 7 m yang dibagi menjadi 3 lintasan. Patok digunakan sebagai hala rintang. Hala rintang permainan ini dipasang disetiap lintasan, tiap lintasan terdiri dari lima hala rintang. Setiap tim terdiri dari beberapa pasangan dan tiap pasangan terdiri dari 2 orang. Pasangan pertama melewati hala rintang yang berbentuk zigzag secepat mungkin sambil membawa bola besar yang ditempelkan dikelapa masing-masing pasangan. Setelah sampai di garis batas tiap pasangan diwajibkan mengambil sebuah bola kecil dan dibawa kembali ke garis start dengan melewati rintangan yang sama. Permainan ini menggunakan sistem estafet. Setelah pasangan pertama kembali ke   garis start dengan membawa bola kecil, bola besar diserahkan ke pasangan kedua untuk melanjutkan permainan seperti pasangan pertama sampai waktu yang ditentukan habis. Permainan ini diiringi oleh musik atau lagu. Musik atau lagu dibunyikan ketika permainan sedang berlangsung. Ketika lagu atau music berbunyi, setiap pasangan yang sedang bermain harus berhenti dan melakukan suatu gerakan jogged. Apabila ada pasangan yang tidak berjoged, pasangan tersebut terkena pelanggaran kembali ke garis start. Kemudian, saat music berhenti permainan dilanjutkan kembali. Permainan ini akan berakhir dengan waktu yang sudah ditentukan yaitu minimal 5 menit. Apabila bola besar terjatuh selama permainan berlangsung pasangan diwajibkan untuk kembali ke garis start untuk mengulang permainan. Pemenang ditentukan dengan banyaknya bola kecil yang diperoleh oleh tiap tim. Tim yang menang akan diberi penghargaan berupa hadiah. Hadiah hiburan diberikan kepada pasangan yang memiliki goyangan terheboh. Berikut ini gambar lapangan untuk melaksanakan permainan bola zigzag estafet.

8 meter

1,5 – 2 m
Text Box: 10 meter 






















Gambar 1. Lapangan Permainan Bola Zigzag Estafet
Keterangan gambar:
Adalah garis zigzag yang harus dilalui setiap pemain
Anggota lain dalam 1 tim yang menunggu giliran bermain
Adalah patok yang panjangnya 1 meter yang digunakan sebagai hala rintang dalam permainan dengan jarak masing-masing patok adalah1,5 – 2 meter
Bola kecil yang di ambil saat permainan. Jumlah bola yang didapat tiap tim menentukan kemenangan tim
 








2.4         JALANNYA PERMAINAN
Siswa dikelompokkan menjadi 3 tim. dalam 1 tim dibuat beberapa pasangan dan diusahakan tiap pasangan memiliki tinggi badan yang tidak jauh berbeda sehingga memudahkan dalam bermain. Tiap tim diberikan masing-masing 1 buah bola besar. Permainan dimulai dengan adanya tanda bunyi peluit dari guru. Masing-masing pasangan pada tiap tim berusaha secepat mungkin melewati hala rintang yang sudah disediakan dengan lintasan berbentuk zigzag sambil membawa bola besar yang direkatkan di kepala dengan tujuan untuk mengambil bola kecil yang berada di ujung lintasan dan dibawa kembali ke garis start. Ketika sampai digaris start, pasangan pertama dari tiap tim menyerahkan bola besar pada pasangan berikutnya untuk melakukan permainan yang sama seperti pasangan pertama. Pergantian pasangan akan berlanjut sampai permainan selesai dengan dibatasi waktu selama 15 menit. Pada waktu-waktu tertentu akan terdengar bunyi musik yang menandai bahwa pasangan yang melaksanakan permainan harus berjoged sampai bunyi musik berhenti dan kembali melanjutkan permainan. Diakhir permainan, guru akan menghitung jumlah bola kecil yang diperoleh oleh masing-masing tim. tim yang memperoleh bola kecil terbanyak menjadi pemenang dalam permainan ini dan pasangan yang menampilkan jogged terheboh akan mendapatkan hadiah hiburan.  Demikianlah tahapan dalam permainan bola zigzag estafet.
2.5         MANFAAT PERMAINAN BOLA ZIGZAG ESTAFET
Permainan ini sangat menarik, menyenangkan sekaligus sangat sulit karena setiap pasangan harus menjaga bola yang ada di kepalanya agar tidak jatuh. Nilai Spiritual dalam Permainan Bola Zigzag Estafet selain kebersamaan, kita juga bisa belajar kerja sama yang kompak antar tim maupun pasangan untuk meraih kemenangan.
Diantara manfaat yang dapat diambil dari permainan Bola Zigzag Estafet adalah :
·         Melatih kerja sama dalam tim.
·         Mengasah kemampuan otak.
·         Melatih kecepatan dalam berlari.
·         Meningkatkan kekuatan dan ketangkasan.
·         Melatih kemampuan melalui suatu rintangan.













BAB III
PENUTUP
3.1 SIMPULAN
1.    Bola zigzag estafet atau bisa disebut boziges merupakan suatu permainan yang membutuhkan suatu kerjasama dan ketangkasan dalam tim dalam melaksanakan permainannya. Permainan ini dilakukan oleh anak-anak maupun orang dewasa dengan system tim dan setiap tim minimal terdiri dari 3 pasangan, tiap pasangan terdiri dari tiga orang.
2.    alat dan bahan yang diperlukan dalam permainan bola zigzag estafet adala bola besar, bola kecil, peluit, patok, musik atau lagu, dan hadiah.
3.   Permainan ini dilakukan oleh anak-anak maupun orang dewasa dengan system tim dan setiap tim minimal terdiri dari 3 pasangan, tiap pasangan terdiri dari tiga orang. Inti dari permainan ini secara umum adalah untuk melewati hala rintang. Hala rintang ini berupa lintasan yang berbentuk zigzag yang harus dilalui oleh pemain dengan membawa bola besar yang ditempelkan dikepala masing-masing pasangan. Selain itu, permainan ini juga menerapkan suatu sistem estafet. Kemenangan dalam permainan ini ditentukan dengan banyaknya jumlah bola kecil yang diperoleh dalam satu tim selama periode waktu tertentu. Agar suasana lebih menyenangkan permainan ini bisa diiringi dengan lagu atau musik. Lagu atau musik diputar ketika permainan sedang berlangsung. Ketika lagu atau musik berbunyi setiap pasangan yang sedang bermain harus berhenti dan melakukan suatu gerakan jogged. Kemudian, saat musik berhenti permainan dilanjutkan kembali.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar