Minggu, 05 Januari 2014

Permainan Balon Terjepit



BAB I
PENDAHULUAN

1.1                          Latar Belakang
Pendidikan  Jasmani pada dasarnya  merupakan  bagian integral dari sistem pendidikan secara keseluruhaan bertujuan untuk mengembangkan aspek kesehatan, kebugaran  jasmani, keterampilan  berpikir kritis, stabilitas emosional, keterampilan sosial, penalaran  dan  tindakan moral melalui aktivitas jasmani dan olahraga. Pelaksanaan  pembelajaran  Pendidikan  Jasmani dapat dilakukan dengan latihan, menirukan, permainan, perlombaan, dan pertandingan.
Pendidikan  Jasmani bila dikaitkan  dengan  kehidupan masyarakat saat ini sangat  erat kaitannya. Hal ini terlihat dari masih banyak minat masyarakat untuk melakukan sebuah permainan. Permainan merupakan merupakan sebuah aktivitas rekreasi dengan tujuan bersenang-senang, mengisi waktu luang, atau berolahraga ringan. Permainan biasanya dilakukan sendiri atau bersama-sama (kelompok). Permainan yang tercipta di masa yang lama berlalu disebut dengan permainan tradisional, sedangkan permainan yag diciptakan oleh seorang individual atau kelompok denngan memadukan beberapa permainan yang telah ada dan menggunakan peralatan yang canggih disebut permainan modern. Dalam proses permainan, diharapkan menerapakan nilai-nilai sportifitas, jujur, kerjasama, dan lainnya serta pembiasaan hidup sehat.
Berdasarkan uraian diatas penulis mencoba untuk menciptakan sebuah permainan  “Balon Terjepit”. Peraturan dan cara permainannya diadopsi dari permainan Balapa Karung. Permaianan yang diciptakan ini diharapakan dapat membuat orang senang dan gembira ketika melakukan permainan ini.

1.2              Rumusan Masalah
Ada pun rumusan masalah yang akan disampaikan berdasarkan latar belakang yang telah disampaikan yaitu:
1.    Apa pengertian permainan Balon Terjepit?
2.    Berapa banyak jumlah pemain dalam Balon Terjepit?
3.         Berapa luas lapangan dan alat apa saja yang diperlukan dalam permainan Balon Terjepit?
4.    Bagaimana aturan permainan Balon Terjepit?
5.    Bagaimana Cara permainan Balon Terjepit?
6.    Apa manfaat permainan Balon Terjepit?

1.3              Tujuan
Berdasarkan rumusan masalah, maka dapat di ketahui tujuan dari permainan Balon Terjepit yaitu:
1.         Untuk mengetahui pengertian permainan Balon Terjepit
2.         Untuk mengetahui jumlah pemain dalam Balon Terjepit
3.         Untuk mengetahui luas lapangan dan alat yang diperlukan dalam permainan Balon Terjepit
4.         Untuk mengetahui aturan permainan Balon Terjepit
5.         Untuk mengetahui cara permainan Balon Terjepit
6.         Untuk mengetahui manfaat permainan Balon Terjepit

1.4              Manfaat
1.         Bagi Sekolah
       Berdasarkan makalah yang telah dibuat, diharapkan nantinya akan menjadi salah satu referensi permainan untuk diajarkan kepada siswa.
2.         Bagi Siswa
       Diharapkan siswa dapat melakukan permainan untuk mengisi waktu luang dan menambah referensi tentang jenis-jenis permaina, sehingga memperoleh situasi dan pengalaman pembelajaran yang lebih konkret, bermakna serta menyenangkan.
3.         Bagi Penulis
       Penulis untuk menambah wawasan dan pengetahuan serta pengalaman dalam penulisan karya tulis.



BAB II
PEMBAHASAN

2.1       Pengertian Permainan Balon Terjepit
Permainan merupakan merupakan sebuah aktivitas rekreasi dengan tujuan bersenang-senang, mengisi waktu luang, atau berolahraga ringan. Permainan biasanya dilakukan sendiri atau bersama-sama (kelompok). Berdasarkan hal tersebut penulis menciptakan permainan Balon Terjepit. Balon Terjepit merupakan sebuah permainan yang menghandalkan kerjasama dan kekuatan meniup balon. Permainan ini tercipta karena terinspirasi dari permainan balap karung. Namun pada permainan Balon Terjepit ini peserta harus berjalan dengan posisi balon berada di selangkangan para pemain. Peraturan pada permainan ini juga diadopsi dari permaianan balap karung.

2.2       Jumlah Pemain Balon Terjepit
Permainan  Balon Terjepit dapat dikategorikan sebagai permainan segala umur (anak-anak, remaja dan dewasa) yang dilakukan oleh kaum laki-laki maupun perempuan. Permainan ini dilakukan  dalam bentuk  berkelompok. Jumlah kelompok atau team dalam 1x permainan yaitu antara 3-5 kelompok. Setiap  anggota  kelompok  minimal terdiri dari 3 orang. Selain pemain, lomba ini juga menggunakan  wasit untuk mengawasi jalannya perlombaan dan menetapkan pemenang. Wasit juga bertugas untuk mengikat anggota team menjadi satu.

2.3              Tempat dan Peralatan Permainan
a.            Tempat
Permainan Balon Terjepit tidak membutuhkan tempat (lapangan) yang luas. Jadi, dapat di pekarangan rumah atau di tanah lapang. Luas arena permainan Balon Terjepit ini hanya sepanjang 6-8 meter dan lebar sekitar 2-4 meter yang dibagi menjadi 3 atau 5 jalur.
b.    Peralatan permainan
1.         Tepung terigu untuk membuat garis batas antar pemain
2.         Peluit untuk memberi aba-aba
3.         Tali untuk mengikat peserta
4.         Balon tiup yang berukuran sedang
5.         Bendera

2.4              Aturan Permainan
Adapun aturan permainan Balon Terjepit sebagai berikut:
1.         Waktu tidak dibatasi
2.         Saat permainan akan dimulai peserta bersiap dibelakang garis start
3.         Sebelum dimulai wasit bertugas untuk mengikat anggota team menjadi satu
4.         Ketika peluit dibunyikan peserta sudah dalam keadaan terikat dan permainan dapat dimulai
5.         Balon yang sudah ditiup harus dibawa ke ujung lintasan dengan posisi balon dijepit di bagian paha/selangkangan para peserta, dan memberikannya kepada teman yang menjaga di ujung lintasan. Ini dilakukan sampai semua balon yang ada di garis start habis
6.         Peserta tidak boleh keluar lintasan atau menggangu peserta lain
7.         Jika di pertengahan ada balon yang pecah, team tersebut harus mengulang dari awal
8.         Jika balon di pertengahan lintasan terlepas dari selangkangan bisa di ambil dan melanjutkan permaianan
9.         Team yang sudah selesai menyelesaikan permainan kembali ke garis start dan mengambil bendera. Bendera tersebut dikibarkan sebagai tanda bahwa kelompok tersebut telah menyelesaikan permainan
10.     Team yang paling cepat akan keluar sebagai pemenangnya

2.5       Cara Permainan
Permainan  Balon Terjepit diawali dengan pembentukan kelompok atau team. Jumlah anggota dalam 1 team 3-5 orang. Salah satu anggota team harus berada di ujung lintasan untuk mengumpulkan balon. Selanjutnya sisa anggota team yang lain harus bersiap di belakang garis start, kemudian wasit akan mengikat anggota team tersebut menjadi 1. Ketika peluit dibunyikan peserta dapat melakukan permaian dengan posisi sudah terikat. Balon yang disediakan kemudian ditiup oleh masing-masing anggota team, selanjutnya mengikat balon tersebut dan meletakkannya pada selangkangan masing-masing anggota team. Apabila balon sudah dijepit pada bagian selangkangan/paha, anggota team yang telah diikat menjadi 1 dapat berjalan secara bersama-sama sampai ke ujung lintasan. Balon yang dibawa harus diserahkan kepada temannya yang telah menjaga. Team yang sudah menyelesaikan permaianan dapat kembali ke garis start untuk mengambil bendera. Bendera tersebut harus dikibarkan sebagai tanda bahwa team sudah menyelesaikan permaianan. Team yang paling cepat menyelesaikan permainan akan keluar sebagai pemenang.

2.6       Manfaat Permainan Balon Terjepit
Manfaat yang terkandung dalam permainan yang disebut sebagai Balon Terjepit ini adalah:
1.    Kerja keras
     Nilai kerja keras tercermin dari semangat para pemain untuk dapat mencapai garis finis secepat mungkin.
2.    Kerja sama
     Kerja sama tercermin dari kekompakan para pemain ketika sedang bermain.
3.    Sportivitas
     Sportivitas tercermin saat team yang kalah mau menerima kekalahan dengan lapang dada.









BAB III
PENUTUP


3.1     Simpulan
Permainan merupakan merupakan sebuah aktivitas rekreasi dengan tujuan bersenang-senang, mengisi waktu luang, atau berolahraga ringan. Permainan biasanya dilakukan sendiri atau bersama-sama (kelompok). Permainan Balon Terjepit dilakukan  dalam bentuk  berkelompok. Jumlah kelompok atau team dalam 1x permainan yaitu antara 3-5 kelompok. Setiap  anggota  kelompok  minimal terdiri dari 3 orang. Selain pemain, lomba ini juga menggunakan  wasit untuk mengawasi jalannya perlombaan dan menetapkan pemenang. Wasit juga bertugas untuk mengikat anggota team menjadi satu.

3.2              Saran
Saran dan kritik yang membangun sangat diharapkan untuk referensi dalam pembuatan makalah yang selanjutnya.















DAFTAR PUSTAKA

Anonim. 2011. Permainan Balap Karung.  Tersedia pada http://id.lomba-balap-karung.html.  Diakses tanggal 6 Mei 2013.










 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar