BAB
I
PENDAHULUAN
1.1
Latar
Belakang
Dewasa ini olahraga
berupa permainan sangat diminati oleh setiap orang mulai dari kalangan
anak-anak SD hingga dewasa maupun lansia karena dengan berolahraga berupa
permainan semua orang dapat memperoleh kesenangan, kepusan dan kegembiraan
untuk mengisi waktu luang.
Olahraga permainan ini
merupakan suatu aktivitas olahraga yang mengutamakan kegembiraan dan kekompakan
dari masing-masing tim untuk meraih kemenangan namun tentunya permainan harus
berjalan dengan sportif. Tujuan utama
dari olahraga permainan disamping untuk mencari pemenang juga untuk memperoleh kesenangan hiburan dan bermain.
Didalam olahraga ini permainan olahraganya dituntut agar kita bergerak atau
bermain sambil kita melakukan ketrampilan gerak dengan ringan. Semakin padatnya
kesibukan setiap individu di masyarakat dari situlah muncul keinginan-keinginan
untuk mencari permainan yang dapat menghibur dan membuat mereka gembira
terutama anak-anak SD yang cepat jenuh
dengan kegiatan mereka di sekolah, mengikuti les tambahan dan kegiatan yang
kurang menghibur dihati mereka. Oleh karena itulah banyak orang mencari tampat
dan permainan yang diciptakan hanya untuk memperoleh hiburan dan kesenangan.
Olahraga
permainan menjadi salah satu aktivitas olahraga yang paling diminati oleh
banyak orang terutama anak-anak SD oleh karena itu seorang guru SD dituntut
agar bisa kreatif untuk menciptakan permainan modern maupun tradisional. Dalam
menjalani aktivitas kehidupan untuk mengisi waktu luang kita dapat melakukan
kegiatan yang dapat menghibur hati dengan berolahraga. Salah satu contohnya
adalah olahraga permainan sumbu pocong putar. Permainan ini mengutamakan
keseimbangan, ketahanan fisik yang baik dan kesabaran. Permainan ini dimainkan
secara kelompok yang masing-masing kelompok berjumlah 3-10 orang. Dimainkan
secara bergilir masing-masing peserta harus melakukan putaran sebanyak 10 kali
atau menyesuaikan. Berdasarkan hal tersebut penulis menulis makalah yang
berjudul “Permainan Sumbu Pocong Putar sebagai Pembelajaran Pendidikan Jasmani
di SD” yang diharapkan dapat dijadikan sebagai referensi dalam mengajar
Pendidikan Jasmani di SD.
1.2
Rumusan
Masalah
Berdasrkan latar belakang yang penulis
paparkan dalam makalah ini, maka dapat dirumuskan masalah sebagai berikut.
1)
Apa yang dimaksud dengan permainan sumbu
pocong putar?
2)
Bagaimana aturan main permainan sumbu
pocong putar ?
3)
Bagaimanakah cara bermain permainan
sumbu pocong putar?
4)
Apakah sarana dan prasarana permainan
sumbu pocong putar?
5)
Apa
manfaat dari permainan sumbu pocong putar?
1.3
Tujuan
Berdasarkan rumusan
masalah yang penulis paparkan, maka dapat dirumuskan tujuan sebagai berikut.
1)
Untuk mengetahui permainan sumbu pocong
putar.
2)
Untuk mengetahui aturan main permainan
sumbu pocong putar.
3)
Untuk mengetahui cara bermain permainan
sumbu pocong putar.
4)
Untuk mengetahui sarana dan prasarana
permainan sumbu pocong putar.
5)
Untuk mengetahui manfaat dari permainan sumbu
pocong putar.
1.4
Manfaat
Adapun manfaat dari
penulisan makalah ini adalah sebagai berikut.
1. Bagi
pembaca,
Dengan adanya makalah ini diharapkan
dapat menjadi sumber belajar mengenai permainan sumbu pocong putar dan cara
memainkannya.
2. Bagi
mahasiswa
Dapat memahami salah satu permainan yang
ada di sekolah dasar yaitu permainan sumbu pocong putar.
3. Bagi
penulis
Dengan adanya makalah ini dapat menambah pengetahuan penulis mengenai
permainan dan cara memainkannya di sekolah dasar.
BAB
II
PEMBAHASAN
2.1 PENGERTIAN PERMAINAN SUMBU POCONG
PUTAR
Permainan sumbu pocong putar merupakan permainan
beregu yang mengutamakan keseimbangan, kelincahan, ketahanan fisik yang baik
dan kesabaran. Permainan ini terdiri dari beberapa kelompok yang masing-masing kelompok
berjumlah 3-10 orang. Dimainkan secara bergilir masing-masing peserta harus
melakukan putaran sebanyak 10 kali atau menyesuaikan serta melakukan lompat
karung seperti pocong sehingga diberi nama permainan sumbu pocong putar.
Permainan sumbu pocong putar sangat menarik sehingga bisa menghilangkan rasa
jenuh pada siswa.
2.2 ATURAN PERMAINAN SUMBU POCONG PUTAR
Permainan ini merupakan
permainan bertim atau beregu . Sebelum
permainan dimulai semua peserta yang sudah menyatakan akan turut ambil bagian
dalam permainan ini terlebih dulu dibagi menjadi minimal 2 (dua) tim
menyesuaikan jumlah peserta didik . Jumlah masing-masing tim tidak dibatasi
namun harus sama agar permainan bisa berjalan dengan adil dan sportif. Adapun aturan permainan ini
adalah sebagai berikut.
1)
Jumlah peserta tiap regu haruslah sama
minimal 2 orang dan maksimal 10 orang.
Regu bisa dikelompokan
berdasarkan jenis kelamin
dan bisa digabung namun jumlah perempuan dan laki-laki dimasing-masing regu
harus sama.
2)
Permainan dipimpin oleh wasit, jumlah wasit menyesuikan
dengan jumlah regu. Wasit bisa berasal dari siswa.
3)
Apabila wasit menghidupkan musik, maka peserta yang sedang
bermain harus berjoged.
4)
Pada
garis pertama dilakukan putaran sebanyak 10 kali/menyesuaikan.
5)
Setiap regu dinyatakan kalah apabila ada salah satu peserta regu tidak
melakukan putaran yang telah ditentuksn sebelumnya.
6)
Setelah peserta sampai di garis kedua,
peserta harus menggunakan karung dan berlompat-lompat menuju kegaris ketiga.
7)
Digaris ketiga peserta harus mengambil koin dengan
menggunakan mulut dengan tangan dibelakang.
8)
Peserta yang tidak bisa menyelesaikan
permainan regunya dianggap kalah.
9)
Regu yang paling cepat dan paling banyak memindahkan
koin ke piring dinyatakan sebagai pemenangnya.
10)
Setiap peserta harus menjungjung tinnggi
sportifitas.
2.3
CARA
BERMAIN PERMAINAN SUMBU POCONG PUTAR
Dalam bermain permainan
sumbu pocong putar dibutuhkan kekompakan dari masing-masing tim untuk meraih
kemenangan namun dengan tetap menjungjung sportifitas.
Adapun cara bermain permainan ini adalah sebagai berikut.
1) Pastikan
setiap regu sudah siap untuk melakukan perlombaan.
2) Wasit
memberikan aba-aba meniup peluit, setelah peluit berbunyi peserta baru
diperbolehkan melakukan putaran sebanyak 10 kali di garis start atau garis
pertama.
3) Peserta
baru boleh berlari apabila sudah melakukan 10 kali putaran. Wasit menghitung
setiap putaran agar tidak terjadi kecurangan.
4) Peserta
berlari menuju garis dan apabila
mendengar musik peserta harus berjoged dan kembali berlari ketika musik berhenti kemudian
bisa mengambil karung dan berlompat-lompat untuk menuju kegaris ketiga.
5) Setelah
sampai di garis ketiga, peserta mengambil koin dengan menggunakan mulut dan
tangan dibelakang. Koin yang sudah
terambil kemudian dijepit menggunakan mulut selanjutnya menuju garis
start/finis dengan cara yang sama.
6) Setelah
sampai finis, peserta melakukan tos dengan pemain berikutnya dan pemain
berikutnya mulai melakukan permainan seperti yang dilakukan oleh pemain pertama
dan begitu juga seterusnya.
7) Regu
yang paling cepat mengumpulkan bola tenis kegaris start/finis dinyatakan
sebagai pemenang.
2.4
SARANA
DAN PRASARANA
1) Alat
· Tali
rapia atau kapur untuk membuat garis
· Paku
· Karung
atau kampil
· Koin
· Tepung
· Spiker
· Piring
· Hadiah
perlombaan
2) Lapangan
Area lapangan yang dipergunakan dalam perlombaan olahraga
permainan ini adalah area yang kosong dan terbuka. Lapangan perlombaan sumbur
pocong putar ini berbentuk persegi panjang dengan kapur sebagai batas pinggir
lintasan. Masing-masing kelompok telah diberi garis pembatas dengan lebarnya
garis tiap-tiap kelompok kira-kira 1-3 cm dan panjang lapangan 10-30 m.
Berikut gambar lapangan yang digunakan saat
perlombaan :
|
Keterangan:
= sumbu putar dan
tempat menaruh koin
=
karung
= tempat koin
2.5
MANFAAT
PERMAINAN SUMBU POCONG PUTAR
Permainan ini sangat
menarik dan menyenangkan bagi anak-anak maupun dewasa dan dibutuhkan
keseimbangan dan kelincahan bagi para pemainnya. Setiap permainan dalam olahraga
tentunya mempunyai manfaat yang baik bagi fisik dan rohani. Adapun manfaat dari
kegiatan olahraga permainan ini adalah :
1. Dapat
mengembangkan/melatih potensi diri yang ada, seperti kelincahan, kecepatan,
kelentukan, keseimbangan, dan daya tahan
2. Untuk
memberikan hiburan dan kesenangan
3. Untuk
melatih kerja sama antar individu di setiap kelompok
4. Untuk
melatih kekuatan fisik daan skill yang dimiliki
5. Untuk
menghilangkan rasa jenuh atau stress
6. Untuk
mengisi waktu luang
BAB
III
PENUTUP
3.1
SIMPULAN
Permainan
sumbu pocong putar mengutamakan keseimbangan, ketahanan fisik yang baik dan
kesabaran. Permainan ini dimainkan secara kelompok yang masing-masing kelompok
berjumlah 3-4 orang. Dimainkan secara bergilir masing-masing peserta harus
melakukan putaran sebanyak 10 kali atau menyesuaikan. Jumlah masing-masing tim tidak
dibatasi namun harus sama agar permainan bisa berjalan dengan adil dan sportif.
Permainan ini membutuhkan sarana dan prasarana. Permainan ini biasanya dilakukan dilapangan
terbuka dengan panjang lapangan 10-30 m dan lebar lapangan 3-9 m dan garis
lapangan dibatasi dengan kapur. Permainan sumbu pocong putar mempunyai banyak
manfaat diantaranya untuk menghilangkan kejenuhan pada siswa dan melatih
kerjasama antar siswa.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar