Minggu, 05 Januari 2014

permainan sumbu pocong putar



BAB I
PENDAHULUAN
1.1    Latar Belakang
Dewasa ini olahraga berupa permainan sangat diminati oleh setiap orang mulai dari kalangan anak-anak SD hingga dewasa maupun lansia karena dengan berolahraga berupa permainan semua orang dapat memperoleh kesenangan, kepusan dan kegembiraan untuk mengisi waktu luang.
Olahraga permainan ini merupakan suatu aktivitas olahraga yang mengutamakan kegembiraan dan kekompakan dari masing-masing tim untuk meraih kemenangan namun tentunya permainan harus berjalan dengan sportif. Tujuan utama dari olahraga permainan disamping untuk mencari pemenang juga untuk  memperoleh kesenangan hiburan dan bermain. Didalam olahraga ini permainan olahraganya dituntut agar kita bergerak atau bermain sambil kita melakukan ketrampilan gerak dengan ringan. Semakin padatnya kesibukan setiap individu di masyarakat dari situlah muncul keinginan-keinginan untuk mencari permainan yang dapat menghibur dan membuat mereka gembira terutama anak-anak  SD yang cepat jenuh dengan kegiatan mereka di sekolah, mengikuti les tambahan dan kegiatan yang kurang menghibur dihati mereka. Oleh karena itulah banyak orang mencari tampat dan permainan yang diciptakan hanya untuk memperoleh hiburan dan kesenangan.
Olahraga permainan menjadi salah satu aktivitas olahraga yang paling diminati oleh banyak orang terutama anak-anak SD oleh karena itu seorang guru SD dituntut agar bisa kreatif untuk menciptakan permainan modern maupun tradisional. Dalam menjalani aktivitas kehidupan untuk mengisi waktu luang kita dapat melakukan kegiatan yang dapat menghibur hati dengan berolahraga. Salah satu contohnya adalah olahraga permainan sumbu pocong putar. Permainan ini mengutamakan keseimbangan, ketahanan fisik yang baik dan kesabaran. Permainan ini dimainkan secara kelompok yang masing-masing kelompok berjumlah 3-10 orang. Dimainkan secara bergilir masing-masing peserta harus melakukan putaran sebanyak 10 kali atau menyesuaikan. Berdasarkan hal tersebut penulis menulis makalah yang berjudul “Permainan Sumbu Pocong Putar sebagai Pembelajaran Pendidikan Jasmani di SD” yang diharapkan dapat dijadikan sebagai referensi dalam mengajar Pendidikan Jasmani di SD.
1.2    Rumusan Masalah
Berdasrkan latar belakang yang penulis paparkan dalam makalah ini, maka dapat dirumuskan masalah sebagai berikut.
1)                         Apa yang dimaksud dengan permainan sumbu pocong putar?
2)                         Bagaimana aturan main permainan sumbu pocong putar ?
3)                         Bagaimanakah cara bermain permainan sumbu pocong putar?
4)                         Apakah sarana dan prasarana permainan sumbu pocong putar?
5)                         Apa manfaat dari permainan sumbu pocong putar?
1.3    Tujuan
Berdasarkan rumusan masalah yang penulis paparkan, maka dapat dirumuskan tujuan sebagai berikut.
1)                            Untuk mengetahui permainan sumbu pocong putar.
2)                            Untuk mengetahui aturan main permainan sumbu pocong putar.
3)                            Untuk mengetahui cara bermain permainan sumbu pocong putar.
4)                            Untuk mengetahui sarana dan prasarana permainan sumbu pocong putar.
5)                            Untuk mengetahui manfaat dari permainan sumbu pocong putar.
1.4    Manfaat
Adapun manfaat dari penulisan makalah ini adalah sebagai berikut.
1.    Bagi pembaca,
Dengan adanya makalah ini diharapkan dapat menjadi sumber belajar mengenai permainan sumbu pocong putar dan cara memainkannya.
2.    Bagi mahasiswa
Dapat memahami salah satu permainan yang ada di sekolah dasar yaitu permainan sumbu pocong putar.
3.    Bagi penulis
     Dengan adanya makalah ini dapat menambah pengetahuan penulis mengenai permainan dan cara memainkannya di sekolah dasar.



BAB II
PEMBAHASAN
2.1    PENGERTIAN PERMAINAN SUMBU POCONG PUTAR
Permainan sumbu pocong putar merupakan permainan beregu yang mengutamakan keseimbangan, kelincahan, ketahanan fisik yang baik dan kesabaran. Permainan ini terdiri dari beberapa kelompok yang masing-masing kelompok berjumlah 3-10 orang. Dimainkan secara bergilir masing-masing peserta harus melakukan putaran sebanyak 10 kali atau menyesuaikan serta melakukan lompat karung seperti pocong sehingga diberi nama permainan sumbu pocong putar. Permainan sumbu pocong putar sangat menarik sehingga bisa menghilangkan rasa jenuh pada siswa.

2.2    ATURAN PERMAINAN SUMBU POCONG PUTAR
Permainan ini merupakan permainan bertim atau beregu . Sebelum permainan dimulai semua peserta yang sudah menyatakan akan turut ambil bagian dalam permainan ini terlebih dulu dibagi menjadi minimal 2 (dua) tim menyesuaikan jumlah peserta didik . Jumlah masing-masing tim tidak dibatasi namun harus sama agar permainan bisa berjalan dengan adil dan sportif. Adapun aturan permainan ini adalah sebagai berikut.
1)      Jumlah peserta tiap regu haruslah sama minimal 2 orang dan maksimal 10 orang. Regu bisa dikelompokan berdasarkan jenis kelamin dan bisa digabung namun jumlah perempuan dan laki-laki dimasing-masing regu harus sama.
2)      Permainan dipimpin oleh wasit, jumlah wasit menyesuikan dengan jumlah regu. Wasit bisa berasal dari siswa.
3)      Apabila wasit menghidupkan musik, maka peserta yang sedang bermain harus berjoged.
4)      Pada garis pertama dilakukan putaran sebanyak 10 kali/menyesuaikan.
5)      Setiap  regu dinyatakan kalah apabila ada salah satu peserta regu tidak melakukan putaran yang telah ditentuksn sebelumnya.
6)      Setelah peserta sampai di garis kedua, peserta harus menggunakan karung dan berlompat-lompat menuju kegaris ketiga.
7)      Digaris ketiga peserta harus mengambil koin dengan menggunakan mulut dengan tangan dibelakang.
8)      Peserta yang tidak bisa menyelesaikan permainan regunya dianggap kalah.
9)      Regu yang paling cepat dan paling banyak memindahkan koin ke piring dinyatakan sebagai pemenangnya.
10)  Setiap peserta harus menjungjung tinnggi sportifitas.

2.3    CARA BERMAIN PERMAINAN SUMBU POCONG PUTAR
Dalam bermain permainan sumbu pocong putar dibutuhkan kekompakan dari masing-masing tim untuk meraih kemenangan namun dengan tetap menjungjung sportifitas. Adapun cara bermain permainan ini adalah sebagai berikut.
1)   Pastikan setiap regu sudah siap untuk melakukan perlombaan.
2)   Wasit memberikan aba-aba meniup peluit, setelah peluit berbunyi peserta baru diperbolehkan melakukan putaran sebanyak 10 kali di garis start atau garis pertama.
3)   Peserta baru boleh berlari apabila sudah melakukan 10 kali putaran. Wasit menghitung setiap putaran agar tidak terjadi kecurangan.
4)   Peserta berlari menuju garis dan apabila mendengar musik peserta harus berjoged  dan kembali berlari ketika musik berhenti kemudian bisa mengambil karung dan berlompat-lompat untuk menuju kegaris ketiga.
5)   Setelah sampai di garis ketiga, peserta mengambil koin dengan menggunakan mulut dan tangan dibelakang. Koin  yang sudah terambil kemudian dijepit menggunakan mulut selanjutnya menuju garis start/finis dengan cara yang sama.
6)   Setelah sampai finis, peserta melakukan tos dengan pemain berikutnya dan pemain berikutnya mulai melakukan permainan seperti yang dilakukan oleh pemain pertama dan begitu juga seterusnya.
7)   Regu yang paling cepat mengumpulkan bola tenis kegaris start/finis dinyatakan sebagai pemenang.
2.4    SARANA DAN PRASARANA
1)   Alat
·      Tali rapia atau kapur untuk membuat garis
·      Paku
·      Karung atau kampil
·      Koin
·      Tepung
·      Spiker
·      Piring
·      Hadiah perlombaan
2) Lapangan
            Area lapangan yang dipergunakan dalam perlombaan olahraga permainan ini adalah area yang kosong dan terbuka. Lapangan perlombaan sumbur pocong putar ini berbentuk persegi panjang dengan kapur sebagai batas pinggir lintasan. Masing-masing kelompok telah diberi garis pembatas dengan lebarnya garis tiap-tiap kelompok kira-kira 1-3 cm dan panjang lapangan 10-30 m.
Berikut gambar lapangan yang digunakan saat perlombaan :


 
                                                                                   

6 cm
 
 



Keterangan:
= sumbu putar dan tempat menaruh koin
= karung
 = tempat koin

2.5    MANFAAT PERMAINAN SUMBU POCONG PUTAR
Permainan ini sangat menarik dan menyenangkan bagi anak-anak maupun dewasa dan dibutuhkan keseimbangan dan kelincahan bagi para pemainnya. Setiap permainan dalam olahraga tentunya mempunyai manfaat yang baik bagi fisik dan rohani. Adapun manfaat dari kegiatan olahraga permainan ini adalah :
1.    Dapat mengembangkan/melatih potensi diri yang ada, seperti kelincahan, kecepatan, kelentukan, keseimbangan, dan daya tahan
2.    Untuk memberikan hiburan dan kesenangan
3.    Untuk melatih kerja sama antar individu di setiap kelompok
4.    Untuk melatih kekuatan fisik daan skill yang dimiliki
5.    Untuk menghilangkan rasa jenuh atau stress
6.    Untuk mengisi waktu luang

           





















BAB III
PENUTUP
3.1    SIMPULAN
Permainan sumbu pocong putar mengutamakan keseimbangan, ketahanan fisik yang baik dan kesabaran. Permainan ini dimainkan secara kelompok yang masing-masing kelompok berjumlah 3-4 orang. Dimainkan secara bergilir masing-masing peserta harus melakukan putaran sebanyak 10 kali atau menyesuaikan. Jumlah masing-masing tim tidak dibatasi namun harus sama agar permainan bisa berjalan dengan adil dan sportif. Permainan ini membutuhkan sarana dan prasarana. Permainan ini biasanya dilakukan dilapangan terbuka dengan panjang lapangan 10-30 m dan lebar lapangan 3-9 m dan garis lapangan dibatasi dengan kapur. Permainan sumbu pocong putar mempunyai banyak manfaat diantaranya untuk menghilangkan kejenuhan pada siswa dan melatih kerjasama antar siswa.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar