Minggu, 05 Januari 2014

permainan stick transfer tebak buah



BAB I
PENDAHULUAN

1.1  Latar Belakang
            Anak-anak di usia SD  terkadang malas untuk berolahraga. Karena dalam setia olahraga selalu monoton permainan yang sama seperti  lari, sepak bola, bola voli, lompat jauh sehingga  mereka cepat bosan jika diberikan olah raga yang tidak menyenangkan. Untuk  menghilangkan kebosanan tersebut  guru perlu memberikan waktu untuk siswa bermain bersama teman sekelas mereka. Namun permainan yang diberikan harus permainan yang dapat melatih ketangkasan, kelincahan, dan daya tahan fisik siswa.
Bermain akan membuat setiap anak merasa senang, dan bahagia. Dengan bermain anak dapat belajar menggali dan mengembangkan potensi, dan rasa ingin tahu serta meningkatkan rasa percaya dirinya. Oleh karena itu, bermain merupakan fitrah yang dialami setiap anak.
Pengalaman merupakan guru dalam proses pembelajaran secara alami. Misalnya, seorang anak mengalami proses alami bermain. Hal itu  dalam rangka menambah dan mengembangkan pengetahuan dari setiap pengalamannya. Jadi, tidak menutup kemungkinan siapapun berhak bermain baik anak-anak, remaja, orang dewasa ataupun orang tua. Karena belajar dari sebuah pengalaman dalam aktivitas bermain dijadikan sebagai sarana pembelajaran yang menyenangkan yang dapat dilakukan di ruangan terbuka atau tertutup. 
            Permainan merupakan cabang olahraga yang kita gunakan sebagai alat dalam usaha pendidikan. Bermain adalah belajar menyesuaikan diri dengan keadaan anak-anak  dengan daerah sekelilingnya dan dengan benda didaerahnya. Salah satu permainan, yang dapat melatih keterampilan, kecepatan, ketelitian, kelincahan dan keseimbangn anak-anak adalah permainan stick transfer tebak buah.

1.2         Rumusan Masalah
1.2.1        Apa pengertian permainan stick transfer tebak buah.?
1.2.2        Apa saja sarana dan prasarana Permainan stick transfer tebak buah.?
1.2.3        Bagaimana Cara dan Aturan Bermain stick transfe tebak buah.r?
1.2.4        Apa manfaat permainan stick transfer tebak buah.?

1.3 Tujuan
1.3.1        Untuk mengetahui pengertian permainan stick transfer tebak buah
1.3.2        Untuk mengetahui sarana dan prasarana Permainan stick transfer tebak buah.
1.3.3        Untuk mengetahui Cara dan Aturan Bermain stick transfer tebak buah
1.3.4        Untuk mengetahui manfaat stick transfer tebak buah.

1.4     Manfaat
Manfaat permainan stick transfer tebak buah ini adalah untuk meningkatkan kesegaran jasmani, menghilangkan rasa jenuh, dan memepererat rasa solidaritas antara siswa.

















BAB II
PEMBAHASAN

A. Pengertian permainan stick transfer tebak buah
Permainan ini merupakan jenis permainan outbound. Kata stick transfer berasal dari bahasa inggris yang artinya permainan memindahkan batang atau stick. Stick yang digunakan yaitu stick dari karung yang natinya akan digunakan lagi dalam permainan ini. Pengertian dari permainan stick transfer  ini adalah memindahkan stick dari orang pertama ke orang namun  tidak boleh memakai tangan. Tapi yang digunakan untuk memindahkan yaitu dengan menggunakan bahu atau leher. Setelah itu dilanjutkan dengan melompat menggunkan karung tersebut lalu menebak buah yang dalam kotak yang telah tersedia  Dalam bermain permainan ini dilakukan di lapangan terbuka.
Permainan ini dilakukan secara beregu, regu yang akan bermain minimal 2 regu, setiap regu terdapat minimal 5 orang pemain. Para pemain tiap regu ini bisa heterogen atau homogen, bisa dimainkan oleh pemain perempuan atau laki-laki. Permainan ini bisa jenis permainan team building games berkaitan dengan  kemampuan personal dalam bekerja sama dengan orang lain.

B.  Sarana  dan prasarana Permainan stick transfer tebak buah
Dalam permainan ini tempat bermainnya adalah lapangan karena permainan ini merupakan jenis permainan outbound. Dalam permainan luas tempat yang akan digunakan disesuaikan dengan jumlah dari pemain. Biasanya permainan ini dilakukan minimal 5 orang pemain
Sarana yang digunakan yaitu stick dari karung yang digulung sehingga berbentuk menyerupai stick, buah-buahan yang memiliki aroma yang agak keras agar nantinya para pemain dapat dengan mudah menebak buah tersebut, tali rapia untuk membuat lapangan.
Ukuran dari lapangannnya yaitu ±15 meter, yang nantinya akan dibagi menjadi 3 petak. Petak pertama tempat melakukan permainan stick transfer karung, lalu menggunakan karung tersebut menuju petak kedua disana pemain akan melompati tali yang melintang, selanjutnya menuju petak ketikga menebak buah yang terdapat dalam kotak tersebut, setelah itu barulah kembali ke petak pertama dan menuliskan buah yang telah ditebak tadi.








 






Ket:
1.                        = karung yang digulung
2.                        = pemain
3.                        = kotak yang berisi buah


C. Cara dan Aturan Bermain
Dalam setiap permainan tentu saja harus ada aturan dan cara bermain suatu permainan. Aturan dari permainan stick transfer tebak buah adalah:
1.      Setiap regu beranggotakan minimal 5 orang.
2.      Setiap regu terdiri dari laki-laki atau  perempuan
3.      Pemain memindahkan stick dari orang pertama ke anggota team lain  namun  tidak boleh memakai tangan.
4.      Bagian tubuh yang boleh  digunakan untuk memindahkan yaitu dengan menggunakan bahu atau leher.


 




5.      Jika stick jatuh dipertengahan permainan maka pemain boleh mengambilnya dengan tangan, lalu permainan bisa dilanjutkan.
6.      setelah sampai kepada pemain terakhir, pemain tersebut langsung menggunakan karung tersebut menuju post 2.
7.      Untuk melewati post 2 pemain harus melompat karena terdapat tali yang harus dilompati,
8.      Setelah itu pemain langsung menuju pada post 3, disana pemain mencium buah apa yang terdapat dalam kotak
9.      Setiap kotak terdapat 1 buah yang harus ditebak.
10.  Lalu kembali ke post 1 dan menulis nama buah yang telah ditebak, lalu dilanjutkan oleh pemain dalam 1 team.
11.  Untuk menentukan kalah dan menang yaitu Team yang terlebih dahulu menyelesaikan permaian dan menebak buah dengan tepat maka team tersebutlah yang menang.
12.  Permainan ini diatur oleh 3 orang wasit yang akan mengawasi pada setiap petak
13.  Regu yang menang akan mendapatkan hadiah.

D. Manfaat permaina stick transfer tebak buah.
Manfaat yang diperoleh dari permainan stick transfers tebak buah. ini adalah:
1.      untuk melatih siswa agar mampu bekerjasama dengan baik dengan rekan atau teamnya. 
2.      Mendukung dan memberi motivasi sebuah kelompok.
3.      Mengembangkan kemampuan apresiasi dan kreatifitas serta penghargaan dalam sebuah perbedaan.
4.      Memupuk jiwa kepemimpinan, kemandirian, keberanian, percaya diri, tanggung Jawa dan rasa empati.
5.      Melatih semangat kompetisi yang sehat.
6.      Meningkatkan indra penciuman pada siswa.
7.      Melatih keseimbangan siswa.





BAB III
PENUTUP
3.1  Simpulan
     Kata stick transfer berasal dari bahasa inggris yang artinya permainan memindahkan batang atau stick. Dimodifikasi agar menarik dengan menambahkan permainan tebak buah. Stick yang digunakan yaitu stick dari karung yang natinya akan digunakan lagi dalam permainan ini. Pengertian dari permainan stick transfer  ini adalah memindahkan stick dari orang pertama ke orang namun  tidak boleh memakai tangan melainkan menggunakan bahu atau leher. Setelah itu dilanjutkan dengan melompat menggunkan karung tersebut lalu menebak buah yang dalam kotak yang telah tersedia.
Permainan ini dilakukan secara beregu, regu yang akan bermain minimal 2 regu, setiap regu terdapat minimal 5 orang pemain, bisa dimainkan oleh pemain perempuan atau laki-laki. Arena permainan berukuran kurang lebih 15 meter yang akan dibagi menjadi tiga petak.
.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar