Minggu, 05 Januari 2014

Permainan Roda Kehidupan



BAB I
PENDAHULUAN

1.1         Latar Belakang
Pada masa pertumbuhan, anak-anak, akan mencoba untuk mengeksploitasi sekitar dengan bermain. Dalam hal ini anak akan bermain menggunakan panca indra yang dimiliki dan terkadang sangat asyik seolah tidak mengabaikan lingkungan sekitar. Pada tahap perkembangan selanjutnya anak akan ditempatkan pada lingkungan sosial. Pada tahap permainan, yang dilakukan anak akan menjadi lebih komplek dan melibatkan orang lain. Untuk bermain dengan orang lain anak harus siap dengan resiko dari permainan yang dimungkinkan akan memberi pengalaman menyenangkan dan tidak menyenangkan. Hal ini dimaksudkan bahwa pengalaman menyenangkan adalah permainan yang berhubungan dengan permainan menang kalah, atau permainan yang menunjukkan si kuat dan si lemah (Viktor Simanjuntak, dkk: 2008).
Permainan adalah sesuatu yang dimainkan untuk bermain yang bertujuan untuk memperoleh kesenangan. Permainan dibagi atas dua yaitu permainan untuk bermain (play) dan permainan untuk bertanding (game). Permainan dalam bentuk bermain (play) dilakukan guna mengisi waktu luang dan bersifat hiburan yang pada umumnya dilakukan anak-anak (Suherman, dkk). Sedangkan permainan untuk bertanding (game) dimaksudkan untuk mengejar juara dalam suatu permainan/kompetisi. Game bertujuan untuk mencari pihak pemenang dan pihak lain yang kalah tentunya dengan sikap yang sportif.
Bentuk-bentuk permainan merupakan modifikasi kecil dari kegiatan yang dilakukan oleh orang dewasa. Dengan permainan, anak belajar menjadi manusia. Setiap permainan memiliki sasaran dan tujuan masing-masing. Bermain merupakan wahana untuk belajar mengenal lingkungan dan sekitarnya. Dengan bermain, anak akan belajar mengenal dan memprediksi masa dewasanya kelak. Untuk itu, penulis berinisiatif untuk menulis makalah yang berjudul Permainan Roda Kehidupan sebagai salah satu permainan yang juga dapat mengembangkan aspek kognitif dan psikomotor anak nantinya.

1.2         Rumusan Masalah
Berdasarkan uraian latar belakang di atas, maka dapat diuraikan rumusan masalah sebagai berikut.
1)        Apakah yang dimaksud dengan Permainan Roda Kehidupan?
2)        Bagaimanakah cara memainkan Permainan Roda Kehidupan?
3)        Apakah makna dari Permainan Roda Kehidupan?

1.3         Tujuan Penulisan
Berdasarkan uraian rumusan masalah di atas, maka dapat diuraikan tujuan yang ingin dicapai dalam pembuatan karya tulis ini sebagai berikut.
1)        Menjelaskan tentang Permainan Roda Kehidupan.
2)        Menjelaskan cara memainkan Permainan Roda Kehidupan.
3)        Menjelaskan makna dari Permainan Roda Kehidupan.

1.4         Manfaat
Manfaat yang diharapkan dari adanya karya tulis ini yaitu agar pembaca dapat mengetahui lebih terperinci lagi tentang permainan roda kehidupan ini yang disusun sebagai tugas mata kuliah pendidikan jasmani yang nantinya dapat diajarkan untuk siswa sekolah dasar maupun kepada orang dewasa nantinya untuk tujuan tertentu.


BAB II
PEMBAHASAN

2.1     Pengertian Permainan Roda Kehidupan
          Permainan roda kehidupan merupakan permainan yang mengandalkan kerjasama regu/kelompok dalam menyelesaikan atau memenangkanya. Permainan ini termasuk jenis permainan untuk bertanding (game) yang dapat dijadikan sebuah kompetisi untuk mencari juara kekompakan dan kecepatan. Permainan beregu ini tentunya membutuhkan kerjasama yang tinggi antar masing-masing anggota kelompok.
          Sejarah adanya permainan ini tidak dapat dipastikan secara terperinci. Masyarakat sudah banyak yang mengenal permainan ini walaupun dengan nama dan alat yang berbeda, namun dengan cara bermain yang sama. Dalam acara-acara seperti Jambore, Persari, perkemahan, ataupun riang gembira permainan ini sering dimainkan karena sangat menarik dan mengandung nilai-nilai kehidupan.

2.2     Aturan Permainan Roda Kehidupan
Setiap permainan pasti memiliki aturan main tersendiri walaupun aturan tersebut tidak secara tertulis ditentukan. Aturan dan ketentuan tersebut dibuat agar permainan dapat berjalan dengan tertib namun tetap tidak akan menghilangkan kesan menarik dan hiburan dalam permainan tersebut. Berikut beberapa ketentuan yang harus diperhatikan dalam permainan roda kehidupan diantaranya.
þ  Jumlah regu yaitu antara 3 – 8 regu (dapat disesuaikan).
þ  Masing-masing regu berjumlah 8 – 12 orang anggota (dapat disesuaikan).
þ  Lamanya game ini yaitu sekitar 3 – 5 menit (tidak mutlak).
þ  Tempat bermain dapat dilakukan di dalam maupun di luar ruangan, seperti di halaman, lapangan, ataupun di dalam aula.
þ  Alat yang digunakan yaitu sebuah roda yang memiliki ketebalan tidak lebih dari 6 cm ataupun dapat menggunakan hola hop.
þ  Masing-masing regu harus diawasi seorang panitia yang bertugas mencatat jumlah putaran roda pada lingkaran manusia yang telah berhasil dilakukan.
þ  Harus ada seorang (wasit) yang menentukan waktu dimulai dan berakhirnya permainan.
þ  Lingkaran manusia tidak boleh putus selama jalannya permainan.

2.3     Tata Cara Permainan Roda Kehidupan
Masing-masing regu yang telah terbentuk harus membentuk lingkaran kecil yaitu dengan cara tangan saling menyilang. Jarak antar regu yang satu dengan regu lainnya diatur sedemikian rupa agar tidak saling mengganggu jalannya permainan. Setiap regu diawasi seorang panitia sebagai wasit regu untuk mengawasi putaran roda. Kemudian tiap regu diberikan roda/hula hop dan dimasukkan ke tangan salah seorang anggota regu. Tangan anggota regu yang dimasukkan pertama menjadi patokan untuk jumlah putaran roda yang berhasil dilakukan.
Gambar 1. Lingkaran manusia
Wasit umum menyampaikan aturan dalam permainan tersebut. Setelah itu waktu dimulai bersamaan dengan peluit dibunyikan. Selama jalannya permainan wasit regu selalu mengawasi dan mencatat perputaran roda dalam lingkaran manusia. Setelah 5 menit (dapat menyesuaikan), peluit kembali dibunyikan tanda berakhirnya permainan. Kemudian wasit regu menyampaikan putaran yang berhasil dilakukan regu mereka masing-masing. Regu yang jumlah putarannya paling banyak merupakan pemenang game ini.
Gambar 2. Jalannya permainan roda kehidupan

2.4         Makna Permainan Roda Kehidupan
Dalam game roda kehidupan mengandung suatu makna yang sangat dalam berkaitan dengan kehidupan yang kita jalani sehari-hari atau dapat dikatakan merupakan analogi (persamaan) dari makna kehidupan yaitu sebagai berikut.
1)        Roda/hula hop                           : nasib seseorang
2)        Lingkaran manusia                    : perjalanan hidup
3)        Anggota kelompok                    : tantangan dan rintangan yang beragam
4)        Mendorong roda/hula hop         : usaha kita
5)        Kecepatan                                  : strategi dan taktik yang baik
Jadi makna permainan roda kehidupan merupakan sebuah perjalanan hidup seseorang dimana ada saat-saat orang tersebut mengalami kesulitan dalam menghadapi tantangan hidup yang beragam bentuknya. Perjalanan tidak selalu mulus sampai akhir, namun dengan usaha tertentu kita dapat melewatinya.

2.5         Tujuan dan Manfaat Permainan Roda Kehidupan
Dalam setiap permainan, pasti ada hal-hal positif yang dapat dipetik. Begitu juga dengan permainan roda kehidupan ini. Tujuan dan manfaat dari permainan roda kehidupan antara lain:
1)        Membangun kerjasama dan kekompakan antar anggota kelompok.
2)        Dapat menjalin hubungan persahabatan antar anggota kelompok.
3)        Mengembangkan kemampuan menyusun strategi dan teknik dalam bermain.
4)        Dapat belajar untuk berkomunikasi dengan anggota lainnya.
5)        Mengembangkan kemampuan berpikir dan bersikap secara mandiri dan mengembangkan kontrol diri. Hal ini mengacu pada kemampuan kognitif dan emosional.
6)        Membantu perkembangan fisik-motorik kasar anak yang melibatkan koordinasi sebagian besar tubuh.
7)        Sebagai sarana hiburan, baik bagi yang terlibat bermain maupun yang  menonton karena permainan yang menarik.

BAB III
PENUTUP

3.1     Simpulan
Berdasarkan pembahasan di atas, maka dapat ditarik simpulan-simpulan sebagai berikut.
1)        Permainan Roda Kehidupan merupakan permainan untuk bertanding (game) yang mengandalkan kecepatan dan kerjasama regu dalam menyelesaikan atau memenangkanya.
2)        Cara memainkan Permainan Roda Kehidupan yaitu dengan sebuah roda/hula hop yang harus dimasuki oleh masing-masing anggota kelompok dalam lingkaran kecil hingga waktu yang telah ditentukan habis.
3)        Makna yang terkandung dalam Permainan Roda Kehidupan yaitu bagaimana strategi dan taktik kita dalam melalui perjalanan kehidupan yang penuh tantangan.

3.2     Saran
          Permainan roda kehidupan ini merupakan permainan yang memerlukan kerjasama dan kekompakan yang tinggi antar anggota kelompok. Untuk itu permainan ini sangat baik dimainkan dalam acara-acara pertemuan yang sifatnya kebersamaan dan melibatkan orang-orang baik yang sudah saling mengenal maupun belum mengenal satu sama lain.

DAFTAR PUSTAKA

Anonim. 2011. Permainan yang Mengandung Makna Kehidupan. tersedia pada. http://aa-bisnisonline287.blogspot.com/2012/10/sebuah-game-permainan-yang-memberikan.html. diakses tanggal 10 Mei 2013

Simanjuntak, Viktor, dkk. 2008. Pendidikan Jasmani dan Kesehatan. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Departemen Pendidikan Nasional.

Pengalaman Pribadi J

Tidak ada komentar:

Posting Komentar