BAB
I
PENDAHULUAN
1.1
Latar
Belakang
Pada masa pertumbuhan, anak-anak,
akan mencoba untuk mengeksploitasi sekitar dengan bermain. Dalam hal ini anak
akan bermain menggunakan panca indra yang dimiliki dan terkadang sangat asyik
seolah tidak mengabaikan lingkungan sekitar. Pada tahap perkembangan
selanjutnya anak akan ditempatkan pada lingkungan sosial. Pada tahap permainan,
yang dilakukan anak akan menjadi lebih komplek dan melibatkan orang lain. Untuk
bermain dengan orang lain anak harus siap dengan resiko dari permainan yang
dimungkinkan akan memberi pengalaman menyenangkan dan tidak menyenangkan. Hal
ini dimaksudkan bahwa pengalaman menyenangkan adalah permainan yang berhubungan
dengan permainan menang kalah, atau permainan yang menunjukkan si kuat dan si
lemah (Viktor Simanjuntak, dkk: 2008).
Permainan adalah
sesuatu yang dimainkan untuk bermain yang bertujuan untuk memperoleh
kesenangan. Permainan dibagi atas dua yaitu permainan untuk bermain (play) dan permainan untuk bertanding (game). Permainan dalam bentuk bermain (play) dilakukan guna mengisi waktu luang
dan bersifat hiburan yang pada umumnya dilakukan anak-anak (Suherman, dkk).
Sedangkan permainan untuk bertanding (game)
dimaksudkan untuk mengejar juara dalam suatu permainan/kompetisi. Game bertujuan untuk mencari pihak pemenang
dan pihak lain yang kalah tentunya dengan sikap yang sportif.
Bentuk-bentuk permainan
merupakan modifikasi kecil dari kegiatan yang dilakukan oleh orang dewasa.
Dengan permainan, anak belajar menjadi manusia. Setiap permainan memiliki
sasaran dan tujuan masing-masing. Bermain merupakan wahana untuk belajar
mengenal lingkungan dan sekitarnya. Dengan bermain, anak akan belajar mengenal
dan memprediksi masa dewasanya kelak. Untuk itu, penulis berinisiatif untuk menulis
makalah yang berjudul Permainan Roda
Kehidupan sebagai salah satu permainan yang juga dapat mengembangkan aspek
kognitif dan psikomotor anak nantinya.
1.2
Rumusan
Masalah
Berdasarkan uraian latar
belakang di atas, maka dapat diuraikan rumusan masalah sebagai berikut.
1)
Apakah yang dimaksud dengan Permainan Roda
Kehidupan?
2)
Bagaimanakah cara memainkan Permainan Roda
Kehidupan?
3)
Apakah makna dari Permainan Roda Kehidupan?
1.3
Tujuan
Penulisan
Berdasarkan uraian rumusan
masalah di atas, maka dapat diuraikan tujuan yang ingin dicapai dalam pembuatan
karya tulis ini sebagai berikut.
1)
Menjelaskan tentang Permainan Roda Kehidupan.
2)
Menjelaskan cara memainkan Permainan Roda
Kehidupan.
3)
Menjelaskan makna dari Permainan Roda
Kehidupan.
1.4
Manfaat
Manfaat yang diharapkan dari adanya
karya tulis ini yaitu agar pembaca dapat mengetahui lebih terperinci lagi
tentang permainan roda kehidupan ini yang disusun sebagai tugas mata kuliah
pendidikan jasmani yang nantinya dapat diajarkan untuk siswa sekolah dasar
maupun kepada orang dewasa nantinya untuk tujuan tertentu.
BAB
II
PEMBAHASAN
2.1 Pengertian Permainan Roda Kehidupan
Permainan roda
kehidupan merupakan permainan yang mengandalkan kerjasama regu/kelompok dalam
menyelesaikan atau memenangkanya. Permainan ini termasuk jenis permainan untuk
bertanding (game) yang dapat
dijadikan sebuah kompetisi untuk mencari juara kekompakan dan kecepatan.
Permainan beregu ini
tentunya membutuhkan kerjasama yang tinggi antar masing-masing anggota
kelompok.
Sejarah
adanya permainan ini tidak dapat dipastikan secara terperinci. Masyarakat sudah
banyak yang mengenal permainan ini walaupun dengan nama dan alat yang berbeda,
namun dengan cara bermain yang sama. Dalam acara-acara seperti Jambore,
Persari, perkemahan, ataupun riang gembira permainan ini sering dimainkan
karena sangat menarik dan mengandung nilai-nilai kehidupan.
2.2 Aturan Permainan Roda Kehidupan
Setiap permainan pasti memiliki aturan main tersendiri
walaupun aturan tersebut tidak secara tertulis ditentukan. Aturan dan ketentuan
tersebut dibuat agar permainan dapat berjalan dengan tertib namun tetap tidak
akan menghilangkan kesan menarik dan hiburan dalam permainan tersebut. Berikut
beberapa ketentuan yang harus diperhatikan dalam permainan roda kehidupan
diantaranya.
þ Jumlah regu yaitu antara 3 – 8 regu
(dapat disesuaikan).
þ Masing-masing regu berjumlah 8 – 12
orang anggota (dapat disesuaikan).
þ Lamanya game ini yaitu sekitar 3 – 5
menit (tidak mutlak).
þ Tempat bermain dapat dilakukan di
dalam maupun di luar ruangan, seperti di halaman, lapangan, ataupun di dalam
aula.
þ Alat yang digunakan yaitu sebuah
roda yang memiliki ketebalan tidak lebih dari 6 cm ataupun dapat menggunakan hola
hop.
þ Masing-masing regu harus diawasi
seorang panitia yang bertugas mencatat jumlah putaran roda pada lingkaran
manusia yang telah berhasil dilakukan.
þ Harus ada seorang (wasit) yang
menentukan waktu dimulai dan berakhirnya permainan.
þ Lingkaran manusia tidak boleh putus
selama jalannya permainan.
2.3 Tata Cara Permainan Roda Kehidupan
Masing-masing
regu yang telah terbentuk harus membentuk lingkaran kecil yaitu dengan cara
tangan saling menyilang. Jarak antar regu yang satu dengan regu lainnya diatur sedemikian
rupa agar tidak saling mengganggu jalannya permainan. Setiap regu diawasi
seorang panitia sebagai wasit regu untuk mengawasi putaran roda. Kemudian tiap
regu diberikan roda/hula hop dan dimasukkan ke tangan salah seorang anggota
regu. Tangan anggota regu yang dimasukkan pertama menjadi patokan untuk jumlah
putaran roda yang berhasil dilakukan.
Gambar
1.
Lingkaran manusia
Wasit
umum menyampaikan aturan dalam permainan tersebut. Setelah itu waktu dimulai
bersamaan dengan peluit dibunyikan. Selama jalannya permainan wasit regu selalu
mengawasi dan mencatat perputaran roda dalam lingkaran manusia. Setelah 5 menit
(dapat menyesuaikan), peluit kembali dibunyikan tanda berakhirnya permainan.
Kemudian wasit regu menyampaikan putaran yang berhasil dilakukan regu mereka
masing-masing. Regu yang jumlah putarannya paling banyak merupakan pemenang
game ini.
Gambar
2. Jalannya
permainan roda kehidupan
2.4
Makna
Permainan Roda Kehidupan
Dalam
game roda kehidupan mengandung suatu makna yang sangat dalam berkaitan dengan
kehidupan yang kita jalani sehari-hari atau dapat dikatakan merupakan analogi
(persamaan) dari makna kehidupan yaitu sebagai berikut.
1)
Roda/hula hop :
nasib seseorang
2)
Lingkaran manusia : perjalanan
hidup
3)
Anggota kelompok : tantangan
dan rintangan yang beragam
4)
Mendorong roda/hula hop : usaha kita
5)
Kecepatan : strategi dan taktik yang baik
Jadi
makna permainan roda kehidupan merupakan sebuah perjalanan hidup seseorang
dimana ada saat-saat orang tersebut mengalami kesulitan dalam menghadapi
tantangan hidup yang beragam bentuknya. Perjalanan tidak selalu mulus sampai
akhir, namun dengan usaha tertentu kita dapat melewatinya.
2.5
Tujuan
dan Manfaat Permainan Roda Kehidupan
Dalam
setiap permainan, pasti ada hal-hal positif yang dapat dipetik. Begitu juga
dengan permainan roda kehidupan ini. Tujuan dan manfaat dari permainan roda
kehidupan antara lain:
1)
Membangun kerjasama dan kekompakan antar
anggota kelompok.
2)
Dapat menjalin hubungan persahabatan
antar anggota kelompok.
3)
Mengembangkan kemampuan menyusun
strategi dan teknik dalam bermain.
4)
Dapat belajar untuk berkomunikasi dengan
anggota lainnya.
5)
Mengembangkan
kemampuan berpikir dan bersikap secara mandiri dan mengembangkan kontrol diri.
Hal ini mengacu pada kemampuan kognitif dan emosional.
6)
Membantu
perkembangan fisik-motorik kasar anak yang melibatkan koordinasi sebagian besar
tubuh.
7)
Sebagai
sarana hiburan, baik bagi yang terlibat bermain maupun yang menonton karena permainan yang menarik.
BAB III
PENUTUP
3.1 Simpulan
Berdasarkan
pembahasan di atas, maka dapat ditarik simpulan-simpulan sebagai berikut.
1)
Permainan Roda Kehidupan merupakan permainan
untuk bertanding (game) yang mengandalkan kecepatan dan kerjasama regu dalam
menyelesaikan atau memenangkanya.
2)
Cara memainkan Permainan Roda Kehidupan yaitu
dengan sebuah roda/hula hop yang harus dimasuki oleh masing-masing anggota
kelompok dalam lingkaran kecil hingga waktu yang telah ditentukan habis.
3)
Makna yang terkandung dalam Permainan Roda
Kehidupan yaitu bagaimana strategi dan taktik kita dalam melalui perjalanan
kehidupan yang penuh tantangan.
3.2 Saran
Permainan roda kehidupan ini
merupakan permainan yang memerlukan kerjasama dan kekompakan yang tinggi antar
anggota kelompok. Untuk itu permainan ini sangat baik dimainkan dalam
acara-acara pertemuan yang sifatnya kebersamaan dan melibatkan orang-orang baik
yang sudah saling mengenal maupun belum mengenal satu sama lain.
DAFTAR PUSTAKA
Anonim.
2011. Permainan yang Mengandung Makna
Kehidupan. tersedia pada. http://aa-bisnisonline287.blogspot.com/2012/10/sebuah-game-permainan-yang-memberikan.html. diakses tanggal 10 Mei 2013
Simanjuntak,
Viktor, dkk. 2008. Pendidikan Jasmani dan
Kesehatan. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Departemen
Pendidikan Nasional.
Pengalaman
Pribadi J
Tidak ada komentar:
Posting Komentar