Minggu, 05 Januari 2014

permainan borgol pasangan

BAB I
PENDAHULUAN

1.1  Latar Belakang
Olahraga merupakan suatu kegiatan jasmani yang dilakukan dengan maksud untuk memelihara kesehatan dan memperkuat otot – otot tubuh. Dalam perkembangannya kegiatan ini dapat dilakukan sebagai kegiatan yang menghibur, menyenangkan atau juga dilakukan dengan tujuan untuk meningkatkan prestasi. Olahraga sangat penting diketahui jenis-jenis dan manfaatnya oleh masyarakat. Guna menciptakan atlet-atlet handal yang mampu mengharumkan nama bangsa dan dirinya sendiri.
Berbagai jenis olahraga  ada di dunia dan tentu saja peminatnya juga banyak. Olahraga memang menjadi salah satu kegiatan yang wajib ada dikurikulum sekolah. Ini membuktikan pengetahuan mengenai olahraga wajib dimiliki oleh manusia. Masyarakat mempunyai apresiasi yang tinggi terhadap perkembangan dunia olahraga. Olahraga sudah menempati posisi yang penting dalam kehidupan sehari – hari.
Banyak contoh permainan yang menarik dalam olahraga. Salah satu permainan yang menarik perhatian anak-anak dan remaja adalah permainan borgol pasangan. Permainan ini sebagai usaha dari anak-anak atau orang dewasa untuk mengisi waktu luangnya.  Permainan ini dimainkan oleh seorang laki-laki dan seorang perempuan, kemudian pergelangan tangan kedua pemain diikat dengan menggunakan tali atau pita seperti borgol yang diposisikan menyilang. Sehingga permainan ini disebut permainan borgol pasangan.

1.2  Rumusan Masalah
Berdasarkan uraian latar belakang diatas, maka dapat diuraikan rumusan masalah sebagai berikut.
  1. Bagaimana riwayat permainan borgol pasangan?
  2. Berapa banyak jumlah pemain dalam permainan borgol pasangan?
3.      Apakah sarana dan prasarana dalam permainan borgol pasangan?
4.      Bagaimana pelaksanaan permainan borgol pasangan?
5.      Apakah manfaat permainan borgol pasangan?

1.3  Tujuan
Berdasarkan uraian rumusan masalah diatas, maka dapat diuraikan tujuan yang ingin dicapai dalam pembuatan makalah ini sebagai berikut.
1.      Untuk mengetahui riwayat permaianan borgol pasangan.
2.      Untuk mengetahui banyaknya jumlah pemain dalam permainan borgol pasangan.
3.      Untuk mengetahui sarana dan prasarana dalam permainan borgol pasangan.
4.      Untuk mengetahui pelaksanaan permainan borgol pasangan.
5.      Untuk mengetahui manfaat permainan borgol pasangan.

1.4  Manfaat
Manfaat yang diharapkan dari luaran karya tulis ini sebagai berikut.
1.      Bagi Mahasiswa
Mampu dipahaminya riwayat, jumlah pemain, sarana prasarana, manfaat dan pelaksanaan permainan borgol pasangan. Sehingga mampu mempraktikkan secara langsung permainan tersebut.
2.      Bagi Penulis
Menambah pemahaman mengenai riwayat, jumlah pemain, sarana prasarana, manfaat dan pelaksanaan permainan borgol pasangan untuk dapat dilakukan implementasi dalam konteks belajar mengajar di bangku perkuliahan.
3.      Bagi Pembaca
Menambah wawasan baru mengenai riwayat, jumlah pemain, sarana prasarana, manfaat dan pelaksanaan permainan borgol pasangan dalam konteks pembelajaran.



BAB II
PEMBAHASAN

2.1  Riwayat
Untuk mempererat persahabatan dan mengisi waktu luang, diadakan permainan yang dinamakan borgol pasangan. Sesuai dengan nama permainan ini, permainan dilakukan oleh 2 orang yaitu seorang laki-laki dan seorang perempuan yang kedua tangannya diikat menyilang. Kedua pergelangan tangan laki-laki dan perempuan diikat menyilang seperti borgol dengan menggunakan tali atau pita. Kemudian pemain akan berusaha melepas ikatan yang menyilang tanpa melepaskan ikatan yang ada pada pergelangan tangan mereka. Cara melepas ikatan boleh dengan menggunakan cara apapun dengan syarat ikatan pada pergelangan tangan tidak boleh terlepas baik itu ikatan pada pergelangan tangan laki-laki maupun pergelangan tangan perempuan.

2.2  Pemain
Permainan ini dapat dimainkan oleh remaja dan anak-anak. Jumlah pemain dalam permainan ini adalah 2 orang yaitu seorang laki-laki dan seorang perempuan.

2.3  Sarana dan Prasarana
1.      Sarana
Alat-alat yang diperlukan dalam permainan ini adalah tali atau pita yang digunakan untuk mengikat pergelangan tangan. Selain itu juga diperlukan alat untuk mencatat waktu. Dalam permainan ini dapat menggunakan pakaian bebas. Tetapi sebaiknya pemain dapat mempergunakan pakaian yang mudah untuk bergerak.
2.      Prasarana
Permainan ini dapat dimainkan di dalam ruangan maupun di lingkungan seperti di halaman rumah, halaman sekolah, dan lapangan lapangan. Jarak antara pemain yang satu dengan pemain yang lainnya berjarak 1,5 sampai 2 meter agar pada saat bermain pemain yang satu dengan pemain yang lain tidak berbenturan.

2.4  Pelaksanaan
1.      Peraturan
Pemain permainan ini 2 orang yaitu seorang laki-laki dan seorang perempuan. Dapat dikategorikan berdasarkan umur. Anak-anak umurnya mulai dari 7 tahun sampai dengan 13 tahun dan untuk orang dewasa umurnya dapat lebih dari 14 tahun. Dalam permainan ini diperlukan pemikiran yang baik bagi peserta sehingga dengan pemikiran itu peserta dapat melepas tali yang menyilang tanpa melepaskan ikatan tali yang diikat pada pergelangan tangannya. Peserta dinyatakan gugur jika peserta tidak dapat melepaskan ikatan tali yang menyilang tersebut dalam waktu 10 menit.  Selain itu juga peserta dinyatakan gugur apabila peserta membuka ikatan tali dengan cara melepas atau membuka ikatan yang ada dipergelangan tangan.
2.      Jalannya Permainan
Cara memainkan permainan ini yaitu pertama-tama memilih peserta yang akan memainkan permainan ini yaitu seorang laki-laki dan seorang perempuan. Jumlah pemain sebanyak 5 pasang yaitu 5 laki-laki dan 5 perempuan. Kemudian kedua pergelangan tangan pemain diikat dengan menggunakan tali atau pita seperti borgol. Tali atau pita yang diikatkan tersebut diposisikan menyilang. Setelah ada aba-aba ya, baru peserta (pemain) berusaha melepaskan tali atau pita yang posisinya menyilang tersebut tanpa harus membuka ikatan tali atau pita yang diikatkan pada kedua pergelangan tangan pemain.

3.      Wasit
Umumnya jumlah wasit lebih dari 1 orang. Salah satu wasit memberikan aba-aba. Kemudian ada wasit yang bertugas mencatat waktu dan hal-hal yang menyebabkan peserta dinyatakan gugur.

2.5  Manfaat
Adapun manfaat permainan ini yaitu:
1.      Untuk mempererat persahabatan.
2.      Untuk mengisi waktu luang.
3.      Untuk memupuk sikap sportif sejak dini.
4.      Untuk mengembangkan sikap bekerja sama dengan teman.



BAB III
PENUTUP

3.1  Simpulan
Berdasarkan pembahasan di atas, maka dapat ditarik simpulan-simpulan sebagai berikut.
1.      Riwayat permainan borgol pasangan adalah permaian borgol pasangan digunakan untuk mempererat persahabatan dan mengisi waktu luang yang dimainkan oleh 2 orang pemain laki-laki dan perempuan. Kedua pergelangan tangan pemain diikat seperti borgol dengan menggunakan tali atau pita.
2.      Banyak jumlah pemain dalam permainan borgol pasangan adalah 2 orang yaitu seorang laki-laki dan seorang perempuan.
3.      Sarana dan prasarana dalam permainan borgol pasangan adalah memerlukan alat untuk mengikat pergelangan tangan yaitu tali atau pita dan alat untuk mencatat waktu. Pakaian yang digunakan bebas. Permainan ini dapat dilakukan di dalam ruangan maupun diluar ruangan seperti di halaman rumah, halaman sekolah, lapangan dan lain-lain.
4.      Pelaksanaan permainan borgol pasangan adalah permaian dikoordinasikan oleh wasit. Kedua pergelangan tangan setiap pasang diikat dengan posisi tali yang menyilang. Pada saat aba-aba ya peserta berusaha melepas tali yang posisinya menyilang tanpa melepaskan ikatan pada kedua pergelangan tangannya.
5.      Manfaat permainan borgol pasangan adalah untuk mempererat persahabatan, mengisi waktu luang, memupuk sikap sportif sejak dini dan untuk mengembangkan sikap bekerja sama dengan teman.

3.2  Saran
Makalah ini dapat diharapkan  menambah wawasan dan pengetahuan siswa tentang salah satu permainan borgol pasangan. Agar pembaca maupun pendengar dapat langsung dengan mudah memahami seluk-beluk tentang permainan borgol pasangan.

DAFTAR PUSTAKA

Subandi. 1991. Olahraga Tradisional Di Daerah Bali. Denpasar: Pemerintah Daerah Tingkat I Bali KONI Propinsi Daerah Tingkat I Bali.



 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar