Minggu, 05 Januari 2014

permainan estafet botol



BAB I
PENDAHULUAN

1.1  Latar Belakang
Pendidikan jasmani sangat erat kaitannya dengan aktivitas jasmani ataupun aktivitas fisik. Namun kegiatan yang melibatkan fisik yang tergolong pendidikan jasmani ini tentunya memiliki tujuan dan manfaat yang ingin dicapai. Ketika kegiatan fisik itu tidak memiliki tujuan dan manfaat yang ingin dicapai, maka aktivitas fisik itu tidak dapat digolongkan kedalam pendidikan jasmani. Pendidikan jasmani sendiri dapat diartikan suatu proses pendidikan yang memanfaatkan aktivitas jasmani yang direncanakan secara sistematik bertujuan untuk mengembangkan dan meningkatkan individu secara organik, neuromuskuler, perseptual, kognitif, dan emosional, dalam kerangka sistem pendidikan nasional.
Dalam hal ini, pendidikan jasmani disini difokuskan  unuk anak sekolah dasar. Pendidikan jasmani untuk anak sekolah dasar bisa diterapkan melalui berbagai cara, bisa melalui aktivitas fisik yang ringan seperti lari dan pemanasan maupun melalui permainan yang menyenangkan. Permainan dalam pendidikan jasmani harus permainan yang melibatkan aktivitas fisik. Sebab permainan yang tidak melibatkan aktivitas fisik tidak dapat digolangkan kedalam pendidikan jasmani. Salah satu permainan yang dapat digunakan untuk mengajarkan pendidikan jasmani adalah permainan estafet botol. Permainan ini dapat digolongkan kedalam pendidikan jasmani, sebab permainan ini mengharuskan siswa melakukan aktivitas fisik.
Permainan estafet botol merupakan permainan yang menggunakan botol sebagai inti permainan. Permainan ini melibatkan beberapa kelompok yang terdiri dari beberpa anak dalam tiap kelompoknya. Permaian estafet botol kali ini berbeda dengan permainan estafet botol pada umumnya. Itu dikarenakan permainan estafet botol kali ini dikombinasikan dengan menambahkan kuda mata tertutup dan joki yang menunggangi kuda. Permainan ini bisa dimainkan dilapangan terbuka tetapi dengan lapangan yang luas. Sebab permainan ini membutuhkan lapangan atau tempat bermain yang luas. Permainan estafet botol ini merupakan permainan yang dapat digolongkan kedalam permainan modern. Sebab dalam permainan tradisional tidak ada yang namanya estafet botol. Sehingga permainan ini merupakan salah satu permainan modern.

1.2  Rumusan Masalah
Berdasarkan latar belakang di atas, penulis mengajukan rumusan masalah sebagai berikut.
1)      Bagaimanakah permainan estafet botol itu serta aspek-aspek yang terkandung didalamnya?

1.3  Tujuan Penulis
Berdasarkan permasalahan yang dirumuskan di atas, tujuan pembuatan karya tulis ini adalah sebagai berikut.
1)      Mendeskripsikan permainan estafet botol itu beserta aspek-aspek yang terkandung didalamnya.

1.4  Manfaat Penulisan
Adapun manfaat dari pembuatan karya tulis ini adalah sebagai berikut.
1)      Bagi Pembaca
Pembaca dapat menambah wawasan tentang permainan yang dapat digunakana untuk mengajarkan pendidikan jasmani pada anak SD.
2)      Bagi Penulis
Penulis dapat menambah wawasan dan pemahaman lebih mendalam tentang permainan yang dapat digunakan untuk mengajarkan prndidikan jasmani untuk anak SD.
3)      Bagi Mahasiswa PGSD
Melalui karya tulis ini  mahasiswa PGSD dapat menambah wawasan dan memiliki pengetahuan yang lebih mendalam mengenai permainan yang dapat digunakan untuk mengajarkan pendidikan jasmani nantinya ketika sudah menjadi guru.


BAB II
PEMBAHASAN

2.1  Permainan Estafet Botol
Permainan Estafet Botol merupakan permainan yang menggunakan botol sebagai alat utamanya. Botol yang merupakan inti dari permainan diestafetkan sampai menuju kefinis. Permainan ini dimainkan oleh tiga tim, yang mana setiap tim terdiri dari tujuh orang. Lima orang dari masing-masing tim berbaris lurus untuk mengoper botol. Dua orang sisanya menunggu botol pada orang kelima dan membawanya menuju ke garis finis. Dua orang sisanya itu satu menjadi kuda dengan mata tertutup dan satunya lagi menjadi joki (penunggang kuda). Joki atau penunggang kuda mengarahkan kuda yang matanya tertutup itu sampai ke finis, kemudian menaruh botol yang diberikan oleh orang kelima kedalam tempat yang disediakan.
Permainan estafet botol mungkin sudah pernah dijumpai sebelumnya, tetapi permainan estafet botol kali ini dikombinasikan dengan mata kuda yang terturup dan ditunggangi oleh seorang joki sebagai pengarah kuda. Permainan ini dipimpin oleh dua orang wasit. Satu wasit berada dilintasan dan memantau jalannya permainan dan satu wasit lagi berada difinis.

2.1.1     Sarana Permainan
Adapun sarana dan prasarana yang dibutuhkan dalam permainan estafet botol ini adalah sebagai berikut.
a.    Botol sebanyak 15 buah
b.   Kain/selendang untuk menutup mata kuda
c.    Wadah/ember sebanyak 4 buah
d.   Tepung sebagai garis lintasan
e.    Peluit untuk wasit




2.1.2     Lapangan Permainan
Tim A
Tim B
Tim C
 














                                                            25 meter
Keterangan:
                          :  Wadah/ember tempat semua botol
a                        :  Tempat menaruh botol pada masing-masing tim
                          :  Kuda dengan mata tertutup dan joki
Tim A, B, C
                          :  Tempat berbaris setiap tim untuk melakukan estafet botol
                          :  Garis pembatas antar tim
2.1.3     Cara Bermain
Untuk memainkan permainan estafet botol ini dapat dilakukan dengan cara sebagai berikut.
a.    Pertama-tama bentuklah tiga tim dan setiap tim terdiri dari 7 orang.
b.   Lima orang dari setiap tim berbaris lulus dan dua orang sisanya menjadi kuda dan joki yang menunggu ditempat yang telah ditentukan.
c.    Peluit berbunyi orang pertama pada barisan mengambil satu buah botol pada wadah/tempat yang berada di start.
d.   Setelah mengambil botol, orang pertama kembali lagi kedalam barisan.
e.    Lalu orang pertama menjepit botol tersebut dengan kedua lututnya.
f.    Orang pertama memberikan botol kepada orang kedua dan orang kedua mengambil botol tersebut dengan cara menjepit menggunakan kedua lututnya juga.
g.   Hal ini berulang sampai orang kelima.
h.   Ketika botol sudah sampai di orang kelima, joki mengambil botol yang dijepit oleh orang kelima pada kedua lututnya tersebut kemudian bergegas menaiki kuda.
i.     Joki mengarahkan kuda menuju garis finis untuk menaruh botol di wadah/ember yang telah disediakan untuk masing-masing tim.
j.     Kegiatan ini berulang samapai botol yang berada di wadah awal habis.
2.1.4     Peraturan Permainan
Setiap permainan pastinya memiliki peraturan. Peraturan dari setiap permainan yang ada memiliki aturan yang berbeda satu sama lain tergantung dari jenis permainan itu sendiri. Permainan estafet botol memiliki peraturan sebagai berikut.
a.    Wasit merupakan pemimpin dari jalannya permainan, yang mana keputusan wasit tidak dapat diganggu gugat.
b.   Permainan dinyatakan dimulai apabila peluit sudah dibunyikan oleh wasit.
c.    Ketika botol jatuh ketanah pada saat estafet berlangsung, botol tersebut harus dikembalikan kepada orang pertama dan estafet mulai kembali dari orang pertama.
d.   Pada saat mengestafetkan botol ini, tidak boleh menggunakan tangan, ketika diketahui ada tim yang menggunakan tangan maka botol tersebut harus dikembalikan pada orang pertama dan estafet botol kembali dari orang pertama.
e.    Kuda dari masing-masing tim matanya harus ditutup dan posisi dari kuda masing-masing tim sejajar.
f.    Kuda tidak boleh keluar atau berpindah tempat pada saat joki mengambil botol  pada orang kelima.
g.   Ketika joki menaruh botol pada wadah yang telah disediakan untuk timnya. Apabila botol tidak ditaruh tepat pada wadah, maka botol tersebut tidak dihitung.
h.   Joki tidak boleh turun dari kuda pada saat menaruh botol.
i.     Setelah menaruh botol, kuda dan joki kembali pada tempatnya.
j.     Wasit pertama bertugas mengawasi jalannya permainan dan meniup peluit untuk memulai permainan. Sedangkan wasit kedua berada difinis untuk mengawasi kuda dan joki pada saat menaruh botol.
k.   Pemenang ditentukan berdasarkan jumlah botol yang dikumpulkan.
l.     Tim yang banyak mengumpulkan botol merupakan pemenang dan akan mendapatkan hadiah.
m. Bagi tim yang kalah akan mendapatkan sanksi, yang mana sanksi yang akan diterima diberikan dan ditentukan oleh tim yang menang.
2.1.5     Tujuan dan Manfaat
Setiap permainan atau kegiatan yang dilakukan tentunya memiliki tujuan dan manfaat. Tujuan dan manfaat ini pastinya mengarah pada hal yang positif. Demikian pula dengan permainan estafet botol ini yang memiliki tujuan dan manfaat yang poditif. Tujuan dan manfaat itu diantaranya:
a.    Mengembangkan sikap sportif, jujur, disiplin, bertanggung jawab, kerjasama, percaya diri, dan demokratis melalui aktivitas jasmani.
b.   Mengetahui dan memahami konsep aktivitas jasmani sebagai informasi untuk mencapai kesehatan, kebugaran dan pola hidup sehat.
c.    Meningkatkan interaksi antar sesama.
d.   Melatih konsentrasi.
e.    Menikmati kesenangan melalui aktivitas jasmani,




BAB III
PENUTUP
3.1   Simpulan
Permainan estafet botol merupakan permainan yang menggunakan botol sebagai inti dari permainan. Permainan ini dimainkan oleh 3 tim, yang mana setiap tim terdiri dari 7 orang. Sarana yang digunakan dalam permainan ini tidak terlalu banyak. Hanya diperlukan botol, wadah/ember, selendang/kain, tepung dan peluit. Permainan estafet botol ini dapat dimainkan dengan cara lima orang dalam setiap tim berbaris lurus kemudian dua orang sisanya menjadi kuda dan joki. Yang menjadi kuda matanya harus ditutup dengan selendang. Orang pertama pada barisan yang bertugas mengambil botol yang sudah diletakkan sebelumnya di garis start. Setelah itu orang pertama ini memberikan botol kepada orang kedua dengan cara menjepit botol itu dengan kedua lututnya dan orang kedua mengambil botol yang diberikan itu juga dengan cara menjepit botol dengan kedua lututnya, sampai pada orang kelima. Setelah botol sampai pada orang kelima, yang bertugas menjadi joki mengambil botol yang dijepit oleh orang kelima dengan menggunakan lututnya. Ketika botol sudah diambil oleh joki, maka joki harus bergegas menaiki kuda dan mengarahkan kuda kefinis untuk menaruh botol pada wadah yang disediakan untuk masing-masing tim. Begitulah seterusnya sampai botol yang ada pada wadah digaris start habis.
Estafet botol merupakan permainan yang sudah lumrah dikalangan anak-anak. Namun kali ini permainan ini dimodifikasi sedemikian rupa agar lebih menyenangkan dan menarik. Permainan ini memiliki beberapa peraturan yang harus diikuti dan ditaat. Itu dikarenakan setiap permainan pastinya memiliki peraturan dan peraturannya tergantun dari permainan apa yang dimainkan. Karena permainan botol ini merupakan permainan yang dimodifikasi, jadi aturannya pun dimodifikasi. Selain aturan yang dimiliki oleh setiap permainan, permainan juga memiliki tujuan dan manfaat. Tujuan dan manfaat dari permainan ini tentunya positif. Sebab tujuan dan manfaat permainan estafet botol ini diantaranya dapat mengembangkan sikap sportif, jujur, disiplin, bertanggung jawab, dan kerjasama dari setiap anak. Disamping itu melalui permainan ini anak mendapatkan kesenangan.
3.2   Saran
Dengan diselesaikannya makalah ini diharapkan dapat menambah materi atau refrensi bagi guru maupun calon guru dalam menerapkan atau mengajarkan pendidikan jasmani di Sekolah Dasar. Pendidikan jasmani tidak harus hanya pemanasan dan lari keliling lapangn saja, namun pendidikan jasmani bisa dikemas melalui permainan yang menyenangkan. Permain ini juga harus mengandung unsur-unsur yang ada pada pendidikan jasmani. Sehingga penulis menyarankan agar guru maupun calon guru bisa membaca karya tulis ini untuk refrensi dalam mengajarkan pendidikan jasmani di Sekolah Dasar.
       
       

Tidak ada komentar:

Posting Komentar