BAB I
PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang
Masalah
Dalam kehidupannya, manusia memerlukan sesuatu yang bisa
memberikan kepuasan batin. Beberapa orang bahkan rela mengeluarkan biaya besar
hanya untuk sekedar menikmati pemandangan dan suasana yang bisa memberikan
kepuasan batin. Kebutuhan bermain dan mencari keceriaan merupakan kebutuhan
yang mendasar pada manusia. Dunia bermain adalah dunia yang penuh warna dan
menyenangkan. Para pelaku permainan akan merasa terhibur dan senang setelah
melakukan suatu permainan. Dari kata “bermain” saja sudah menunjukkan bahwa
kegiatan ini berdampak memberikan penyegaran pikiran dari berbagai aktivitas
yang menjenuhkan.
Dalam setiap diri manusia, baik anak-anak maupun orang dewasa
pasti memiliki hasrat untuk bermain. Seperti halnya kebutuhan bersosialisasi
dan berkelompok, bermain merupakan hasrat yang mendasar pada diri manusia.
Anak-anak ingin bermain karena pada saat itulah mereka mendapatkan berbagai
pengalaman lewat bemain melalui eksplorasi alam di sekitarnya. Dari kegiatan tersebut,
mereka dapat mengenal alam dan teman sepermainan dalam suasana yang
menyenangkan. Seiring dengan kemampuan berkomunikasi, anak menikmati
permainan-permainan yang dikenalkan oleh orang dewasa. Permainan apapun akan
dianggap menarik oleh seorang anak. Anak akan mengulang dan mengulang permainan
yang telah dipelajari, apabila menemui hal yang baru dia akan mencoba hal baru
tersebut tanpa memikirkan apakah akan berhasil atau tidak. Anak kecil memiliki
kelemahan dalam hal konsentrasi, anak tidak dapat mempertahankan konsentrasi
dalam waktu yang lama, sehingga anak akan sulit untuk diajari dan cenderung
akan mengulang permainan-permainan yang disenangi. Setelah anak mengenal
sosialisasi dan memiliki keterampilan dasar motorik anak akan senang dengan permainan
yang bersifat aktif dan imajinatif. Permainan kejar-kejaran atupun petak umpet
adalah permainan favorit anak sampai memasuki usia sekolah dasar kecil (kelas
bawah). Yang perlu menjadi catatan bahwa anak sangat peka dengan musik. Dengan
kemampuan alami dibidang imajinasi anak dapat secara otomatis mengikuti irama
dan menciptakan gerakan atupun nyanyian yang baru berdasarkan imajinasi mereka.
Secara
fisik dengan bermain anak melibatkan seluruh anggota tubuh untuk bergerak.
Dengan bergerak maka anak mendapat rangsangan sehingga organ tubuh akan
mengalami rangsangan dan membawa efek yang bagus untuk pertumbuhan badan.
Secara konseptual permainan memberi efek mengembangkan keterampilan untuk
memiliki ataupun meningkatkan bahkan pengayaan kemampuan gerak (maturasi). Bagi
anak belajar itu adalah bermain dan bermain adalah belajar. Banyak pesan
positif terkandung dari setiap permainan. Secara umum, permainan adalah sesuatu
yang dimainkan untuk bermain yang bertujuan untuk memperoleh kesenangan. Namun
beberapa anak mungkn merasa kurang memperoleh kesenangan karena permainan yang
berkembang di masyarakat dirasa kurang menantang baik itu permainan modern
maupun permainan tradisional. Maka dari itu penulis merancang sebuah permainan
yang terinspirasi dari olahraga lari estafet yaitu estafet bola yang dapat
memberikan kesenangan batin bagi pemainnya.
1.2 Rumusan Masalah
Sesuai
dengan latar belakang masalah yang dipaparkan di atas, maka dapat dirumuskan
permasalahan sebagai berikut.
1) Apa yang dimaksud dengan
permainan estafet bola?
2) Apa sarana dan prasarana
yang diperlukan dalam permainan estafet bola?
3) Bagaimana aturan
permainan estafet bola?
4) Bagaimana jalan
permainan estafet bola?
1.3 Tujuan
Berdasarkan
rumusan masalah di atas,
adapun tujuan penulisan makalah ini adalah sebagai berikut.
1) Untuk mengetahui yang
dimaksud dengan permainan estafet bola.
2) Untuk mengetahui sarana
dan prasarana yang diperlukan dalam permainan estafet bola.
3) Untuk mengetahui dan
memahami aturan permainan estafet bola.
4) Untuk engetahui dan
memahami jalan permainan estafet bola
1.4 Manfaat
Adapun manfaat yang
diharapkan dari penulisan
makalah ini adalah sebagai berikut.
1)
Bagi mahasiswa
Makalah ini diharapkan dapat menjadi salah satu sumber referensi
mahasiswa untuk menambah pengetahuannya mengenai permainan estafet bola.
2)
Bagi penulis
Melalui makalah ini penulis dapat
memenuhi salah satu tugas dalam mata kuliah Pendidikan Jasmani.
BAB
II
PEMBAHASAN
2.1 Definisi
Permainan
estafet bola merupakan suatu permainan yang dirancang oleh penulis yang mana
permainan ini merupakan modifikai dari olahraga lari estafet. Pada permainan
ini, benda yang digunakan bukanlah patok melainkan bola tenis yang dilempar
secara estafet namun ditangkap dengan menggunakan kaos yang dikenakan peserta.
Itulah sebabnya permainan ini dinamakan permainan estafet bola. Permainan ini
dilaksanakan di luar ruangan (outdoor)
yang kurang lebih memerlukan waktu pelaksanaan selama 20 menit.
2.2 Sarana dan Prasarana
Beberapa sarana dan prasarana yang
diperlukan untuk menunjang permainan estafet bola yakni sebagai berikut.
a. Peralatan
Peralatan yang diperlukan dalam
pelaksanaan permainan estafet bola ini cukup sederhana yakni satu bola tenis untuk
masing-masing kelompok dan satu buah peluit untuk wasit.
b. Pakaian
Dalam permainan estafet bola,
sebaiknya pemain mengenakan pakaian olahraga atau baju kaos yang berfungsi untuk
menangkap bola yang dilempar.
c. Lapangan
Permainan
Lapangan permainan estafet bola berbentuk
seperti lintasan lari estafet yang mana setiap kelompok memiliki lintasannya
masing-masing berupa garis lurus. Lapangan permainan estafet bola terdiri dari
garis lempar dan garis tangkap. Jarak garis lempar ke garis tangkap adalah 2
meter sedangkan jarak dari garis tangkap ke garis lempar berikutnya adalah 5
meter. Berikut gambaran lapangan permainan estafet bola.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan:
A :
garis lempar
B :
garis tangkap
2.3 Aturan Permainan
Dalam permainan estafet bola, tidak ada
peraturan main yang mengikat, tetapi peraturan yang dipakai biasanya
berdasarkan kesepakatan bersama antar pemain. Berikut ini akan dipaparkan
mengenai aturan permainan estafet bola tersebut.
a. Bagi
peserta menjadi 3 kelompok dengan jumlah anggota sama banyak.
b. Peserta
yang berperan sebagai penangkap maupun pelempar harus berdiri di belakang garis
(tidak boleh melewati atau menginjak garis).
c. Peserta
yang boleh melempar bola dengan tangan adalah peserta pertama, sedagkan peserta
lain harus menangkap dan melempar menggunakan kaos.
d. Setiap
peserta yang bertugas sebagai pelempar dan penangkap bola harus saling
berhadapan.
e. Ketika
peserta berlari menuju garis lempar, peserta harus membawa bola dengan kaos
dengan syarat tangan tidak boleh menyentuh bola.
f. Jika
bola terjatuh pada saat permainan berlangsung maka kelompok tersebut harus
memulai permainan dari awal.
g. Kelompok
yang memenangkan permainan adalah kelompok yang memindahkan bola dari garis start ke finsh dengan waktu paling cepat.
h. Waktu
permainan kurang lebih 20 menit.
2.4 Jalannya permainan
a. Bagi
peserta menjadi 3 kelompok yang mana tiap-tiap kelompok terdiri dari 5 orang peserta.
b. Tiap
kelompok membentuk barisan pada lintasan dan menempati garis yang telah
disiapkan.
c. Bagikan
bola tenis masing-masing 1 buah pada
tiap peserta yang berada pada garis start.
d. Setelah
semua peserta siap, berikan aba-aba seperti mengatakan “mulai” atau dengan
menggunakan peluit.
e. Ketika
pemandu meneriakkan aba-aba, peserta yang memegang bola harus melemparkan bola
tersebut dengan tangan ke peserta kedua yang berada di garis tangkap tanpa
melewati garis.
f. Peserta
yang bertugas sebagai penangkap harus menangkap bola dengan kaos yang
dikenakan.
g. Setelah
bola berhasil ditangkap, peserta kedua harus berlari ke garis lempar kemudian
kembali melemparkan bola ke peserta ketiga. Begitu seterusnya hingga bola
ditangkap oleh peserta yang berada di garis finish.
h. Kelompok
yang memenangkan permainan adalah kelompok yang memindahkan bola dari garis start ke finsh dengan waktu paling cepat.
i.
Masing-masing pemenang akan diberikan
penghargaan berupa hadiah yang telah ditentukan sebelumnya.
2.5 Manfaat Permainan
Manfaat
yang diperoleh seteah melakukan permainan estafet bola yaitu sebagai berikut.
a. Melatih
sikap hati-hati peserta dalam bermain yaitu saat melempar bola maupun menangkap
bola yang dilemparkan tersebut.
b. Melatih
aspek psikomotorik halus dan kasar peserta ketika bermain.
c. Melatih
keterampilan dan kerjasama peserta.
Mengingat permainan estafet bola
dimainkan oleh regu, jelaslah prinsip kerjasama antar pemain mutlak diperlukan.
Oleh karena itu setiap individu harus memiliki sifat toleransi, saling percaya
kepada teman rela berkorban demi menjaga kerjasama yang baik.
BAB
III
PENUTUP
3.1 Simpulan
Berdasarkan pembahasan di atas dapat disimpulkan sebagai
berikut.
1) Permainan
estafet bola merupakan suatu permainan modifikai dari olahraga lari estafet.
Pada permaian ini bola tenis dilempar secara estafet dan ditangkap dengan
menggunakan kaos yang dikenakan peserta.
2) Sarana
dan prasana permainan tradisional estafet bola terdiri dari peralatan, pakaian,
dan lapangan permainan.
3) Aturan
permainan pada permainan estafet bola biasanya berdasarkan kesepakatan bersama
antar pemain.
4) Jalannya
permainan bola esafet yaitu peserta melempar bola dan ditangkap oleh penangkap
dengan kaos serta mengikuti autran yang telah ditentukan. Begitu seterusnya
hingga bola sampai pada peserta di garis finish.
Kelompok yang memenangkan permainan adalah kelompok yang memindahkan bola
dari garis start ke finsh dengan waktu paling cepat.
3.2 Saran
Makalah ini diharapkan dapat
menambah wawasan dan pemahaman para pembaca yang ingin
mengembangkan/memodifikasi suatu permainan tanpa kehilangan unsur kesenangan.
makalahnya yang ini paling bagus mak :D
BalasHapusAgen Judi MGMCASH88 Online Terbesar Dan Terpercaya Indonesia.
HapusBergabunglah Bersama Kami Para Member Yang Setia Di MGMCASH88,
Bagi Anda Yang Belum mempunyai ID , Silahkan Melakukan Registrasi (Daftar).
Hanya 1 Rekening Anda Sudah Bisa Bermain Semua Game yang ada DI MGMcash88
Ini adalah list game yang ada di MGMcash88 :
- SBOBET BOLA
- SBOBET CASINO
- ION CASINO
- MAXBET
- TANGKAS 365
- 368bet
- SABUNG AYAM
- CBO855
Tersedia Game Baru kami Fish Hunter ( Tembak Ikan )
PROMO BANDAR ONLINE MGMCASH88 :
-Bonus Depo Bola 50%
-Bonus Cashback Bola 5% - 10%
-Bonus Depo Casino 3%
-Bonus Rollingan Casino 0.7%
-Bonus Referal Bola 3% MenangKalah teman
-Bonus Referal Casino 1% MenangKalah teman
Costumer Service 24 Jam Online :
Pin BBM : 7B2Ec260
Whatsapp atau nomor sms :
+66615620266
YM : mgmcash88