Minggu, 05 Januari 2014

permainan mengambil koin estafet



BAB I
PENDAHULUAN

1.1        Latar Belakang
Belajar adalah proses seseorang dari tidak tahu menjadi tahu. Proses tersebut dilakoni seseorang guna meningkatkan kemampuannya didalam suatu pembelajaran. Dalam belajar, seseorang menempuh pembelajaran yang bermacam-macam, yang masing-masing mempunyai tujuan dan manfaat tersendiri.  Pembelajaran seseorang bukan hanya pada pendidikan akademis namun juga pada pendidikan non akademis. Pendidikan akademis diantaranya pendidikan yang mencakup materi-materi saja. Sedangkan pendidikan non akademis adalah pendidikan yang mencangkup praktek seperti olahraga maupun pendidikan jasmani yang lebih menghandalkan fisik.
Pendidikan jasmani merupakan suatu proses pendidikan yang memanfaatkan aktivitas jasmani yang direncanakan secara sistematik yang bertujuan untuk mengembangkan dan meningkatkan individu secara organik, neuromuskuler, perseptual, kognitif, dan emosional, dalam kerangka sistem pendidikan nasional. Adanya pendidikan jasmani akan dapat membentu peserta didik untuk bisa menerapkan pola hidup sehat dan melatih kebugaran jasmani yang nantinya dapat merangsang pertumbuhan dan perkembang yang seimbang pada dirinya. Banyak hal yang dapat dipergunakan untuk menentukan hidup sehat, namun hal yang paling dominan alaha dengan melakukan olahraga ataupun pendidikan jasmani. Hal ini dikarenakan pendidikan jasmani memiliki peran yang sangat penting yaitu memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk terlibat langsung dalam aneka pengalaman belajar melalui aktivitas jasmani, bermain dan olahraga yang dilakukan secara sistematis.
Pendidikan jasmani tujuannya mencakup semua aspek perkembangan kependidikan, termasuk pertumbuhan mental dan sosial siswa. Pada saat tubuh peserta didik ditingkatkan secara fisik, pikiran peserta didik juga harus dibelajarkan dan dikembangkan melalui proses pembelajaran. Bila tubuh dan pikiran sudah seimbang dan dapat berkembang dengan baik, maka pola hidup sehat akan bisa terlaksana. Maka dari itu, pembelajaran jasmani harus dikenalkann kepada peserta didik dari sejak dini agar bisa memahami dan menjalani hidup sehat.
 Di Sekolah Dasar terdapat banyak cara-cara untuk menerapkan pendidikan jasmani. Selain melalui aktivitas fisik yang ringan seperti lari dan pemanasan, dalam pendidikan jasmani bisa juga diterapkan melalui permainan-permainan yang berhubungan dengan olahraga dan aktivitas fisik peserta didik. Melalui permainan yang diterapkan dalam pembelajaran, tentunya akan sangat menarik minat siswa dalam mengikutinya. Sebagaimana anak-anak yang masih suka bermain-bermain, mereka akan senang diberikan suatu permainan. Dalam permainan ini tentunya akan lebih menarik jika adanya suatu kompetisi yang mengisi jalannya permainan. Kompetisi ini akan membuat masing-masing peserta didik utuk antusias dan semngat untuk mengikuti permainan. Permainan yang akan penulis sajikan adalah permainan ‘Mengambil Koin Estafet’. Permainan ini menekankan kerjasama dan kelincahan masing-masing regu serta sportivitas masing-masing pemain.

1.2        Rumusan Masalah
   Berdasarkan latar belakang di atas, penulis mengajukan rumusan masalah
sebagai berikut.
a.       Apa yang dimaksud dengan permainan mengambil koin estafet ?
b.      Apa saja sarana dan prasarana permainan mengambil koin estafet ?
c.       Bagaimana cara memainkan permainan mengambil koin estafet?
d.      Bagaimana peraturan permainan mengambil koin estafet ?
e.       Apa tujuan dan manfaat dari permainan mengambil koin estafet?

1.3        Tujuan Penulisan
         Berdasarkan permasalahan yang dirumuskan di atas, tujuan pembuatan karya tulis ini adalah sebagai berikut.
a.       Mendeskripsikan permainan mengambil koin estafet.
b.      Mendeskripsikan sarana dan prasarana permainan mengambil koin estafet.
c.       Mendeskripsikan cara memainkan permainan mengambil koin estafet.
d.      Mendeskripsikan peraturan permainan mengambil koin estafet.
e.       Mendeskripsikan tujuan dan manfaat dari permainan mengambil koin estafet.

1.4        Manfaat Penulisan
Adapun manfaat dari pembuatan karya tulis ini adalah sebagai berikut.
a.       Bagi Pembaca
Pembaca dapat menambah wawasan tentang permainan olahraga untuk anak SD.
b.      Bagi Penulis
Penulis dapat menambah wawasan dan pemahaman lebih mendalam tentang permainan olahraga. Terutama untuk anak SD.
c.       Bagi Mahasiswa PGSD
Melalui karya tulis ini  mahasiswa PGSD dapat menambah wawasan dan memiliki pengetahuan yang lebih mendalam mengenai permainan olahraga untuk anak SD.

















BAB II
PEMBAHASAN

2.1        Pengertian Permainan Mengambil Koin Estafet
Permainan mengambil koin estafet adalah permainan olahraga dimana pemain mencari koin dengan menggunakan mulutnya atau menggigit koin. Permainan ini dilakukan dengan cara beregu dan saling bekerja sama untuk dapat mengumpulkan koin sebanyak-banyaknya.  Koin yang akan diambil, ditancapkan dibagian luar buah. Biasanya buah yang sering dipakai untuk permainan ini adalah buah jeruk ataupun buah semangka. Koin ditancapkan pada buah dan digantung. Buah tersebut dapat dilumuri dengan selai, maupun coklat agar permainan lebih menarik dan mempersulit permainan. Kesulitannya karena buah menjadi lebih licin sehingga lebih sulit untuk menggigit koinnya. Selain itu juga bisa digunakan sebagai lelucon karena wajah pemain akan kotor karena berlumuran selai maupun coklat. Para pemain memainkannya dengan cara mencabut koin satu persatu yang tertancap dengan mulut dan dengan tangan diikat dibelakang lalu berlari untuk menyerahkan koinnya dengan pemain yang lain. Begitu seterusnya sampai koin habis tercabut dan diletakkan pada tempat yang disediakan. Permainan ini dilakukan dengan beregu. Dalam satu regu minimal terdiri dari 3 orang. Permainan ini bisa dimainkan oleh laki-laki dan perempuan. Yang mengambil koin pertama pada masing-masing regu tinggi badan diusahakan hampir sama. Selain itu, permainan ini dimainnkan oleh pemain yang memiliki kemampuan yang sama. Jika anak laki-laki mencari regu laki-laki saja dan tidak boleh melawan dari regu perempuan.
Di Bali banyak daerah sudah sangat mengenal permainan ini. Permainan ini banyak di gemari oleh kaum masyarakat, terutama kaum anak-anak. Selain permainan ini dapat mengundang tawa gembira, permainan ini juga dapat meningkatkan kebugaran jasmani. Sering pada kesempatan perayaan hari-hari tertentu misalnya HUT Kemerdekaan, permainan ini digunakan untuk memeriahkan acara, bahkan permainan ini tidak jarang disetiap daerah dipakai sebagai permainan  yang wajib diadakan. Di Bali permainan ini biasanya disebut permainan “ngalih pis di juuke”. Sebagai mana namanya, “ngalih pis di juuke” adalah sama artinya dengan mencari uang dijeruk. Tapi permainan mengambil koin estafet ini, lebih menekankan pada kerjasama antar regu dengan memberikan koin pada regu secara estafet atau berututan dan juga buah yang digunakan tidak harus menggunakan buah jeruk.
Permainan ini dilakukan secara berurutan. Setelah pemain yang pertama sudah mengambil satu koin dengan mulut, lalu dilanjutkan memberikan koin tersebut kepada pemain yang lain dalam 1 regu melalui mulutnya juga. Pemain tidak boleh mengambil koin lebih dari satu. Semua pemain tangannya diikat  dibelakang, yang berfungsi hanya mulut dan kaki untuk berlari. Ketelitian dalam mengambil koin yang tertancap pada buah dengan mulut sangat menentukan keberhasilan tiap regu. Jika saat mengambil koin pada buah dan saat menyerahkan koin pada teman, koinnya jatuh, koin tersebut boleh diambil namun dengan menggunakan mulut. Selain itu kecepatan lari juga menentukan banyaknya setiap regu dapat mengumpulkan koin. Jika satu regu sudah berhasil mengambil semua koin yang tertancap pada buah, maka permainan telah usai dan dimenangkan oleh regu tersebut.

2.2        Sarana dan Prasarana Permainan Mencari Uang Estafet
Dalam permainan mencari uang estafet ini tentunya menggunakan beberapa sarana dan prasana guna untuk mendukung jalannya permainan ini. Alat-alat yang digunakan dalam permainan ini, antara lain :
a.     1 buah jeruk atau semangka.
b.      Koin ( uang logam).
c.       Selai atau coklat untuk melumuri buah.
d.      Tali plastik ukuran besar atau kecil untuk menggantung buah.
e.       Bambu atau pohon untuk menggantung buah.
f.       Selendang (tali) untuk mengikat tangan pemain
Pakaian yang digunakan oleh pemain adalah pakaian yang bebas, tidak tentu, ataupun pakaiannya sehari-hari. Lapangan yang digunakan disesuaikan. Permainan ini bisa dilakukan diruangan terbuka maupun diruangan tertutup. Lapangan yang digunakan disesuaikan menurut banyaknya regu yang bermain.

2.3        Cara Bermain Permainan Mencari Koin Estafet
Setiap permainan tentunya mempunyai cara masing-masing untuk melakukan suatu permainan. Adapun cara-cara bermain dalam permainan mencari uang estafet ini adalah :
a.       Siswa dibagi menjadi 3 regu, setiap regu terdiri dari minimal 3 orang
b.      Jika semua regu sudah terbentuk, masing-masing orang supaya menempati tempatnya masing masing.
c.       Para pemain harus mendengarkan aba-aba dari wasit terlebih dahulu.
d.      Jika wasit sudah mngatakan ‘ya’ atau meniup peluit maka permainan sudah dimulai.
e.       Pemain pertama berada didekat buah yang sudah ditancapkan koin, dan bersiap-siap untuk mengambil koin dengan mulut pada buah yang nantinya akan diserahkan pada pemain kedua.
f.        Pemain yang terakhir berada didekat tempat pengumpulan koin dan menunggu koin dari pemain awal.
g.      Kedua tangan pemain diikat kebelakang, lalu pemain pertama mengambil satu persatu koin dengan mulut. Yang berfungsi hanyalah mulut dan kaki.
h.      Setelah pemain pertama mendapatkan koin, lalu diserahkan pada pemain kedua dengan menggunakan mulut. Begitu juga seterusnya sampai pada pemain terakhir dan koin sampai pada tempatnya.
i.        Pemain yang pertama terus mengambil koin yang ada pada buah sampai koinnya habis.
j.        Jika dalam menggigit koin ataupun menyerahkan koin pada pemain yang lain, koin jatuh, koin boleh diambil namun dengan menggunakan mulut.
k.      Permainan berhenti apabila koin yang ada dibuah sudah habis.
l.        Regu yang paling banyak mendapatkan koin maka regu tersebut dikatakan sebagai pemenang.





Ilustrasi lapangan permainan Mengambil Koin Estafet
                                               
    1                                     2                           3                               4                         5                  6
 






Keterangan :


Keterangan :
1 = Buah yang sudah ditancapkan koin
            2 = Pemain pertama
            3 = Pemain kedua
            4 = Pemain ketiga
            5 = Pemain keempat
6 = Tempat pengumpulan koin

2.4    Peraturan Permainan Mengambil Koin Estafet
Didalam setiap permainan yang ada, tentunya ada suatu aturan-aturan yang mengikat. Tujuannya tidak lain agar setiap anggota maupun regu tidak melakukan kecurangan-kecurangan ataupun hal lain yang tidak diharapkan. Adapun aturan-aturan dalam permainan ini, antara lain :
a.       Para pemain harus mendengarkan aba-aba dari wasit terlebih dahulu sebelum memulai permainan.
b.      Jika wasit sudah meniup peluit maka permainan sudah dimulai.
c.       Dalam permainan ini, pemain dilarang memakai tangan untuk mengambil koin dan tangan di ikat kebelakang.
d.      Pemain pertama mengambil koin terlebih dahulu dengan menggunakan mulut lalu menyerahkan koin dengan berlari pada pemain kedua lalu memindahkan dengan menggunakan mulut sampai koin yang tertancap dibuah habis.
e.       Jika koin jatuh saat diambil dari buah saat mengambil dengan mulut maupun saat menyerahkan pada pemain lain, koin boleh diambil namun dengan menggunakan mulut.
f.       Regu yang berhasil mendapatkan koin paling banyak, maka regu tersebut dikatakan sebagai pemenang.

2.5    Tujuan dan Manfaat Permainan Mengambil Koin Estafet
Setiap permainan yang dilakukan tentunya mempunya suatu tujuan yang diharapkan dan manfaat yang dihasilkan. Tujuan dan manfaat permainan mengambil koin estafet ini antara lain :
1.      Meningkatkan kebugaran jasmani
Kebugaran jasmani tentunya diperoleh dari permainan ini. Ketika memberikan koin pada pemain lain, pemain akan berlari. Dengan berlari, pemain akan dapat berolahraga dan meningkatkan kebugaran jasmaninya.
2.      Meningkatkan kerjasama
Dalam permainan ini tentunya diharapkan suatu kerjasama yang baik antar pemain. Bekerjasama dengan baik dalam permainan tentunya menghasilkan suatu keberhasilan.
3.      Meningkatkan sportifitas
Sportifitas pemain sangat diharapkan dalam permainan ini. Kecurangan para pemain bisa dilihat dari para pemain dengan melanggar aturan-aturan yang sudah ditentukan. Maka dari itu, pemain diharapkan bisa bermain secara sportif dan mentaati setiap peraturan yang ada.
4.      Melatih konsentrasi
Dalam permainan ini tentu sangat membutuhkan konsentrasi yang baik. Apabila konsentrasi dapat dibangun dengan baik maka kesalahan maupun kegagalan dalam perinan dapat diminimalisir.
5.      Meningkatkan interaksi
Dalam permainan ini, interaksi antar pemain tentunnya sangat diperlukan guna memperlancar jalannya permainan. Jika tanpa adanya interaksi tentunya permainan ini tidak akan dapat berjalan dengan baik dan tidak interaktif.
BAB III
PENUTUP

5.1        Simpulan
     Permaianan mengambil koin pada buah estafet adalah permaina olahraga yang dilakasanankan dengan berurutan, pemain mencari koin dengan menggunakan mulutnya atau menggigit koin. Permainan ini dilakukan dengan cara beregu dan saling bekerja sama untuk dapat mengumpulkan koin sebanyak-banyaknya. Terdapat cara-cara dalam permainan ini diantaranya pemain harus mengambil koin yang tertancap pada buah dengan menggunakan mulut dan tangan diikat kebelakang. Yang berfungsi hanyalah mulut dan kaki. Tujuan dari permainan ini tentunya peserta didik dapat meningkatkan  kebugaran jasmani, interaksi kerjasama antar pemain, dan meningkatkan sportifitas.

5.2        Saran
Untuk calon guru SD disarankan agar dapat lebih melestarikan permainan-permainan olahraga yang ada dilingkungan sekitar. Bahkan seorang calon guru SD agar dapat lebih memvariasikan atau memodifaikasi suatu permainan supaya lebih menarik peserta didik dalam mengikuti suatu permainan.














Tidak ada komentar:

Posting Komentar