BAB
I
PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang
Olahraga merupakan
suatu kegiatan jasmani yang dilakukan dengan maksud untuk memelihara kesehatan
dan memperkuat otot – otot tubuh. Dalam perkembangannya kegiatan ini dapat
dilakukan sebagai kegiatan yang menghibur, menyenangkan atau juga dilakukan
dengan tujuan untuk meningkatkan prestasi. Olahraga sangat penting diketahui
jenis-jenis dan manfaatnya oleh masyarakat. Guna menciptakan atlet-atlet handal
yang mampu mengharumkan nama bangsa dan dirinya sendiri.
Berbagai jenis
olahraga ada di dunia dan tentu saja peminatnya juga banyak. Olahraga
memang menjadi salah satu kegiatan yang wajib ada dikurikulum sekolah. Ini
membuktikan pengetahuan mengenai olahraga wajib dimiliki oleh manusia.
Masyarakat mempunyai apresiasi yang tinggi terhadap perkembangan dunia
olahraga. Olahraga sudah menempati posisi yang penting dalam kehidupan sehari –
hari.
Banyak contoh permainan yang menarik dalam olahraga. Salah
satu permainan yang menarik perhatian anak-anak dan remaja adalah permainan borgol
pasangan. Permainan ini sebagai usaha dari anak-anak atau orang dewasa untuk
mengisi waktu luangnya. Permainan ini dimainkan
oleh seorang laki-laki dan seorang perempuan, kemudian pergelangan tangan kedua
pemain diikat dengan menggunakan tali atau pita seperti borgol yang diposisikan
menyilang. Sehingga permainan ini disebut permainan borgol pasangan.
1.2 Rumusan Masalah
Berdasarkan
uraian latar belakang diatas, maka dapat diuraikan rumusan masalah sebagai
berikut.
- Bagaimana riwayat permainan borgol pasangan?
- Berapa banyak jumlah pemain dalam permainan borgol pasangan?
3.
Apakah sarana dan prasarana dalam permainan borgol
pasangan?
4.
Bagaimana pelaksanaan permainan borgol pasangan?
5.
Apakah manfaat permainan borgol pasangan?
1.3 Tujuan
Berdasarkan uraian rumusan
masalah diatas, maka dapat diuraikan tujuan yang ingin dicapai dalam pembuatan makalah
ini sebagai berikut.
1. Untuk
mengetahui riwayat permaianan borgol pasangan.
2. Untuk
mengetahui banyaknya jumlah pemain dalam permainan borgol pasangan.
3. Untuk
mengetahui sarana dan prasarana dalam permainan borgol pasangan.
4. Untuk
mengetahui pelaksanaan permainan borgol pasangan.
5. Untuk
mengetahui manfaat permainan borgol pasangan.
1.4 Manfaat
Manfaat yang diharapkan dari
luaran karya tulis ini sebagai berikut.
1. Bagi
Mahasiswa
Mampu dipahaminya riwayat, jumlah pemain, sarana prasarana, manfaat
dan pelaksanaan permainan borgol pasangan. Sehingga mampu mempraktikkan secara
langsung permainan tersebut.
2. Bagi
Penulis
Menambah pemahaman mengenai riwayat, jumlah pemain, sarana prasarana,
manfaat dan pelaksanaan permainan borgol pasangan untuk dapat dilakukan
implementasi dalam konteks belajar mengajar di bangku perkuliahan.
3. Bagi
Pembaca
Menambah wawasan baru mengenai riwayat, jumlah pemain, sarana
prasarana, manfaat dan pelaksanaan permainan borgol pasangan dalam konteks
pembelajaran.
BAB
II
PEMBAHASAN
2.1 Riwayat
Untuk
mempererat persahabatan dan mengisi waktu luang, diadakan permainan yang
dinamakan borgol pasangan. Sesuai dengan nama permainan ini, permainan
dilakukan oleh 2 orang yaitu seorang laki-laki dan seorang perempuan yang kedua
tangannya diikat menyilang. Kedua pergelangan tangan laki-laki dan perempuan diikat
menyilang seperti borgol dengan menggunakan tali atau pita. Kemudian pemain
akan berusaha melepas ikatan yang menyilang tanpa melepaskan ikatan yang ada
pada pergelangan tangan mereka. Cara melepas ikatan boleh dengan menggunakan
cara apapun dengan syarat ikatan pada pergelangan tangan tidak boleh terlepas
baik itu ikatan pada pergelangan tangan laki-laki maupun pergelangan tangan
perempuan.
2.2 Pemain
Permainan
ini dapat dimainkan oleh remaja dan anak-anak. Jumlah pemain dalam permainan
ini adalah 2 orang yaitu seorang laki-laki dan seorang perempuan.
2.3 Sarana dan Prasarana
1.
Sarana
Alat-alat yang diperlukan dalam permainan ini adalah
tali atau pita yang digunakan untuk mengikat pergelangan tangan. Selain itu
juga diperlukan alat untuk mencatat waktu. Dalam permainan ini dapat
menggunakan pakaian bebas. Tetapi sebaiknya pemain dapat mempergunakan pakaian
yang mudah untuk bergerak.
2.
Prasarana
Permainan ini
dapat dimainkan di dalam ruangan maupun di lingkungan seperti di halaman rumah,
halaman sekolah, dan lapangan lapangan. Jarak antara pemain yang satu dengan
pemain yang lainnya berjarak 1,5 sampai 2 meter agar pada saat bermain pemain
yang satu dengan pemain yang lain tidak berbenturan.
2.4 Pelaksanaan
1.
Peraturan
Pemain permainan ini 2 orang yaitu seorang laki-laki
dan seorang perempuan. Dapat dikategorikan berdasarkan umur. Anak-anak umurnya
mulai dari 7 tahun sampai dengan 13 tahun dan untuk orang dewasa umurnya dapat
lebih dari 14 tahun. Dalam permainan ini diperlukan pemikiran yang baik bagi
peserta sehingga dengan pemikiran itu peserta dapat melepas tali yang menyilang
tanpa melepaskan ikatan tali yang diikat pada pergelangan tangannya. Peserta
dinyatakan gugur jika peserta tidak dapat melepaskan ikatan tali yang menyilang
tersebut dalam waktu 10 menit. Selain
itu juga peserta dinyatakan gugur apabila peserta membuka ikatan tali dengan
cara melepas atau membuka ikatan yang ada dipergelangan tangan.
2.
Jalannya Permainan
Cara memainkan permainan ini yaitu pertama-tama
memilih peserta yang akan memainkan permainan ini yaitu seorang laki-laki dan
seorang perempuan. Jumlah pemain sebanyak 5 pasang yaitu 5 laki-laki dan 5
perempuan. Kemudian kedua pergelangan tangan pemain diikat dengan menggunakan
tali atau pita seperti borgol. Tali atau pita yang diikatkan tersebut
diposisikan menyilang. Setelah ada aba-aba ya, baru peserta (pemain) berusaha
melepaskan tali atau pita yang posisinya menyilang tersebut tanpa harus membuka
ikatan tali atau pita yang diikatkan pada kedua pergelangan tangan pemain.
3.
Wasit
Umumnya jumlah wasit lebih dari 1 orang. Salah satu
wasit memberikan aba-aba. Kemudian ada wasit yang bertugas mencatat waktu dan
hal-hal yang menyebabkan peserta dinyatakan gugur.
2.5 Manfaat
Adapun manfaat
permainan ini yaitu:
1.
Untuk mempererat persahabatan.
2.
Untuk mengisi waktu luang.
3.
Untuk memupuk sikap sportif sejak dini.
4.
Untuk mengembangkan sikap bekerja sama
dengan teman.
BAB
III
PENUTUP
3.1 Simpulan
Berdasarkan
pembahasan di atas, maka dapat ditarik simpulan-simpulan sebagai berikut.
1.
Riwayat permainan borgol pasangan adalah
permaian borgol pasangan digunakan untuk mempererat persahabatan dan mengisi
waktu luang yang dimainkan oleh 2 orang pemain laki-laki dan perempuan. Kedua pergelangan
tangan pemain diikat seperti borgol dengan menggunakan tali atau pita.
2.
Banyak jumlah pemain dalam permainan borgol
pasangan adalah 2 orang yaitu seorang laki-laki dan seorang perempuan.
3.
Sarana dan prasarana dalam permainan borgol
pasangan adalah memerlukan alat untuk mengikat pergelangan tangan yaitu tali
atau pita dan alat untuk mencatat waktu. Pakaian yang digunakan bebas.
Permainan ini dapat dilakukan di dalam ruangan maupun diluar ruangan seperti di
halaman rumah, halaman sekolah, lapangan dan lain-lain.
4.
Pelaksanaan permainan borgol pasangan adalah
permaian dikoordinasikan oleh wasit. Kedua pergelangan tangan setiap pasang
diikat dengan posisi tali yang menyilang. Pada saat aba-aba ya peserta berusaha
melepas tali yang posisinya menyilang tanpa melepaskan ikatan pada kedua
pergelangan tangannya.
5.
Manfaat permainan borgol pasangan adalah untuk
mempererat persahabatan, mengisi waktu luang, memupuk sikap sportif sejak dini
dan untuk mengembangkan sikap bekerja sama dengan teman.
3.2 Saran
Makalah ini dapat
diharapkan menambah wawasan dan
pengetahuan siswa tentang salah satu permainan borgol pasangan. Agar pembaca
maupun pendengar dapat langsung dengan mudah memahami seluk-beluk tentang
permainan borgol pasangan.
DAFTAR
PUSTAKA
Subandi. 1991. Olahraga
Tradisional Di Daerah Bali. Denpasar: Pemerintah Daerah Tingkat I Bali KONI
Propinsi Daerah Tingkat I Bali.
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar