Minggu, 05 Januari 2014

permainan moving water



BAB I
PENDAHULUAN

1.1 Latar Belakang Masalah
Pendidikan jasmani diperlukan di semua jenjang pendidikan terutama pada jenjang sekolah dasar (SD) karena pada masa usia sekolah dasar, pertumbuhan dan perkembangan anak disebut sebagai usia emas dan pada masa itu keadaan fisik maupun seluruh kemampuannya sedang tumbuh dan berkembang. Misalnya, secara fisik anak akan terlihat lebih tinggi atau lebih besar sesuai dengan bertambahnya usia. Oleh karena itu, penyelenggaraan pendidikan sebagai proses dalam pertumbuhan dan perkembangan berlangsung seumur hidup. Pendidikan jasmani merupakan salah satu alat yang sangat menentukan untuk merangsang pertumbuhan dan perkembangan anak, karena pendidikan jasmani sangat erat kaitannya dengan gerak. Gerak bagi anak sebagai aktivitas jasmani merupakan salah satu tuntutan kebutuhan hidup yang diperlukan, yaitu sebagai dasar untuk belajar mengenal alam sekitar dalam usaha memperoleh berbagai pengalaman berupa pengetahuan dan keterampilan, nilai dan sikap, maupun untuk belajar mengenal dirinya sendiri sebagai mahluk individu dan mahluk sosial dalam usaha penyesuaian dan mengatasi perubahan-perubahan yang terjadi di lingkungannya.
Seiring dengan kemampuan berkomunikasi, anak menikmati permainan-permainan yang dikenalkan oleh orang dewasa. Permainan apapun akan dianggap menarik oleh seorang anak. Anak akan mengulang dan mengulang permainan yang telah dipelajari, apabila menemui hal yang baru dia akan mencoba hal baru tersebut tanpa memikirkan apakah akan berhasil atau tidak. Anak kecil memiliki kelemahan dalam hal konsentrasi, anak tidak dapat mempertahankan konsentrasi dalam waktu yang lama, sehingga anak akan sulit untuk diajari dan cenderung akan mengulang permainan-permainan yang disenangi. Setelah anak mengenal sosialisasi dan memiliki keterampilan dasar motorik anak akan senang dengan permainan yang bersifat aktif dan imajinatif. Permainan kejar-kejaran ataupun petak umpet adalah permainan favorit anak sampai memasuki usia sekolah dasar kecil (kelas bawah). Yang perlu menjadi catatan bahwa anak sangat peka dengan musik. Dengan kemampuan alami dibidang imajinasi anak dapat secara otomatis mengikuti irama dan menciptakan gerakan atupun nyanyian yang baru berdasarkan imajinasi mereka. Berikut adalah permainan memindahkan air (moving water) yang bias membantu kerjasama antar anak.

1.2 Rumusan Masalah
Sesuai dengan latar belakang masalah yang dipaparkan di atas, maka dapat dirumuskan permasalahan sebagai berikut.
1)   Apa sarana dan prasarana yang diperlukan dalam permainan moving water?
2)   Bagaimana aturan permainan moving water?

1.3 Tujuan
Berdasarkan rumusan masalah di atas, adapun tujuan penulisan makalah ini adalah sebagai berikut.
1)   Untuk mengetahui sarana dan prasarana yang diperlukan dalam permainan moving water
2)   Untuk mengetahui dan memahami aturan permainan moving water

1.4 Manfaat
Adapun manfaat yang diharapkan  dari penulisan makalah ini adalah sebagai berikut.
1)   Bagi mahasiswa
Makalah ini diharapkan dapat menjadi salah satu sumber referensi mahasiswa untuk menambah pengetahuannya mengenai permainan tradisional moving water.
2)   Bagi penulis
Melalui makalah ini penulis dapat memenuhi salah satu tugas dalam mata kuliah Pendidikan Jasmani.





BAB II
PEMBAHASAN

2.1  Pengertian
Permainan merupakan sesuatu yang dimainkan seseorang untuk memberi kesenangan baik pikiran maupun jasmani. Ada banyak permainan yan gberkembang di dunia ini yang bisa memeberi kesenangn tersebut. Dalam hal ini penuis menjelaskan tentang permainan moving water. Permainan moving water adalah permainan yang sesuai namanya (moving=memindahkan, water=air) yaitu memindahkan air. Namun tidak seperti memindahkan air seperti biasa, melainkan alat yang mereka pakai untuk memindahkan air itu dilubangi sebanyak orang yang bermain dalam 1 tim itu. Pemain harus menutup lubang tersebut agar air yang dipndahkan tidak jatuh. Tim yang mengumpulkan air paling banyak adalah pemenang

2.2  Sarana dan Prasarana
Ada beberapa ssarana dan prasarana yang diperlukan untuk menunjang perainan moving water yakni sebagai berikut.
a.       Peralatan
Dalam setiap cabang olahraga memang secara khusus mempunyai peralatan dan perlengkapan sendiri-sendiri. Pada permainan moving water ini menggunakan alat yaitu gelas plastik yang telah dilubangi, botol air mineral, dan ember.

b.      Pakaian
Dalam permainan moving water sebaiknya menggunakan pakaian olahraga atau pakaian sejenisnya yang memudahkan untuk bergerak
c.       Lapangan Permainan
Lapangan main moving ater  biasanya dapat mengambil tempat secara bebas berdasarkan kesepakatan dari pemain yang bermain dan tempat tersebut dianggap aman dan tidak menggangu lingkungan sekitar. Namun alangkah baiknya jika permainan moving water di lakukan di lapangan datar agar tidak membahayakan pemain









 







2.3  Aturan Permainan
Dalam permainan moving water, tidak ada peraturan main yang mengikat, tetapi peraturan yang dipakai biasanya berdasarkan kesepakatan bersama antar pemain. Berikut ini akan dipaparkan mengenai aturan permainan moving water tersebut.
a.       Jumlah Pemain
Permainan olahraga tradisional main moving water ini dapat dimainkan oleh dua orang atau lebih. Dengan demikian permainan ini dapat dilakukan secara perorangan maupun secara beregu, dan dapat dimainkan oleh anak-anak usia sekolah dasar baik laki-laki maupun perempuan
b.      Jalannya permainan
1)      Setiap regu bersiap-siap mengambil air dengan gelas plastik
2)      Setip regu mendapat bagian air, gelas, dan lubang yang sama, disesuaikan dengan jumlah pemain)
3)      Pemain hanya boleh menggunakan telunjuk untuk memegang sekaligus menutup lubang gelas plastik
4)      Jila peluit ditiup maka regu bersangkutan harus cepat mengambil air, kemudian memegang dengan menggunakan telunjuk dari masing-masing pemain .
5)      Pada permainan ini tidak boleh memegang menggunakan jari lain selain telunjuk
6)      Jik pada pertengahan jalan lagu berbunyi, maka regu itu wajib berhenti dan bergoyang selama lagu masih berbunyi
7)      Setiap regu memasukkan air yang terbawa dari start ke finish secara berulang, pemain yang memperoleh air terbanyak akan menjadi pemenang dalam permainan ini
8)      Begitu seterusnya sampai permainan selesai
c.   Perwasitan
Dalam permainan moving water ini diperlukan adanya wasit, unuk mengontrol waktu mulai, pelanggaran dan wajib goyang dari peserta
 d. Waktu
Waktu permainan 10 menit -30 menit (bias dihentikan jika ember di finish sudah terisi penuh)

2.4  Komponen Aktivitas Fisik yang Dominan
Dalam permainan moving water ini, unsur-unsur gerak yang dominan dilakukan oleh para pemain antara lain sebagai berikut.
a.       Ketepatan
b.      Kelincahan
c.       Kekuatan
d.      Daya tahan
e.       Kerjasama
f.       Kekompakan
Olahraga tradisional main moving water ini termasuk permainan adu keterampilan, ketepatan, kelincahan dan kerjasama yang baik. Mengingat permainan moving water dapat dimainkan oleh regu, jelaslah prinsip kerjasama antar pemain mutlak diperlukan. Oleh karena itu setiap individu harus memiliki sifat toleransi, saling percaya kepada teman rela berkorban demi menjaga kerjasama yang baik. Permainan moving water harus mendapatkan kesenangan setiap individu yang melakukannya. Permainan moving water ini sudah mendapatkan perubahan-perubahan atau modifikasi, kemudian untuk dikembangkan menjadi olahraga prestasi perlu ditinjau kembali secara seksama.


























BAB III
PENUTUP

3.1  Simpulan
Berdasarkan pembahasan di atas dapat disimpulkan sebagai berikut.
1.      Pendidikan jasmani diperlukan di semua jenjang pendidikan terutama pada jenjang sekolah dasar (SD) karena pada masa usia sekolah dasar, pertumbuhan dan perkembangan anak disebut sebagai usia emas dan pada masa itu keadaan fisik maupun seluruh kemampuannya sedang tumbuh dan berkembang.
2.      Permainan moving water adalah permainan yang sesuai namanya (moving=memindahkan, water=air) yatu memindahkan air.
3.      Olahraga tradisional main moving water ini termasuk permainan adu keterampilan, ketepatan, kelincahan dan kerjasama yang baik.
3.2  Saran
Makalah ini diharapkan dapat menambah wawasan dan pemahaman para pembaca agar lebih memahami tentang permainan menarik yang ada di Dunia.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar