Minggu, 05 Januari 2014

permainan water estafet/estafet air



BAB I
PENDAHULUAN

1.1         Latar Belakang
Pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta keterampilan yang diperlukan dirinya dan masyarakat. Pembelajaran adalah proses interaksi peserta didik dengan pendidik dan sumber belajar pada suatu lingkungan belajar. Pembelajaran merupakan bantuan yang diberikan pendidik agar dapat terjadi proses perolehan ilmu dan pengetahuan, penguasaan kemahiran dan tabiat, serta pembentukan sikap dan kepercayaan pada peserta didik. Dengan kata lain, pembelajaran adalah proses untuk membantu peserta didik agar dapat belajar dengan baik.
Guna pengefektifan pemberian pembelajaran di Sekolah dasar tentunya guru sangat berperan dalam hal ini. Guru seharusnya memiliki suatu keterampilan yang cukup baik guna bisa mengintegrasikan semua pembelajaran dengan baik. Selain mengajarkan berapa bentuk pembelajaran yang dapat meningkatkan tingkat kognitif seorang guru di Sekolah Dasar juga harus juga memberikan pembelajaran yang bisa meningkatkan kemampuan keterampilan jasmani yang dimiliki oleh siswa agar siswa juga memiliki keahlian dalam bidang olahraga..
Salah satu mata pelajaran yang ada di Sekolah Dasar yang dapat meingkatkan kemampuan keterampilan jasmani yaitu Pendidikan Jasmani. Dengan memberikan pendidikan jasmani kepada anak SD, anak tersebut akan terbantu dalam memperoleh peningkatan kemampuan keterampilan jasmani, pertumbuhan, kecerdasan dan pembentukan watak. Pemberian pendidikan jasmani kepada anak Sekolah Dasar ini sangat penting, karena tujuannya berada dalam lingkup perkembangan fisik, gerak, mental, dan sosial anak Sekolah Dasar tersebut. Sehingga harapan bangsa dan Negara yang ingin mencetak SDM yang berkualitas bisa dicapai.
Pembelajaran Pendidikan Jasmani di Sekolah Dasar sebagain besar berisikan tentang materi- materi yang mendasar mengenai pendidikan jasmani. Selain itu seorang guru juga bisa memberikan sutu permainan- permainan kepada siswa mengingat pada anak Sekolah Dasar pada fase bermain. Banyak jenis permainan yang bisa diberikan di Sekolah Dasar, misal saja beberapa permainan yang sering siswa lakukan ataupun permainan yang ada diwilayah tersebut. untuk anak-anak bisa diberikan dalam pendidikan jasmani di Sekolah Dasar.
Dengan memberikan permainan-permainan diharapan akan membangun sikap sosial siswa dimana siswa mampu menjalin kerjasama, membangun sportivitas, saling percaya dan tolong-menolong. Selain itu juga mengembangkan sikap pribadi, seperti percaya diri dan menguatkan mental anak menghadapi tekanan sosial, termasuk mengelola emosi yang dapat diterima kelompok. Selain itu, dengan melakukan permainan, akan dapat  mengembangkan moralitas siswa, dimana siswa belajar menilai mana yang baik dan tidak baik. Misalnya, ada siswa yang bermain curang pasti teman-temannya akan memberi hukuman moral dengan tidak mengikutkan anak yang curang dalam permainan. Oleh sebab itu dalam penulisan makalah ini, penulis akan membahas dan menjelaskan mengenai salah satu permainan modern modifikasi yang cocok diterapakan di dalam pembelajaran pendidikan jasmani yaitu permainan water estafet/estafet air.

1.2         Rumusan Masalah
Sesuai dengan latar belakang yang telah dipaparkan diatas adapun rumusan masalah yaitu :
a.         Apa itu permainan water estafet/estafet air ?
b.        Bagaimana melakukan permainan water estafet/estafet air?

1.3         Tujuan
Berdasarkan rumusan masalah yang disampaikan di atas, tujuan yang ingin dicapai yaitu :
a.         Untuk mendeskripsikan tentang permainan water estafet/estafet air.
b.        Untuk memahami dan mengerti dalam memainkan permainan water estafet/estafet air.

1.4         Manfaat
Sesuai dengan tujuan yang disampaikan di atas, maka manfaat yang diperoleh yaitu :
a.         Bagi penulis
Makalah ini kami buat untuk  memenuhi salah satu tugas yang diberikan oleh dosen pengampu mata kuliah Pendidikan Jasmani dan juga dapat menambah wawasan dan pengetahuan kami mengenai permainan water estafet/estafet air. Selain itu juga, agar kami menjadi terbiasa untuk membuat dan menyusun karya tulis sebagai acuan dan pembelajaran dalam pembuatan tugas akhir skripsi.
b.        Bagi pembaca
Makalah ini kami harapkan dapat menjadi salah satu sumber informasi sehingga dapat menambah wawasan dan pengetahuan pembaca mengenai materi yang kami bahas dalam makalah ini.












                                                                                                              
BAB II
PEMBAHASAN

2.1     Permainan Water Estafet/Estafet Air
Game Water Estafet atau estafet air ini adalah salah satu dari permainan modern yang menekankan pada kerjasama tim/kelompok. Peserta pada permainan ini diharuskan untuk memindahkan air dari satu tempat ke satu tempat yang lain atau dari ember yang berisi air ke botol plastik dengan jarak tertentu. Air tersebut dipindahkan dengan menggunakan gelas plastik yang telah dilubangi terlebih dahulu. Karena permainan ini dibatasi oleh waktu, maka akan nampak ketegangan dari para peserta.
Permainan estafet ini mirip dengan permainan menara air, yaitu melakukan kerjasama tim untuk mencapai tujuan. Namun, penekanannya ada pada bagaimana tanggung jawab setiap personel/peserta mempengaruhi prestasi kelompok. Karena setiap pemain mendapat tugas berusaha agar sesedikit mungkin air yang merembes keluar lewat lubang gelas. Jika ada salah satu pemain yang curang, maka akan memperlambat kinerja kelompoknya. Permainan ini dipimpin oleh seorang wasit atau lebih yang bertugas memantau jalannya pertandingan.

2.2     Cara memainkan permainan Water Estafet/Estafet Air
Untuk dapat memainkan permainan ini tidak terlalu sulit, akan tetapi beberapa hal yang harus dipenuhi dan diperhatikan.

a.        Pemain
Permainan Water Estafet/Estafet Air ini, pemain dibagi menjadi 2-3 kelompok sesuai dengan peserta yang ada. Setiap kelompok terdiri dari 5-10 orang.

b.        Peralatan yang dibutuhkan
1.      Ember berisi air.
2.      Gelas plastik yang bagian bawahnya diberi lubang.
3.      Botol plastik.
4.      Stopwatch atau pengukur waktu.
5.      Peluit untuk wasit.
c.         Lapangan
Lapangan permainan berupa lapangan terbuka yang cukup untuk pergerakan dari kedua kelompok untuk bermain permainan estafet air ini
KELOMPOK 1
KELOMPOK 2
 














KETERANGAN
 

                         :   Ember yang berisi air


                         :   botol plastik
KELOMPOK 1 dan 2
 
: Tempat berbaris setiap kelompok untuk melakukan permainan water estafet/estafet air.



d.        Jalannya permainan
Pada permainan water estafet/estafet air, setelah dibentuk 2-3 kelompok, setiap kelompok berbaris berbanjar (memanjang ke belakang). Setelah itu, tempatkan ember yang berisi air di depan barisan dan botol air mineral di belakang setiap kelompok dan kemudian setiap peserta diminta untuk menghadap kebelakang, kecuali peserta yang berada paling depan. Setelah peluit dibunyikan, pemain paling depan mengambil air dengan gelas berlubang lalu memberikan kepada pemain di belakangnya melalui atas kepalanya dan tidak boleh membalikkan badan. Pemain paling belakang bertugas mengisikan air ke dalam botol. Setelah pemain paling belakang memasukkan air ke dalam botol, kemudian lari menempati posisi paling depan untuk mengambil air di dalam ember dan kemudian kembali memberikan kepada teman di belakangnya. Sehingga selama permainan semua pemain merasakan menjadi pemain paling depan atau menjadi pemain paling belakang.

e.         Waktu permainan
Permainan ini dilakukan selama 3-5 menit dan permainan water estafet/estafet air ini berlangsung selama satu kali.

f.         Penentuan kalah menang
Permainan water estafet/estafet air ini, salah satu kelompok dapat dinyatakan menang apabila kelompok tersebut dapat mengisi penuh atau memiliki air paling banyak pada botol yang setiap kelompok miliki dengan batas waktu tertentu. Kelompok yang memenangkan pertandingan akan diberikan hadiah.

g.        Aturan permainan
Setiap permainan pastinya memiliki peraturan, begitu juga dengan permainan water estafet/estafet air. Permainan water estafet/estafet air ini memiliki suatu peraturan yaitu setiap pemain tidak boleh membalikkan badan saat menerima gelas plastik tersebut. Lubang pada gelas hanya boleh ditutup dengan telapak tangan dan jari saja. Pemain paling belakang bertugas mengisikan air ke dalam botol. Wasit merupakan pemimpin dari jalannya permainan, yang mana keputusan wasit tidak dapat diganggu gugat. Jika ada pemain yang melakukan pelanggaran, kelompok tersebut diberikan pinalti, dengan menghentikan proses estafet selama 5 detik, lalu setelah 5 detik dapat melanjutkan permainan kembali. Permainan dihentikan setelah berlangsung dalam waktu tertentu atau setelah ada satu kelompok yang berhasil memenuhi botol.

h.        Manfaat permainan
Permainan water estafet/estafet air memiliki manfaat yaitu sebagai berikut :
  • Kerjasama team/kelompok.
  • Mengatur cara kerja yang efektif.
  • Pembagian tugas/menempatkan personel dengan tepat.
  • Kekompakan antar anggota team/kelompok.















BAB III
PENUTUP

3.1    Simpulan
Game Water Estafet atau estafet air ini adalah salah satu dari permainan modern yang menekankan pada kerjasama tim/kelompok. Peserta pada permainan ini diharuskan untuk memindahkan air dari satu tempat ke satu tempat yang lain atau dari ember yang berisi air ke botol plastik dengan jarak tertentu. Air tersebut dipindahkan dengan menggunakan gelas plastik yang telah dilubangi terlebih dahulu. Karena permainan ini dibatasi oleh waktu, maka akan nampak ketegangan dari para peserta.

3.2    Saran
Sebagai seorang calon guru sekolah dasar, makalah ini sangat bermanfaat karena dapat menambah wawasan dan pengetahuan kita tentang permainan yang menyenangkaan untuk anak didik, yang nantinya kita sebagai guru dapat menerapkannya atau mengaplikasikannya di dalam pembelajaran di sekolah dasar.


1 komentar: