BAB I
PENDAHULUAN
1.1
Latar
Belakang
Pendidikan adalah usaha sadar dan
terencana untuk mewujudkan suasana belajar
dan proses pembelajaran
agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki
kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan,
akhlak mulia, serta keterampilan yang diperlukan dirinya dan masyarakat.
Pembelajaran adalah proses
interaksi peserta didik dengan pendidik dan sumber belajar pada suatu
lingkungan belajar. Pembelajaran merupakan bantuan yang diberikan pendidik agar
dapat terjadi proses perolehan ilmu dan pengetahuan, penguasaan kemahiran dan
tabiat, serta pembentukan sikap dan kepercayaan pada peserta didik. Dengan kata
lain, pembelajaran adalah proses untuk membantu peserta didik agar dapat
belajar dengan baik.
Guna pengefektifan pemberian pembelajaran di Sekolah
dasar tentunya guru sangat berperan dalam hal ini. Guru seharusnya memiliki
suatu keterampilan yang cukup baik guna bisa mengintegrasikan semua
pembelajaran dengan baik. Selain mengajarkan berapa bentuk pembelajaran yang
dapat meningkatkan tingkat kognitif seorang guru di Sekolah Dasar juga harus
juga memberikan pembelajaran yang bisa meningkatkan kemampuan keterampilan
jasmani yang dimiliki oleh siswa agar siswa juga memiliki keahlian dalam bidang
olahraga..
Salah
satu mata pelajaran yang ada di Sekolah Dasar yang dapat meingkatkan kemampuan keterampilan jasmani yaitu
Pendidikan Jasmani. Dengan memberikan pendidikan jasmani kepada anak SD, anak tersebut akan terbantu dalam memperoleh peningkatan kemampuan
keterampilan jasmani, pertumbuhan, kecerdasan dan pembentukan watak. Pemberian
pendidikan jasmani kepada anak Sekolah Dasar ini sangat penting, karena
tujuannya berada dalam lingkup perkembangan fisik, gerak, mental, dan sosial
anak Sekolah Dasar tersebut. Sehingga harapan bangsa dan Negara yang ingin
mencetak SDM yang berkualitas bisa dicapai.
Pembelajaran
Pendidikan Jasmani di Sekolah Dasar sebagain besar berisikan tentang materi-
materi yang mendasar mengenai pendidikan jasmani. Selain itu seorang guru juga
bisa memberikan sutu permainan- permainan kepada siswa mengingat pada anak
Sekolah Dasar pada fase bermain. Banyak jenis permainan yang bisa diberikan di Sekolah Dasar, misal saja
beberapa permainan yang sering siswa
lakukan ataupun permainan yang ada diwilayah tersebut. untuk anak-anak bisa diberikan
dalam pendidikan jasmani di Sekolah Dasar.
Dengan memberikan
permainan-permainan diharapan akan membangun sikap sosial siswa dimana siswa mampu menjalin kerjasama,
membangun sportivitas, saling percaya dan tolong-menolong. Selain itu juga
mengembangkan sikap pribadi, seperti percaya diri dan menguatkan mental
anak menghadapi tekanan sosial, termasuk mengelola emosi yang dapat
diterima kelompok. Selain itu, dengan melakukan permainan, akan dapat mengembangkan moralitas siswa, dimana
siswa belajar menilai mana yang baik dan tidak baik. Misalnya, ada
siswa yang bermain curang pasti teman-temannya akan memberi
hukuman moral dengan tidak mengikutkan anak yang curang dalam permainan. Oleh sebab itu dalam penulisan makalah ini, penulis
akan membahas dan menjelaskan mengenai salah satu permainan modern modifikasi
yang cocok diterapakan di dalam pembelajaran pendidikan jasmani yaitu permainan water
estafet/estafet air.
1.2
Rumusan
Masalah
Sesuai
dengan latar belakang yang
telah dipaparkan diatas adapun rumusan masalah yaitu :
a.
Apa itu permainan water estafet/estafet
air ?
b.
Bagaimana melakukan permainan water estafet/estafet air?
1.3
Tujuan
Berdasarkan rumusan
masalah yang disampaikan di atas, tujuan yang ingin dicapai yaitu :
a.
Untuk mendeskripsikan tentang permainan water
estafet/estafet air.
b.
Untuk memahami dan mengerti dalam
memainkan permainan water estafet/estafet air.
1.4
Manfaat
Sesuai
dengan tujuan yang disampaikan di atas, maka manfaat yang diperoleh yaitu :
a.
Bagi penulis
Makalah ini kami buat untuk memenuhi salah satu tugas yang diberikan oleh
dosen pengampu mata kuliah Pendidikan Jasmani dan juga dapat menambah wawasan
dan pengetahuan kami mengenai permainan water estafet/estafet air. Selain itu
juga, agar kami menjadi terbiasa untuk membuat dan menyusun karya tulis sebagai
acuan dan pembelajaran dalam pembuatan tugas akhir skripsi.
b.
Bagi pembaca
Makalah ini kami harapkan dapat
menjadi salah satu sumber informasi sehingga dapat menambah wawasan dan
pengetahuan pembaca mengenai materi yang kami bahas dalam makalah ini.
BAB
II
PEMBAHASAN
2.1 Permainan Water Estafet/Estafet Air
Game Water
Estafet atau estafet air
ini adalah salah satu dari permainan
modern yang menekankan pada kerjasama tim/kelompok. Peserta pada permainan
ini diharuskan untuk memindahkan air dari satu tempat ke satu tempat yang lain atau
dari ember yang berisi air ke botol plastik dengan jarak tertentu. Air tersebut
dipindahkan dengan menggunakan gelas plastik yang telah dilubangi terlebih
dahulu. Karena permainan ini dibatasi oleh waktu, maka akan nampak ketegangan
dari para peserta.
Permainan estafet ini mirip dengan
permainan menara air, yaitu melakukan kerjasama tim untuk mencapai tujuan.
Namun, penekanannya ada pada bagaimana tanggung jawab setiap personel/peserta
mempengaruhi prestasi kelompok. Karena setiap pemain mendapat tugas berusaha
agar sesedikit mungkin air yang merembes keluar lewat lubang gelas. Jika ada
salah satu pemain yang curang, maka akan memperlambat kinerja kelompoknya. Permainan
ini dipimpin oleh seorang wasit atau lebih yang bertugas memantau jalannya
pertandingan.
2.2 Cara memainkan permainan Water Estafet/Estafet
Air
Untuk dapat memainkan
permainan ini tidak terlalu
sulit, akan tetapi beberapa hal yang harus dipenuhi dan
diperhatikan.
a.
Pemain
Permainan Water Estafet/Estafet
Air ini, pemain dibagi menjadi 2-3 kelompok sesuai dengan peserta yang ada. Setiap kelompok terdiri dari 5-10 orang.
b.
Peralatan yang dibutuhkan
1.
Ember
berisi air.
2.
Gelas
plastik yang bagian bawahnya diberi lubang.
3. Botol plastik.
4. Stopwatch atau pengukur waktu.
5. Peluit untuk wasit.
c.
Lapangan
Lapangan permainan berupa lapangan terbuka yang cukup untuk pergerakan dari
kedua kelompok untuk bermain permainan estafet air ini
KELOMPOK
1
|
KELOMPOK
2
|
KETERANGAN
: Ember
yang berisi air
: botol
plastik
KELOMPOK 1 dan 2
|
: Tempat berbaris setiap kelompok
untuk melakukan permainan water estafet/estafet air.
d.
Jalannya permainan
Pada permainan water estafet/estafet
air, setelah dibentuk 2-3 kelompok,
setiap kelompok berbaris berbanjar (memanjang ke belakang). Setelah itu,
tempatkan ember yang berisi air di depan barisan dan botol air mineral di
belakang setiap kelompok dan kemudian setiap peserta diminta untuk menghadap
kebelakang, kecuali peserta yang berada paling depan. Setelah peluit
dibunyikan, pemain paling depan mengambil air dengan gelas berlubang lalu
memberikan kepada pemain di belakangnya melalui atas kepalanya dan tidak boleh
membalikkan badan. Pemain paling belakang bertugas mengisikan air ke dalam
botol. Setelah pemain paling belakang memasukkan air ke dalam botol, kemudian
lari menempati posisi paling depan untuk mengambil air di dalam ember dan
kemudian kembali memberikan kepada teman di belakangnya. Sehingga selama
permainan semua pemain merasakan menjadi pemain paling depan atau menjadi
pemain paling belakang.
e.
Waktu
permainan
Permainan ini dilakukan selama 3-5 menit dan permainan water
estafet/estafet air ini berlangsung
selama
satu kali.
f.
Penentuan
kalah menang
Permainan water
estafet/estafet air ini, salah
satu kelompok dapat dinyatakan menang apabila kelompok tersebut dapat
mengisi penuh atau memiliki air paling banyak pada botol yang setiap kelompok
miliki dengan batas waktu tertentu.
Kelompok yang memenangkan pertandingan akan diberikan hadiah.
g.
Aturan
permainan
Setiap permainan
pastinya memiliki peraturan, begitu juga dengan permainan water estafet/estafet
air. Permainan water
estafet/estafet air ini memiliki
suatu peraturan yaitu setiap pemain tidak boleh membalikkan
badan saat menerima gelas plastik tersebut. Lubang pada gelas hanya boleh ditutup dengan telapak tangan
dan jari saja. Pemain paling belakang bertugas mengisikan air ke dalam botol. Wasit
merupakan pemimpin dari jalannya permainan, yang mana keputusan wasit tidak
dapat diganggu gugat. Jika ada pemain yang melakukan
pelanggaran, kelompok tersebut diberikan pinalti, dengan menghentikan proses
estafet selama 5 detik, lalu setelah 5 detik dapat melanjutkan permainan kembali.
Permainan dihentikan setelah berlangsung dalam waktu tertentu atau setelah ada satu
kelompok yang berhasil memenuhi botol.
h.
Manfaat
permainan
Permainan water estafet/estafet
air memiliki manfaat yaitu sebagai
berikut :
- Kerjasama team/kelompok.
- Mengatur cara kerja yang efektif.
- Pembagian tugas/menempatkan personel dengan tepat.
- Kekompakan antar anggota team/kelompok.
BAB
III
PENUTUP
3.1
Simpulan
Game Water
Estafet atau estafet air
ini adalah salah satu dari permainan
modern yang menekankan pada kerjasama tim/kelompok. Peserta pada
permainan ini diharuskan untuk memindahkan air dari satu tempat ke satu tempat
yang lain atau dari ember yang berisi air ke botol plastik dengan jarak
tertentu. Air tersebut dipindahkan dengan menggunakan gelas plastik yang telah
dilubangi terlebih dahulu. Karena permainan ini dibatasi oleh waktu, maka akan
nampak ketegangan dari para peserta.
3.2
Saran
Sebagai
seorang calon guru sekolah dasar, makalah ini sangat bermanfaat karena dapat
menambah wawasan dan pengetahuan kita tentang permainan yang menyenangkaan
untuk anak didik, yang nantinya kita sebagai guru dapat menerapkannya atau
mengaplikasikannya di dalam pembelajaran di sekolah dasar.
mantap........makasii min......gan......
BalasHapus