Minggu, 05 Januari 2014

permainan teropong telur



BAB I
PENDAHULUAN
1.1    Latar Belakang
Sekolah merupakan wadah pembelajaran yang dilakukan secara sederhana sebagai media belajar. Sekolah merupakan lembaga pendidikan formal yang sangat tepat untuk wadah pendidikan. Pendidikan disekolah mencakup ekstrakurikuler, koorikuler dan intrakurikuler. Khususnya pendidikan jasmani sudah ada sejak pendidikan dari SD. Pendidikan adalah usaha sadar untuk menyiapkan peserta didik melalui kegiatan bimbingan, pengajaran dan latihan bagi peranannya di masa yang akan datang yang dijalankan dengan sengaja, teratur dan berencana dengan mengubah atau mengembangkan perilaku yang diinginkan.
Menurut Piaget, perkembangan kognitif anak melalui empat tahap yaitu tahap sensorimotor (berlangsung pada umur 0-2 tahun), tahap praoperasional (umur 2-7 tahun), tahap operasional konkret, (umur 7-11 tahun), dan tahap operasional formal (berlangsung mulai umur 11 tahun ke atas). Berdasarkan tahap-tahap perkembangan yang dikemukakan oleh Piaget, maka anak Sekolah Dasar (SD) berada dalam tahap operasional konkret. Anak Sekolah Dasar yang berada pada tahap operasional konkret ini memiliki karakteristik unik. Pada tahap ini, kemampuan anak untuk berpikir secara logis semakin berkembang. Selain itu anak pada tahap ini sangat senang bermain, senang bergerak, senang bekerja dalam kelompok, dan senang merasakan dan melakukan hal-hal secara langsung. Sesuai dengan karakter anak SD maka proses pembelajaran di SD dirancang sedemikian rupa agar dapat bermuatan permainan yang lebih. Guru SD seyogyanya merancang model pembelajaran yang memungkinkan adanya unsur permainan di dalamnya. Salah satu pelajaran yang bermuatan permainan adalah Pendidikan Jasmani.
Pembelajaran  Pendidikan Jasmani bagi siswa  di tingkat Sekolah Dasar bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan terhadap  berbagai cabang olahraga serta untuk meningkatkan kebugaran  jasmani dan kesehatan. Pembelajaran Pendidikan Jasmani di SD biasanya adalah atletik, senam, juga permainan lainnya seperti sepak bola, bola voli, dan lainnya. Pembelajaran Pendidikan Jasmani di SD bisa dilaksanakan melalui permainan-permainan yang menarik sehingga anak dapat meningkatkan pengetahuan dan keterampilannya dengan menyenangkan. Teropong telur adalah salah satu kreasi permainan yang belum banyak diketahui banyak kalangan. Teropong telur merupakan permainan bertim yang menarik dilaksanakan di SD sebagai sarana untuk melaksanakan pembelajaran Pendidikan Jasmani. Permainan teropong telur memberikan pemenuhan kebutuhan bagi anak SD yang memiliki karakter unik seperti yang telah dijelaskan di atas. Berdasarkan hal tersebut penulis menulis makalah yang berjudul “Permainan Kreasi Teropong Telur sebagai Pembelajaran Pendidikan Jasmani di SD” yang diharapkan dapat dijadikan sebagai referensi dalam mengajar Pendidikan Jasmani di SD.
1.2    Rumusan Masalah
Berdasarkan latar belakang yang penulis paparkan dalam makalah ini, maka dapat dirumuskan masalah sebagai berikut.
1)        Apa yang dimaksud dengan permainan teropong telur?
2)        Apa saja alat dan bahan yang diperlukan dalam permainan teropong telur?
3)        Bagaimana aturan permainan teropong telur?
4)        Bagaimanakah jalannya permainan teropong telur?
5)        Apa manfaat dari permainan teropong telur?

1.3    Tujuan
Berdasarkan rumusan masalah yang penulis paparkan, maka dapat dirumuskan tujuan sebagai berikut.
1)      Untuk mendeskripsikan  permainan teropong telur
2)      Untuk mengetahui alat dan bahan permainan teropong telur
3)      Untuk mendeskripsikan aturan permainan teropong telur
4)      Untuk mendeskripsikan jalannya permainan teropong telur
5)      Untuk mendeskripsikan manfaat dari permainan teropong telur
1.4    Manfaat
Adapun manfaat dari penulisan makalah ini adalah sebagai berikut.
1.    Bagi pembaca,
Dengan adanya makalah ini diharapkan dapat menjadi sumber belajar mengenai permainan teropong telur dan cara memainkannya.
2.    Bagi mahasiswa
Dapat memahami salah satu permainan yang ada di sekolah dasar yaitu permainan teropong telur.
3.    Bagi penulis
     Dengan adanya makalah ini dapat menambah pengetahuan penulis mengenai permainan kreasi yang baru dan cara memainkannya di sekolah dasar.
















BAB II
PEMBAHASAN
2.1         PENGERTIAN TEROPONG TELUR
Permainan teropong telur merupakan kreasi permainan yaitu memvariasikan permainan teropong mata dengn permainan menggambil bola berwarna. Dapat diartikan bahwa permainan teropong telur adalah permainan menggambil bola sesuai warna namun peserta harus menutup matanya menggunakan alat penutup mata yaitu berupa teropong yang di ujungnya di lubangi sedikit agar nantinya pemain dapat melihat kedepan walaupun tidak terlalu jelas. Telur yang dimaksud dalam permainan adalah bola. Disamping pemain ada juga seorang pemandu disetiap tim yang nantinya mengarahkan pemain untuk melangkah kedepan dan mengarahkan timnya untuk mengambil bola sesuai dengan warna.

Gambar 2.1 Permainan Teropong Telur


2.2  SARANA DAN PRASARANA
A.                SARANA
1.      Ketas karton/Manila
2.      Gunting
3.      Cuter
4.      Kareng gelang atau tali
5.      Pembolong kertas
6.      Bola warna warni
7.      Kaleng bekas / kotak bekas
8.      Patok
9.      Meteran

B.                 PRASARANA
1.      Permainan ini adalah sebuah permainan grup yang terdiri dari empat grup atau bias lebih sesuai situasi dan kondisi, di mana masing-masing tim terdiri dari 3 - 5 orang. Inti dari permainan ini adalah mengambil bola sesuai warna dan memasukkannya ke dalam sebuah kotak yang sudah diberi nama di setiap tim atau grup.
2.      Permainan ini dapat dimainkan ditempat yang memadai seperti di lapangan sepak bola maupun bulu tangkis dengan menggunakan lapangan segiempat dengan ukuran kurang lebih 8 x 12 m yang dibagi menjadi 4 bagian namun bias juga tidak dibagi. Garis batas dari setiap bagian biasanya diberi tanda dengan kapur. Setiap tim akan berada pada masing-masing garis yang sudah ditentukan. Petak gambar bisa ditambah sesuai dengan situasi dan kondisi saat bermain.
3.      Pemain akan menggunkan sebuah penutup mata yaitu berupa teropong yang akan dikaitkan pada telinga setiap pemain. Teropong ini nantinya akan digunakan bergantian oleh para pemain pada setiap tim.
4.       Bola yang digunakan adalah bola yang berwarna, yaitu digunakan warna merah, kuning, hijau dan putih (dapat disesuaikan
2.3  ATURAN PERMAINAN TEROPONG TELUR
1.      Pada saat permainan dimulai, pemain harus berada dibelakang garis start. Ini bertujuan agar tidak adanya kecurangan dalam bermain.
2.      Pemandu dalam setiap tim tidak boleh melewati garis yang sudah ditentukan pada saat mengarahkan timnya. Selain itu juga seorang anggota yang bertindak sebagai pemandu dilarang mengarahkan kawannya dengan sentuhan. Dia hanya boleh mengarahkan dengan komunikasi verbal.
3.      Seorang pemain boleh melewati garis wilayahnya pada saat berjalan, namun pemain harus mengambil bola sesuai dengan tempat timnya berada, seorang pemandu harus dapat mengarahkan temannya agar tidak salah dalam mengambil bola.
4.      Yang menjadi pemandu adalah orang yang berada di seberang, dan pemain yang belum bermain boleh mengarahkan temannya yang sedang bermain. Jadi ada 2 bagian pemandu dalam 1 tim.
5.      Pemain berjalan bolak balik dalam permain ini. Setelah itu pemain pertama digantikan oleh pemain sejanjutnya. Pemain yang kedua dan seterusnya juga harus menggunkanan penutup mata yaitu teropong.
6.      Pemain diharuskan mengambil bola sesuai dengan perintah atau suruhan yang sudah ada, contohnya yaitu pemain harus mengambil bola berturut-turut yang pertama berwarna merah, yang kedua berwarna kuning, yang ke tiga berwarna hijau yang yang terakhir berwarna putih.
7.      Jika ada tim yang paling pertama dapat menyelesaikan permain ini, namun bola yang diambil tidak sesuai dengan urutan warna maka tim tersebut dinyatakan kalah.
8.      Peserta yang dinyatakan menang adalah peserta yang paling cepat menyumpulkan bola dengan urutan warna yang sesuai.
9.      Waktu yang diperlukan untuk satu kali permainan adalah sampai permainan selesai.
2.4  JALANNYA PERMAINAN
  1. Setiap tim menempati tempat yang sudah ditentukan. Seorang pemain sudah memakai teropong untuk menghalangi penglihatan pemain.
  2. Setelah diberikan aba-aba pemain langsung menuju ketempat bola berada secepat-cepatnya.
  3. Pemain pertama berjalan dengan dipandu oleh temannya untuk mengambil bola berwarna merah. Pemandu (teman) harus mengarahkan timnya dengan baik agar timnya tidak salah dalam mengambil bola yang sudah ditentukan.
  4. Setelah mendapatkan bola, kemuadian pemain berbalik menuju ke garis awal untuk menaruh bola kedalam kotak yang sudah disediakan. Bila terdapat kesalahan dalam pengambilan bola, pemain dapat mengulangi untuk mengambil bola.
  5. Selanjutnya pemain kedua bergantian memakai teropong, yang dipasang oleh temannya. Begitu juga untuk pemain ketiga dan keempat.
  6. Urutan pengambilan bola dalam permainan teropong telur adalah merah untuk pemain pertama, kuning untuk pemain kedua, hijau untuk pemain ketiga dan putih untuk pemain keempat.
  7. Setelah permainan selesai, pemenang ditentukan dengan cara melihat tim yang paling cepat mengumpulkan bola dengan urutan yang benar. Pemenang akan diberikan suatu penghargaan yaitu :
a)         Juara 1       : Mendapatkan snack dan air
b)      Juara 2          : Air
c)         Juara 3       : Permen
  1. Sedangkan hukuman bagi yang mendapatkan juara keempat adalah menyanyikan lagu cerry belle dengan menggunakan teropong. Atau mengendong pemenang bolak balik setengah lapangan.





 













Keterangan:
A = Wilayah untuk tim 1
B = Wilayah untuk tim 2
C = Wilayah untuk tim 3
D = Wilayah untuk tim 4
E = Pemain
F = Pemandu
G = Kotak/Gelas Bola
H = Kotak/Gelas Bola

2.5 MANFAAT PERMAINAN
Permainan teropong bola ini merupakan salah satu permainan yang menyenangkan namun sedikit agak susah karena diperlukannya kekompakan antar kelompok yaitu seperti dalam memandu pemain agar dapat mengambil dan memasukkan bola dengan benar. Banyak manfaat yang didapatkan dari permainan teropong bola ini, diantaranya yaitu :   
a.    Melatih anak untuk dapat berkomunikasi dengan baik
b.   Melatih kerja sama dalam tim
c.    Mengasah kemampuan berkonsentrasi
d.   Melatih ketepatan dan ketangkasan
e.    Meningkatkan kekuatan fisik
f.    Sebagai hiburan yang menyenangkan




















BAB III
PENUTUP
3.1     SIMPULAN
Permainan teropong telur merupakan permainan kreasi yaitu memvariasikan permainan teropong mata dengn permainan menggambil bola berwarna. Dapat diartikan bahwa permainan teropong telur adalah permainan menggambil bola sesuai warna namun peserta harus menutup matanya menggunakan suatu penutup mata yaitu berupa teropong yang di ujungnya di lubangi sedikit agar nantinya pemain dapat melihat kedepan walaupun tidak terlalu jelas. Disamping pemain ada juga seorang pemandu disetiap tim yang nantinya mengarahkan pemain untuk melangkah kedepan. Inti dari permainan ini adalah mengambil bola sesuai warna dan memasukkannya ke dalam sebuah kotak yang sudah diberi nama di setiap tim atau grup. Banyak manfaat yang didapatkan dari permainan teropong bola ini, diantaranya yaitu melatih anak untuk dapat berkomunikasi dengan baik, melatih kerja sama dalam tim, mengasah kemampuan berkonsentrasi, melatih ketepatan dan ketangkasan, meningkatkan kekuatan fisik, sebagai hiburan yang menyenangkan




1 komentar:


  1. Hanya di AGENS128 & ANAPOKER menawarkan BANYAK PROMO DAN BONUS!!
    Menangkan Puluhan hingga Ratusan juta!! Ayo join sekarang dengan Agens128 & ANAPOKER GAMEONLINE TERPECAYA DANA AMAN BONUS NEW MEMBER 10% BONUS CASHBACK s/d 10% dan BONUS FREECHIP MANTULL^^
    JADILAH PARTNER AGENS128 & ANAPOKER dan segera dapatkan BONUS MENARIKK^^
    Penasaran langsung saja klik link dibawah ini :
    LINK ALTERNATIF SBOBET
    SBOBET ALTERNATIF
    LOGIN SBOBET
    LINK SBOBET
    SABUNG AYAM ONLINE
    ADU AYAM
    CASINO ONLINE
    SABUNG AYAM BANGKOK
    AYAM LAGA BIRMA
    POKER DEPOSIT PULSA
    DEPOSIT PULSA
    DEPOSIT PULSA POKER
    DEPOSIT PULSA
    POKER DEPOSIT PULSA
    Info lebih lanjut bisa hubungi contact di bawah ini :
    WhatsApp : 085222555128

    BalasHapus