BAB I
PENDAHULUAN
1.1
Latar
Belakang
Sekolah
merupakan wadah pembelajaran yang dilakukan secara sederhana sebagai media
belajar. Sekolah merupakan lembaga pendidikan formal yang sangat tepat untuk
wadah pendidikan. Pendidikan disekolah mencakup ekstrakurikuler, koorikuler dan
intrakurikuler. Khususnya pendidikan jasmani sudah ada sejak pendidikan dari
SD. Pendidikan adalah usaha sadar untuk menyiapkan peserta didik melalui
kegiatan bimbingan, pengajaran dan latihan bagi peranannya di masa yang akan
datang yang dijalankan dengan sengaja, teratur dan berencana dengan mengubah
atau mengembangkan perilaku yang diinginkan.
Menurut Piaget, perkembangan kognitif anak melalui empat
tahap yaitu tahap sensorimotor (berlangsung pada umur 0-2 tahun), tahap
praoperasional (umur 2-7 tahun), tahap operasional konkret, (umur 7-11 tahun),
dan tahap operasional formal (berlangsung mulai umur 11 tahun ke atas).
Berdasarkan tahap-tahap perkembangan yang dikemukakan oleh Piaget, maka anak
Sekolah Dasar (SD) berada dalam tahap operasional konkret. Anak Sekolah Dasar
yang berada pada tahap operasional konkret ini memiliki karakteristik unik.
Pada tahap ini, kemampuan anak untuk berpikir secara logis semakin berkembang.
Selain itu anak pada tahap ini sangat senang bermain, senang bergerak, senang
bekerja dalam kelompok, dan senang merasakan dan melakukan hal-hal secara
langsung. Sesuai dengan karakter anak SD maka proses pembelajaran di SD
dirancang sedemikian rupa agar dapat bermuatan permainan yang lebih. Guru SD seyogyanya merancang model pembelajaran
yang memungkinkan adanya unsur permainan di dalamnya. Salah satu pelajaran yang
bermuatan permainan adalah Pendidikan Jasmani.
Pembelajaran Pendidikan Jasmani bagi siswa di tingkat Sekolah Dasar bertujuan untuk
meningkatkan pengetahuan dan keterampilan terhadap berbagai cabang olahraga serta untuk
meningkatkan kebugaran jasmani dan
kesehatan. Pembelajaran Pendidikan Jasmani di SD biasanya adalah atletik, senam,
juga permainan lainnya seperti sepak bola, bola voli, dan lainnya. Pembelajaran
Pendidikan Jasmani di SD bisa dilaksanakan melalui permainan-permainan yang
menarik sehingga anak dapat meningkatkan pengetahuan dan keterampilannya dengan
menyenangkan. Teropong telur adalah salah satu kreasi permainan yang belum banyak diketahui banyak kalangan.
Teropong telur merupakan permainan bertim yang menarik dilaksanakan di SD
sebagai sarana untuk melaksanakan pembelajaran Pendidikan Jasmani. Permainan teropong telur
memberikan pemenuhan kebutuhan bagi anak SD yang memiliki karakter unik seperti
yang telah dijelaskan di atas. Berdasarkan hal tersebut penulis menulis makalah
yang berjudul “Permainan Kreasi
Teropong Telur sebagai Pembelajaran Pendidikan Jasmani
di SD” yang diharapkan dapat dijadikan sebagai referensi dalam mengajar
Pendidikan Jasmani di SD.
1.2
Rumusan
Masalah
Berdasarkan latar belakang
yang penulis paparkan dalam makalah ini, maka dapat dirumuskan masalah sebagai
berikut.
1)
Apa yang dimaksud dengan permainan teropong
telur?
2)
Apa saja alat dan bahan yang diperlukan dalam
permainan teropong telur?
3)
Bagaimana aturan permainan teropong telur?
4)
Bagaimanakah jalannya permainan teropong telur?
5)
Apa manfaat dari permainan teropong telur?
1.3
Tujuan
Berdasarkan
rumusan masalah yang penulis paparkan, maka dapat dirumuskan tujuan sebagai
berikut.
1) Untuk mendeskripsikan permainan teropong telur
2) Untuk mengetahui alat dan bahan permainan teropong telur
3) Untuk mendeskripsikan aturan
permainan teropong telur
4) Untuk mendeskripsikan jalannya
permainan teropong telur
5) Untuk mendeskripsikan manfaat
dari permainan teropong telur
1.4
Manfaat
Adapun
manfaat dari penulisan makalah ini adalah sebagai berikut.
1. Bagi
pembaca,
Dengan adanya makalah
ini diharapkan dapat menjadi sumber belajar mengenai permainan teropong telur
dan cara memainkannya.
2.
Bagi mahasiswa
Dapat memahami salah
satu permainan yang ada di sekolah dasar yaitu permainan teropong telur.
3. Bagi
penulis
Dengan adanya makalah ini dapat menambah
pengetahuan penulis mengenai permainan kreasi
yang baru dan cara memainkannya di sekolah dasar.
BAB II
PEMBAHASAN
2.1
PENGERTIAN TEROPONG TELUR
Permainan
teropong telur merupakan kreasi permainan yaitu memvariasikan permainan teropong
mata dengn permainan menggambil bola berwarna. Dapat diartikan bahwa permainan
teropong telur adalah permainan menggambil bola sesuai warna namun peserta
harus menutup matanya menggunakan alat penutup mata yaitu berupa teropong yang
di ujungnya di lubangi sedikit agar nantinya pemain dapat melihat kedepan
walaupun tidak terlalu jelas. Telur yang dimaksud dalam permainan adalah bola. Disamping
pemain ada juga seorang pemandu disetiap tim yang nantinya mengarahkan pemain
untuk melangkah kedepan dan mengarahkan timnya untuk mengambil bola sesuai
dengan warna.
Gambar 2.1 Permainan Teropong Telur
2.2
SARANA DAN PRASARANA
A.
SARANA
1.
Ketas karton/Manila
2.
Gunting
3.
Cuter
4.
Kareng gelang
atau tali
5.
Pembolong kertas
6.
Bola warna warni
7.
Kaleng bekas /
kotak bekas
8.
Patok
9.
Meteran
B.
PRASARANA
1.
Permainan
ini adalah sebuah permainan grup yang terdiri dari empat grup atau bias lebih sesuai
situasi dan kondisi, di mana masing-masing
tim terdiri dari 3 - 5 orang. Inti dari permainan ini
adalah mengambil bola sesuai warna dan
memasukkannya ke dalam sebuah kotak yang sudah diberi nama
di setiap tim atau grup.
2.
Permainan
ini dapat dimainkan ditempat yang memadai
seperti di lapangan sepak bola maupun bulu tangkis dengan menggunakan lapangan segiempat dengan ukuran kurang lebih 8 x 12 m yang dibagi menjadi 4
bagian namun bias juga tidak dibagi. Garis batas dari setiap bagian biasanya diberi tanda dengan
kapur. Setiap tim akan berada pada
masing-masing garis yang sudah ditentukan. Petak gambar
bisa ditambah sesuai dengan situasi dan kondisi saat bermain.
3.
Pemain akan menggunkan sebuah
penutup mata yaitu berupa teropong yang akan dikaitkan pada telinga setiap
pemain. Teropong ini nantinya akan digunakan bergantian oleh para pemain pada
setiap tim.
4.
Bola yang digunakan adalah bola yang berwarna,
yaitu digunakan warna merah, kuning, hijau dan putih (dapat disesuaikan
2.3
ATURAN
PERMAINAN TEROPONG TELUR
1.
Pada saat permainan dimulai,
pemain harus berada dibelakang garis start. Ini bertujuan agar tidak adanya
kecurangan dalam bermain.
2.
Pemandu dalam setiap tim tidak
boleh melewati garis yang sudah ditentukan pada saat mengarahkan timnya. Selain
itu juga seorang anggota yang bertindak sebagai pemandu dilarang mengarahkan
kawannya dengan sentuhan. Dia hanya boleh mengarahkan dengan komunikasi verbal.
3.
Seorang pemain boleh melewati
garis wilayahnya pada saat berjalan, namun pemain harus mengambil bola sesuai
dengan tempat timnya berada, seorang pemandu harus dapat mengarahkan temannya
agar tidak salah dalam mengambil bola.
4.
Yang menjadi pemandu adalah
orang yang berada di seberang, dan pemain yang belum bermain boleh mengarahkan
temannya yang sedang bermain. Jadi ada 2 bagian pemandu dalam 1 tim.
5.
Pemain berjalan bolak balik
dalam permain ini. Setelah itu pemain pertama digantikan oleh pemain
sejanjutnya. Pemain yang kedua dan seterusnya juga harus menggunkanan penutup
mata yaitu teropong.
6.
Pemain diharuskan mengambil
bola sesuai dengan perintah atau suruhan yang sudah ada, contohnya yaitu pemain
harus mengambil bola berturut-turut yang pertama berwarna merah, yang kedua
berwarna kuning, yang ke tiga berwarna hijau yang yang terakhir berwarna putih.
7.
Jika ada tim yang paling
pertama dapat menyelesaikan permain ini, namun bola yang diambil tidak sesuai
dengan urutan warna maka tim tersebut dinyatakan kalah.
8.
Peserta yang dinyatakan menang
adalah peserta yang paling cepat menyumpulkan bola dengan urutan warna yang
sesuai.
9.
Waktu yang diperlukan untuk
satu kali permainan adalah sampai permainan selesai.
2.4 JALANNYA PERMAINAN
- Setiap tim menempati tempat yang sudah ditentukan. Seorang pemain sudah memakai teropong untuk menghalangi penglihatan pemain.
- Setelah diberikan aba-aba pemain langsung menuju ketempat bola berada secepat-cepatnya.
- Pemain pertama berjalan dengan dipandu oleh temannya untuk mengambil bola berwarna merah. Pemandu (teman) harus mengarahkan timnya dengan baik agar timnya tidak salah dalam mengambil bola yang sudah ditentukan.
- Setelah mendapatkan bola, kemuadian pemain berbalik menuju ke garis awal untuk menaruh bola kedalam kotak yang sudah disediakan. Bila terdapat kesalahan dalam pengambilan bola, pemain dapat mengulangi untuk mengambil bola.
- Selanjutnya pemain kedua bergantian memakai teropong, yang dipasang oleh temannya. Begitu juga untuk pemain ketiga dan keempat.
- Urutan pengambilan bola dalam permainan teropong telur adalah merah untuk pemain pertama, kuning untuk pemain kedua, hijau untuk pemain ketiga dan putih untuk pemain keempat.
- Setelah permainan selesai, pemenang ditentukan dengan cara melihat tim yang paling cepat mengumpulkan bola dengan urutan yang benar. Pemenang akan diberikan suatu penghargaan yaitu :
a)
Juara 1 :
Mendapatkan snack dan air
b)
Juara 2 : Air
c)
Juara 3 :
Permen
- Sedangkan hukuman bagi yang mendapatkan juara keempat adalah menyanyikan lagu cerry belle dengan menggunakan teropong. Atau mengendong pemenang bolak balik setengah lapangan.
Keterangan:
A
= Wilayah untuk tim 1
B
= Wilayah untuk tim 2
C
= Wilayah untuk tim 3
D
= Wilayah untuk tim 4
E = Pemain
F = Pemandu
G = Kotak/Gelas Bola
H = Kotak/Gelas Bola
2.5
MANFAAT PERMAINAN
Permainan teropong bola
ini merupakan salah satu permainan yang menyenangkan namun sedikit agak susah
karena diperlukannya kekompakan antar kelompok yaitu seperti dalam memandu
pemain agar dapat mengambil dan memasukkan bola dengan benar. Banyak manfaat
yang didapatkan dari permainan teropong bola ini, diantaranya yaitu :
a.
Melatih anak untuk dapat berkomunikasi
dengan baik
b.
Melatih kerja sama dalam tim
c.
Mengasah kemampuan berkonsentrasi
d.
Melatih ketepatan dan ketangkasan
e.
Meningkatkan kekuatan fisik
f.
Sebagai hiburan yang menyenangkan
BAB III
PENUTUP
3.1 SIMPULAN
Permainan teropong telur merupakan permainan kreasi yaitu memvariasikan
permainan teropong mata dengn permainan menggambil bola berwarna. Dapat
diartikan bahwa permainan teropong telur adalah permainan menggambil bola
sesuai warna namun peserta harus menutup matanya menggunakan suatu penutup mata
yaitu berupa teropong yang di ujungnya di lubangi sedikit agar nantinya pemain
dapat melihat kedepan walaupun tidak terlalu jelas. Disamping pemain ada juga
seorang pemandu disetiap tim yang nantinya mengarahkan pemain untuk melangkah
kedepan. Inti dari permainan ini adalah mengambil bola sesuai warna dan memasukkannya ke dalam sebuah kotak yang
sudah diberi nama di
setiap tim atau grup. Banyak manfaat yang didapatkan dari
permainan teropong bola ini, diantaranya yaitu melatih anak untuk dapat
berkomunikasi dengan baik, melatih kerja sama dalam
tim,
mengasah
kemampuan berkonsentrasi, melatih ketepatan dan ketangkasan, meningkatkan kekuatan fisik,
sebagai hiburan yang menyenangkan
BalasHapusHanya di AGENS128 & ANAPOKER menawarkan BANYAK PROMO DAN BONUS!!
Menangkan Puluhan hingga Ratusan juta!! Ayo join sekarang dengan Agens128 & ANAPOKER GAMEONLINE TERPECAYA DANA AMAN BONUS NEW MEMBER 10% BONUS CASHBACK s/d 10% dan BONUS FREECHIP MANTULL^^
JADILAH PARTNER AGENS128 & ANAPOKER dan segera dapatkan BONUS MENARIKK^^
Penasaran langsung saja klik link dibawah ini :
LINK ALTERNATIF SBOBET
SBOBET ALTERNATIF
LOGIN SBOBET
LINK SBOBET
SABUNG AYAM ONLINE
ADU AYAM
CASINO ONLINE
SABUNG AYAM BANGKOK
AYAM LAGA BIRMA
POKER DEPOSIT PULSA
DEPOSIT PULSA
DEPOSIT PULSA POKER
DEPOSIT PULSA
POKER DEPOSIT PULSA
Info lebih lanjut bisa hubungi contact di bawah ini :
WhatsApp : 085222555128