Minggu, 05 Januari 2014

Permainan Memasukkan Paku dalam Botol



BAB I
PENDAHULUAN

1.1 Latar Belakang
Permainan merupakan suatu sarana hiburan yang diminati dan dimainkan oleh banyak orang baik dari kalangan anak-anak, remaja maupun orang dewasa. Permainan ini terdiri dari permainan tradisional dan permainan modern. Permainan berasal dari kata “main” yang artinya melakukan sesuatu kegiatan untuk menyenangkan hati, baik menggunakan alat, maupun tidak. Bermain adalah kegiatan yang sangat dekat dengan dunia anak. Kegiatan ini dapat dilakukan secara perorangan maupun berkelompok. Jenis permainan, jumlah peserta serta lamanya waktu yang dialokasikan untuk bermain, bergantung pada keingingan serta kesepakatan yang dibuat oleh para peserta. Permaianan digunakan sebagai istilah luas yang mencakup jangkauan kegiatan dan prilaku yang luas serta mungkin bertindak sebagai ragam tujuan yang sesuai dengan usia anak.
Permainan tradisional atau biasa disebut folkgames ini, perlahan terasa mulai terpinggirkan. Bahkan melalui film kartun yang diproduksi oleh Negara tetangga, beberapa permainan anak tradisional terkesan bukan lagi menjadi milik bangsa Indonesia. Melalui tontonan tersebut, anak Indonesia mengenal permainan tersebut sebagai tuntunan yang justru disajikan oleh bangsa lain. Kini, semua anak mulai beralih memainkan gadget-gadget cangih. 
Permainan modern yang saat ini menjadi idola baru bagi anak-anak dinilai kurang mendidik, cenderung individual, materialistis, ingin menang sendiri, dan masih banyak efek negatif lainnya. Ironis memang, permainan modern yang sebagian besar berasal bukan dari negara sendiri, justru semakin digemari. Padahal, permainan tradisional dapat menjadi identitas warisan budaya bangsa ditengah keterpurukan kondisi bangsa saat ini.
Kita sebagai calon seorang guru hendaknya kita mengetahui jenis-jenis permainan tradisonal. Salah satu permainan tradisional yang sering ditampilkan adalah memasukkan paku dalam botol. Permainan ini sangat bermanfaat bagi anak kecil selain permainan ini juga menyenangkan.

1.2 Rumusan Masalah
Berdasarkan latar belakang di atas dapat dirumuskan rumusan masalah sebagai berikut.
1.      Apa Pengertian memasukkan paku dalam botol ?
2.      Bagaimanakah Sarana dan Prasarana yang digunakan dalam permainan memasukkan paku daam botol?
3.      Bagaimanaka cara bermain dan pemain memasukkan paku dalam botol?
4.      Bagaimankah sistem kemenangan dan perwasitan dalam permainan memasukkan paku dalam notol ?
5.      Apa manfaat dari permainan memasukkan pak dalam botol?

1.3Tujuan Penulisan
Berdasarkan rumusan masalah di atas tujuan penulisan makalah ini adalah sebagai berikut.
1.      Untuk mendeskripsikan pengertian memasukkan paku dalam botol.
2.      Untuk mengetahui sarana dan Prasarana yang digunakan dalam permainan memasukkan paku dalam botol.
3.      Untuk mengetahui cara bermain dan Pemain memasukkan paku dalam botol.
4.      Untuk mengetahui sistem kemenangan dan perwasitan dalam permainan memasukkan paku dalam botol.
1.4 Manfaat Peniulisan
Adapun manfaat penulisan makalah ini adalah sebagai berikut.
1)      Bagi penulis
Makalah ini kami buat untuk  memenuhi salah satu tugas yang diberikan oleh dosen mata kuliah Pendidikan Jasmani dan juga dapat menambah wawasan dan pengetahuan kami mengenai permainan tradisional di Bali.
2)      Bagi pembaca
Makalah ini kami harapkan dapat menjadi salah satu sumber informasi sehingga dapat menambah wawasan dan pengetahuan mahasiswa maupun pembaca mengenai materi yang kami bahas dalam makalah ini.

BAB II
PEMBAHASAN

2.1 Pengertian Permainan Memasukkan Paku dalam Botol
            Permainan memasukkan paku dalam botol merupakan salah satu permainan yang biasanya dilaksanakan pada perayaan hari kemerdekaan, acara pertengahan semester dan lain sebagainya. Permainan ini biasanya dipermainkan oleh anak-anak dan remaja baik putra maupun putri.
            Permainan ini menggambarkan usaha seorang anak untuk memasukkan paku yang digantung dengan menggunakan tali ke dalam botol. Dalam permainan ini berpasang-pasangan anak yang satu bertugas untuk memasukkan paku yang digantung dalam botol sedangkan yang lagi bertugas untuk memberika aba-aba.

2.2 Sarana dan Prasarana yang Diperlukan dalam Permainan Memasuukkan Paku dalam Botol
ü  Lapangan
ü  4 buah paku
ü  4 buah botol minuman
ü  Benang wol

2.3 Cara Bermain Memasukkan Paku dalam Botol
1.      Setiap peserta mencari pasangannya masing-masing
2.      Satu peserta mengikat paku dengan seutas tali yang digantungkan di belakang badan peserta lomba.
3.      Peserta yang lagi satu berada di samping botol dan memegang selendang.
4.      Siswa yang telah digantungkan paku berdiri di garis start.
5.      Setelah dihitung 1,2,3 siswa yang menggantung paku mendekati botol dan berusaha memasukan paku dalam botol.

6.      Siswa yang memegang selendang memberikan arahan kepada pasangannya.
7.      Setelah peserta berhasil memasukkan paku dalam botol, peserta memegang selendang melepaskan tali yang ada pada pinggang peserta yang memasukkan paku lalu mengikat satu kaki kedua  peserta.
8.      Setelah itu kedua  peserta kembali ke garis start.
9.      Peserta yang paling awal sampai pada garis star dialah pemenangnya.
2.4  Kemenangan dan Perwasitan
A.    Kemenangan
Permainan memasukan paku dalam botol akan berhenti ketika kedua peserta berhasil tiba kembali di garis star.
B.     Perwasitan
1.         Peserta yang menggunakan tangannya untuk memasukkan paku ke dalam botol dinyatakan gugur.
2.         Jika peserta yang memegang selendang mengikat peserta lagi satu sebelum peserta berhasil memasukkan paku maka dinyatakan gagal.
2.5 Manfaat Permainan
1.      Melatih kerja sama
Peserta akan memenangkan permainan ini dengan mudah jika diantara kedua peserta terjalin kerjasama.
2.      Melatih kosentrasi peserta
3.      Melatih kesabaran
Hal ini dilihat ketika peserta harus berulang kali mencoba memasukkan paku dalam botol.
4.      Dalam segala jenis permainan, mengenal konsep menang dan kalah. Namun menang dan kalah ini tidak menjadikan para pemainnya bertengkar atau minder. Bahkan ada kecenderungan, orang yang sudah bisa melakukan permainan mengajarkan tidak secara langsung kepada teman-temannya yang belum bisa.
5.      Permainan tradisional dapat dilakukan oleh para pemain dengan multi jenjang usia dan tidak lekang oleh wa




























BAB III
PENUTUP

Simpulan:
1.      Permainan ini menggambarkan usaha seorang anak untuk memasukkan paku yang digantung dengan menggunakan tali ke dalam botol.
2.      Sarana yang diperlukan dalam permainan ini adalah paku, botol dan tali rafiah.
3.      Peserta yang matanya ditutup bertugas untuk memasukkan paku dalam botol dan peserta yang matanya tidak ditutup bertugas memberikan aba-aba..
4.      Permainan ini akan berakhir jik peserta telah dapat memasukkan paku ke dalam botol dan peserta yang melakukan kecurangan dinyatakan gugur.
5.      Manfaat dari permainan ini adalah melatih kerjasama, konsentrasi peserta dan kesabaran.

Saran:
1.      Sebagai calon guru, hendaknya kita mengetahui permainan tradisional  yang ada didaerah kita untuk melestarikan dan memperkenalkan permainan itu supaya permainan itu tidak hilang seiring dengan perkembangan zaman.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar