PENDAHULUAN
1.
Latar
Belakang
Pengajaran
identik dengan pendidikan. Proses pengajaran adalah proses pendidikan. Setiap
kegiatan pengajaran adalah untuk mencapai tujuan pendidikan. Pengajaran adalah
suatu proses aktivitas mengajar dan belajar, didalamnya terdapat dua subjek
yang saling terlibat, yaitu guru dan peserta didik. Belajar adalah kegiatan
yang berproses dan merupakan unsur yang sangat fundamental dalam melaksanakan
setiap jenis dan jenjang pendidikan. Adanya proses yang panjang dan tertata
dengan rapi serta berjenjang akan memungkinkan belajar menjadi lebih baik dan
efisien.
Dalam
keseluruhan proses pendidikan di sekolah, kegiatan belajar merupakan kegiatan
yang paling pokok. Ini berarti bahwa berhasil atau tidaknya pencapai tujuan
pendidikan hanya bergantung kepada bagaimana proses belajar yang di alami oleh
murid sebagai anak didik. Menurut Cronbach dia mengemukakan dalam bukunya
educational psychology dengan menyatakan bahwa “Belajar dengan yang
sebaik-baiknya adalah dengan mengalami dan dalam mengalami itu sipengajar
mempergunakan panca indranya.
Tantangan
dalam dunia pendidikan ke depan adalah mewujudkan proses demokratisasi belajar.
Pembelajaran yang mengakui hak anak untuk melakukan tindakan belajar sesuai
karakteristiknya dan potensi yang ada dalam diri anak. Salah satu cara untuk dapat
mencapai hal tersebut adalah dengan cara mempelajari teori-teori beajar.
Teori
belajar selalu dikaitkan dengan ruang lingkup bidang psikologi bahwa ada
beberapa aspek yang harus mendapat perhatian, yaitu aspek kognitif, aspek
afektif dan aspek psikomotor. Hal inilah yang melahirkan berbagai teori dalam
pembelajaran. Salah satu teori yang akan kami bahas di dalam paper ini adalah
teori belajar Les S. Vygotsky.
2.
Rumusan
Masalah
Berdasarka latar
belakang di atas dapat dirumuskan beberapa rumusan masalah sebagai berikut.
1) Bagaimanakah
Biografi singkat Les S. Vygotsky?
2) Bagaimanakah
prinsip perkembangan teori psikologi Kultural Historis Les S. Vygotsky?
3) Bagaimana
prinsip pembelajaran dalam teori perkembangan psikologis Kultural Historis Les
S. Vygotsky?
4) Bagaimana
cara mengaplikasikan prinsip pembelajaran dalam teori perkembangan psikologis Kultural
Historis Les S. Vygotsky?
3.
Tujuan
Penulisan
Berdasarkan
rumusan masalah di atas tujuan penulisan paper ini adalah sebagai berikut.
1) Untuk
mendeskripsikan biografi singkat Les S. Vygotsky.
2) Untuk
mendeskripsikan prinsip perkembangan teori psikologi Kultural Historis Les S.
Vygotsky.
3) Untuk
mendeskripsikan prinsip pembelajaran dalam teori perkembangan psikologis
Kultural Historis Les S. Vygotsky.
4) Untuk
mengetahui cara mengaplikasikan prinsip pembelajaran dalam teori perkembangan
psikologis Kultural Historis Les S. Vygotsky.
4.
Manfaat
Penulisan
Adapun manfaat penulisan paper ini
adalah sebagai berikut.
1) Bagi
Pembaca
Melalui
paper yang berjudul Teori Perkembangan Psikologis Kultural Historis Les S.
Vygotsky ini, pembaca dapat mengetahui bagaimana perkembangan, pembelajaran dan
aplikasi pendidikan dari teori psikologis Kultural Historis Les S. Vygotsky.
2) Bagi
Penulis
Melalui paper ini penulis
memperoleh pengetahuan mengenai dari penyusunan paper dalam teori perkembangan
psikologis Kultural Historis Les S. Vygotsky ini. Pengetahuan ini merupakan
bekal bagi penulis sebagai calon guru sekolah dasar.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar