Selasa, 07 Januari 2014

Prinsip perkembangan teori psikologi Kultural Historis Les S. Vygotsky



PENDAHULUAN

1.      Latar Belakang
Pengajaran identik dengan pendidikan. Proses pengajaran adalah proses pendidikan. Setiap kegiatan pengajaran adalah untuk mencapai tujuan pendidikan. Pengajaran adalah suatu proses aktivitas mengajar dan belajar, didalamnya terdapat dua subjek yang saling terlibat, yaitu guru dan peserta didik. Belajar adalah kegiatan yang berproses dan merupakan unsur yang sangat fundamental dalam melaksanakan setiap jenis dan jenjang pendidikan. Adanya proses yang panjang dan tertata dengan rapi serta berjenjang akan memungkinkan belajar menjadi lebih baik dan efisien.
Dalam keseluruhan proses pendidikan di sekolah, kegiatan belajar merupakan kegiatan yang paling pokok. Ini berarti bahwa berhasil atau tidaknya pencapai tujuan pendidikan hanya bergantung kepada bagaimana proses belajar yang di alami oleh murid sebagai anak didik. Menurut Cronbach dia mengemukakan dalam bukunya educational psychology dengan menyatakan bahwa “Belajar dengan yang sebaik-baiknya adalah dengan mengalami dan dalam mengalami itu sipengajar mempergunakan panca indranya.
Tantangan dalam dunia pendidikan ke depan adalah mewujudkan proses demokratisasi belajar. Pembelajaran yang mengakui hak anak untuk melakukan tindakan belajar sesuai karakteristiknya dan potensi yang ada dalam diri anak. Salah satu cara untuk dapat mencapai hal tersebut adalah dengan cara mempelajari teori-teori beajar.
Teori belajar selalu dikaitkan dengan ruang lingkup bidang psikologi bahwa ada beberapa aspek yang harus mendapat perhatian, yaitu aspek kognitif, aspek afektif dan aspek psikomotor. Hal inilah yang melahirkan berbagai teori dalam pembelajaran. Salah satu teori yang akan kami bahas di dalam paper ini adalah teori belajar Les S. Vygotsky.

2.      Rumusan Masalah
Berdasarka latar belakang di atas dapat dirumuskan beberapa rumusan masalah sebagai berikut.
1)      Bagaimanakah Biografi singkat Les S. Vygotsky?
2)      Bagaimanakah prinsip perkembangan teori psikologi Kultural Historis Les S. Vygotsky?
3)      Bagaimana prinsip pembelajaran dalam teori perkembangan psikologis Kultural Historis Les S. Vygotsky?
4)      Bagaimana cara mengaplikasikan prinsip pembelajaran dalam teori perkembangan psikologis Kultural Historis Les S. Vygotsky?

3.      Tujuan Penulisan
Berdasarkan rumusan masalah di atas tujuan penulisan paper ini adalah sebagai berikut.
1)      Untuk mendeskripsikan biografi singkat Les S. Vygotsky.
2)      Untuk mendeskripsikan prinsip perkembangan teori psikologi Kultural Historis Les S. Vygotsky.
3)      Untuk mendeskripsikan prinsip pembelajaran dalam teori perkembangan psikologis Kultural Historis Les S. Vygotsky.
4)      Untuk mengetahui cara mengaplikasikan prinsip pembelajaran dalam teori perkembangan psikologis Kultural Historis Les S. Vygotsky.

4.      Manfaat Penulisan
Adapun manfaat penulisan paper ini adalah sebagai berikut.
1)      Bagi Pembaca
Melalui paper yang berjudul Teori Perkembangan Psikologis Kultural Historis Les S. Vygotsky ini, pembaca dapat mengetahui bagaimana perkembangan, pembelajaran dan aplikasi pendidikan dari teori psikologis Kultural Historis Les S. Vygotsky.
2)      Bagi Penulis
Melalui paper ini penulis memperoleh pengetahuan mengenai dari penyusunan paper dalam teori perkembangan psikologis Kultural Historis Les S. Vygotsky ini. Pengetahuan ini merupakan bekal bagi penulis sebagai calon guru sekolah dasar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar