Rabu, 18 Desember 2013

SEJARAH PERKEMBANGAN TIK DI INDONESIA



KATA PENGANTAR

Puji syukur penulis panjatkan kehadapan Tuhan Yang Maha Esa yang telah melimpahkan segala rahmat dan karunia serta hidayah-Nya sehingga penulis dapat menyelesaikan tugas makalah yang berjudul “Sejarah Perkembangan TIK di Indonesiasebagai salah satu syarat untuk memenuhi tugas dalam mata kuliah Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi.
Keberhasilan penulisan makalah ini tentulah tidak terlepas dari bantuan berbagai pihak yang terkait. Penulis menyadari bahwa makalah ini masih jauh dari sempurna. Oleh karena itu, kritik dan saran yang sifatnya membangun ke arah yang positif dari berbagai pihak, penulis menerima dengan senang hati. Namun, dibalik ketidaksempurnaannya itu masih tersimpan sebuah harapan, semoga makalah ini dapat bermanfaat bagi pembaca.



                                                      Singaraja, 1 Oktober  2013


                                                                         Penulis


















DAFTAR ISI
Kata Pengantar   …………………………………………………………….      i
Dartar Isi    ………………………………………………………………….     ii
BAB I PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang..................................................................................     1
1.2 Rumusan Masalah.............................................................................      1
1.3 Tujuan................................................................................................      2
1.4 Manfaat.............................................................................................      2
BAB II PEMBAHASAN
       2.1 Perkembangan TIK.............................. ………………….…………     4
       2.2 Macam-Macam Peralatan Tik Dan Fungsinya...................................      7
       2.3 Kelemahan dan Kekurangan TIK.....................................................    10
BAB III PENUTUP
       3.1 Simpulan............................................................................................    15
3.2 Saran..................................................................................................    15
DAFTAR PUSTAKA


BAB I
PENDAHULUAN

1.1 Latar Belakang
Di era globalisasi pada masa sekarang ini, memaksa kita terkhusus masayarakat Indonesia untuk bisa mengenal dan memahami berbagai perkembangan TIK. Berbagai kemudahan memperoleh informasi dari berbagai penjuru dunia dapat kita nikmati dalam hitungan detik. Dengan teknologi yang luas ini kita harus dapat memanfaatkannya. Diantara teknologi informasi yang hampir disetiap tempat kita temukan adalah computer. Sekarang computer sangat berkembang pesat hampir setiap tahun computer selalu mengalami perkembangan. Orang bisa menggunakan computer dimana saja dirumah, dikafe, disekolah, dan ditempat lainnya. Sedangkan model dan design dari computer itu sendiri juga mengalami perkembangan. Komputer yang kita gunakan sekarang ini tidak serta merta muncul begitu saja melainkan melalui proses yang panjang dalam evolusinya.
 Keadaan yang demikian, dimana sebuah teknologi mampu merubah sesuatu yang belum tentu dapat dilakukan menjadi sebuah kenyataan. Misalnya, kalau dahulu orang tidak dapat berbicara dengan orang lain yang berada di suatu tempat yang berjarak jauh, maka setelah adanya telepon orang dapat berbicara tanpa batas dan jarak waktu. Dari sinilah, semula dengan ditemukannya berbagai perangkat sederhana, mulai dari telepon, yang berbasis analog, maju dan berkembang terus hingga muncul berbagai perangkat elektronik lainnya. Hingga akhirnya teknologi ini berintegrasi satu dengan lainnya.
Teknologi komunikasi yang telah ada merupakan sebuah jawaban dari adanya perkembangan zaman. Hal ini terjadi karena semakin berkembang maju sebuah peradaban manusia maka teknologi pun akan terus mengalami perkembangan untuk menyelaraskan pola peradaban manusia itu sendiri. Untuk itu dalam makalah ini, penulis mencoba untuk memaparkan mengenai.
Perkemmbangan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) dan segala hal yang menyangkut di dalamnya. Secara jangka panjang, perkembangan TIK memberikan arti yang sangat positif, namun di sisi lain, tidak sedikit pula yang membawa dampak negatif.

1.2 Rumusan Masalah
Berdasarkan pemaparan di atas, dapat dirumuskan beberapa masalah sebagai berikut.
1)        Bagaimana sejarah perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) di Indonesia?
2)        Apa saja macam-macam peralatan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) dan fungsinya?
3)        Apa kelebihan dan kekurangan Teknologi Informasi dan Komunikasi  (TIK)?
1.3 Tujuan Makalah
Berdasarkan makalah di atas, tujuan dari penulisan makalah ini adalah sebagai berikut.
1)   Untuk dapat mengetahui sejarah perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) di Indonesia.
2)   Untuk mengetahui dan memahami macam-macam Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) dan fungsinya.
3)   Untuk dapat mengetahui kelebihan dan kekurangan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK).

1.4 Manfaat Makalah
Adapun manfaat dari penulisan makalah ini, yakni sebagai berikut.
1)   Bagi pembaca
Dengan adanya makalah ini diharapkan dapat menjadi sumber belajar mengenai perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) di Indonesia dan segala hal yang menyangkut di dalamnya.
2)    Bagi penulis
Dengan makalah ini dapat menambah pengetahuan penulis perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) di Indonesia dan segala hal yang menyangkut di dalamnya. Selain itu makalah ini juga menjadikan cikal bakal, untuk menjalin kerjasama dalam berkelompok dalam menulis makalah yang berjudul Perkembangan Teknologi dan Informasi di Indonesia. 
BAB II
PEMBAHASAN

2.1 PERKEMBANGAN TIK
Teknologi Informasi dan Komunikasi/TIK (Information and Communication Technologies/ICT) di kalangan negara Asia berbahasa Inggris disebut sebagai Infocom, adalah payung besar terminologi yang mencakup seluruh peralatan teknis untuk memproses dan menyampaikan informasi. TIK mencakup dua aspek yaitu teknologi informasi dan teknologi komunikasi. Teknologi informasi meliputi segala hal yang berkaitan dengan proses, penggunaan sebagai alat bantu, manipulasi, dan pengelolaan informasi. Sedangkan teknologi komunikasi adalah segala sesuatu yang berkaitan dengan penggunaan alat bantu untuk memproses dan mentransfer data dari perangkat yang satu ke lainnya. Tercakup dalam definisi tersebut adalah semua perangkat keras, perangkat lunak, kandungan isi, dan infrastruktur komputer maupun (tele) komunikasi, muncul setelah berpadunya teknologi komputer (baik perangkat keras maupun perangkat lunaknya) dan teknologi komunikasi sebagai sarana penyebaran informasi pada paruh kedua abad ke-20.
Perpaduan kedua teknologi tersebut berkembang sangat pesat, jauh melampaui bidang-bidang teknologi lainnya. Bahkan sampai awal abad ke-21 ini, dipercaya bahwa bidang TIK masih akan terus pesat berkembang dan belum terlihat titik jenuhnya sampai beberapa dekade mendatang. Pada tingkat global, perkembangan TIK telah mempengaruhi seluruh bidang kehidupan umat manusia. Intrusi TIK ke dalam bidang-bidang teknologi lain telah sedemikian jauh sehingga tidak ada satupun peralatan hasil inovasi teknologi yang tidak memanfaatkan perangkat TIK.
Perkembangan teknologi yang secara nyata memberi sumbangan terhadap eksistensi TIK saat ini. Pertama adalah temuan telepon oleh Alexander Graham Bell pada tahun 1875. Temuan ini kemudian ditindakl anjuti dengan penggelaran jaringan komunikasi dengan kabel yang melilit seluruh daratan Amerika, bahkan kemudian diikuti pemasangan kabel komunikasi trans-atlantik. Inilah infrastruktur masif pertama yang dibangun manusia untuk komunikasi global. Memasuki abad ke-20, tepatnya antara tahun 1910-1920, terealisasi transmisi suara tanpa kabel melalui siaran radio AM yang pertama (Lallana, 2003:5). Komunikasi suara tanpa kabel segera berkembang pesat, dan kemudian bahkan diikuti pula oleh transmisi audio-visual tanpa kabel, yang berwujud siaran televisi pada tahun 1940-an. Komputer elektronik pertama beroperasi pada tahun 1943, yang kemudian diikuti oleh tahapan miniaturisai komponen elektronik melalui penemuan transistor pada tahun 1947, dan rangkaian terpadu (integrated electronics) pada tahun 1957. Perkembangan teknologi elektronika, yang merupakan soko guru TIK saat ini, mendapatkan momen emasnya pada era perang dingin. Persaingan IPTEK antara blok Barat (Amerika Serikat) dan blok Timur (eks Uni Sovyet) justru memacu perkembangan teknologi elektronika lewat upaya miniaturisasi rangkaian elektronik untuk pengendali pesawat ruang angkasa maupun mesin-mesin perang. Miniaturisasi komponen elektronik, melalui penciptaan rangkaian terpadu, pada puncaknya melahirkan mikroprosesor. Mikroprosesor inilah yang menjadi ‘otak’ perangkat keras komputer, dan terus berevolusi sampai saat ini.
Perangkat telekomunikasi saat mulai diimplementasi-kannya teknologi digital menggantikan teknologi analog yang mulai menampakkan batas-batas maksimal pengeksplorasiannya. Digitalisasi perangkat telekomunikasi kemudian berkonvergensi dengan perangkat komputer yang dari awal merupakan perangkat yang mengadopsi teknologi digital. Produk hasil konvergensi inilah yang saat ini muncul dalam bentuk telepon seluler. Di atas infrastruktur telekomunikasi dan komputasi  inilah kandungan isi (content) berupa multimedia, mendapatkan tempat yang tepat untuk berkembang. Konvergensi telekomunikasi-komputasi-multimedia ini yang menjadi ciri abad ke-21, sebagaimana abad ke-18 dicirikan oleh revolusi industri. Bila revolusi industri menjadikan mesin-mesin sebagai pengganti ‘otot’ manusia maka revolusi digital (karena konvergensi telekomunikasi-komputasi-multimedia terjadi melalui implementasi teknologi digital) menciptakan mesin-mesin yang mengganti (atau setidaknya meningkatkan kemampuan) ‘otak’ manusia.
Perkembangan TIK di Indonesia Teknologi informasi (information technology) dan Komunikasi mulai berkembang pesat didiawal tahun 1980-an. Pesatnya perkembangan teknologi ini didukung oleh pesatnya perkembangan prosesor (chip) yang berfungsi sebagai otak sebuah komputer pribadi (Personal Computer). Perkembangan teknologi hardware ini diikuti pula oleh kemajuan dalam bidang software, meskipun perkembangannya jauh di belakang perkembangan hardware. Pada mulanya,prosesor dan software dirancang untuk sebuah komputer pribadi yang berdiri sendiri (stand alonePC). Namun sejalan dengan perkembangannya, PC-PC tersebut akhirnya dapat diintegrasikanmelalui suatu jaringan (network) secara fisik. Sehingga sekarang kita mengenal berbagai jenisjaringan yang mengintegrasikan beberapa buah PC. Contoh jaringan yang sering kita jumpaiadalah Local Area Network (LAN), Wide Area Network (WAN), dan Internet.
Jaringan internet merupakan salah satu jenis jaringan yang popular dimanfaatkan, karena internet merupakan teknologi informasi yang mampu menghubungan komputer di seluruh dunia, sehingga memungkinkan informasi dari berbagai jenis dan bentuk informasi dapat dipakai secara bersama-sama. Saat ini telah banyak perusahaan swasta di Indonesia yang menyediakan jasa sambungan internet, misalnya IndoInternet, Radnet, D-Net, Idola, dan lain-lain.Teknologi Informasi merupakan suatu teknologi yang digunakan untuk mengolah data, termasukmemproses, mendapatkan, menyusun, menyimpan, memanipulasi data dalam berbagai carauntuk menghasilkan informasi yang berkualitas, yaitu informasi yang relevan, akurat dan tepatwaktu, yang digunakan untuk keperluan pribadi, bisnis, dan pemerintahan dan merupakaninformasi yang strategis untuk pengambilan keputusan.
Dalam dunia pendidikan, kehadiran teknologi informasi merupakan hal yang tidak bias ditawar-tawar lagi, dan merupakan penunjang utama dalam pengembangan dunia pendidikan yangsemakin hari semakin kompleks, sehingga perlu adanya media handal, mampu memberikaninovasi dan menjadi solusi dari semua persolan yang ada. Tekhnologi Informasi merupakan teknologi yang dibangun dengan basis utama teknologi komputer. Perkembangan teknologi komputer yang terus berlanjut membawa implikasi utama teknologi ini pada proses pengolahan data yang berujung pada informasi. Sejalan dengan itu mulailah bermunculan berbagai jargon berawalan e, mulai dari e-book, e-learning, e-laboratory, e-education, e-library dan sebagainya. Awalan e- bermakna electronics yang secara implisit dimaknai berdasar teknologi elektronika digital.

2.2 MACAM-MACAM PERALATAN TIK DAN FUNGSINYA
Peralatan Teknologi Informasi adalah peralatan yang digunakan untuk mendapatkan suatu informasi yang dibutuhkan melalui media elektronik maupun cetak.
a.    Yang termasuk peralatan teknolgi Informasi adalah:
1)        Cash Register, yaitu alat yang digunakan untuk memperoleh informasi pembayaran di kasir.
2)        Kalkulator, yaitu alat yang digunakan untuk memperoleh informasi hasil perhitungan angka.
3)        Komputer, yaitu alat berupa hardware dan software yang digunakan untuk membantu manusia dalam mengolah data menjadi informasi dan menyimpannya untuk ditampilkan dilain waktu. Informasi yang dihasilkan komputer dapat berupa Tulisan, gambar, suara, video dan animasi.
4)        Laptop/Notebook, yaitu peralatan yang fungsinya sama dengan komputer tetapi bentuknya praktis dapat di lipat dan dibawa-bawa karena menggunakan bantuan baterrai charger sehingga bisa digunakan tanpa menggunakan listrik.
5)        Deskbook, yaitu peralatan sejenis komputer yang bentuknya praktis yaitu CPU menyatu dengan Monitor sehingga mudah diletakan diatas meja tanpa memakan banyak tempat tetapi masih harus menggunakan listrik langsung. Karena belum dilengkapi batterai.
6)        Personal Digital Assistant (PDA)/Komputer genggam, yaitu peralatan sejenis komputer tetapi bentuknya sangat mini sehingga dapat dimasukan saku, tetapi manfaatnya hampir sama dengan komputer dapat mengolah data, bahkan sekarang banyak PDA yang juga dapat berfungsi sebagai Handphone (PDA Phone)
7)        Kamus Elektronik, yaitu perlatan elektronik yang digunakan untuk untuk menterjemahkan antar bahasa
8)        MP4 Player, yaitu peralatan yang digunakan sebagai media penyimpanan data sekaligus sebagai alat pemutar video dan music serta game.
9)        Kamera digital, yaitu perlatan yang digunakan untuk menyimpan gambar atau video dengan menggunakan metode penyimpanan secara digital atau disk.
10)    Flash disk, yaitu media penyimpanan data yang berbentuk Universal Serial Bus tetapi dapat menyimpan data dalam jumlah banyak.
11)    MP3 Player, yaitu Perlatan yang dapat menyimpan data sekaligus dapat digunakan untuk memutar music dan mendengarkan radio.
12)    Televisi, yaitu peralatan teknologi yang digunakan untuk menyampaikan informasi dalam bentuk gambar bergerak/video secara langsung .
13)    Radio, yaitu Perlatan elektronik yang digunakan untuk menyampaikan Informasi berupa suara dari station pemancar melalui frekuensi yang telah ditetapkan.
14)    Koran, yaitu media cetak yang digunakan untuk menyampaikan informasi yang berupa tulisan dan gambar yang terbit setiap hari.
15)    Majalah, yaitu media cetak yang digunakan untuk menyampaikan informasi yang berupa tulisan dan gambar yang terbit secara rutin setiap minggu atau bulanan.
b.    Yang termasuk Peralatan Teknologi Komunikasi
1)        Telephone, yaitu Peralatan teknologi yang digunakan untuk berkomunikasi antara dua orang dengan menggunakan suara. Telephone ada tiga macam yaitu, Fixphone (deskphone), Phone Celluler Ericsson dan Fixphone celluler (wirless deskphone)
2)        Faximile (fotocopy jarak jauh), yaitu perlatan komunikasi yang digunakan untuk mengirim tulisan kepada sesama alaat tersebut melalui sambungan telephone.
3)        Telegraph, yaitu perlatan komunikasi yang digunakan untuk mengirim sandi melalui jaringan telephone. Peralatan ini cikal bakal teknologi modern
4)        Pager (Penyeranta), yaitu perlatan komunikasi yang digunakan untuk menerima pesan teks melalui jaringan tanpa kabel.
5)        Walky talky, yaitu peralatan komunikasi antara dua orang menggunakan pesawat khusus (HT) tanpa kabel menggunakan gelombang 11 meter atau 2 meter.
6)        Internet Mesenger yaitu komunikasi antara satu orang dengan orang lain menggunakan teks, suara atau video dengan komputer, komunikasi jenis ini dapat dilakukan dengan satu orang atau beberapa orang sekaligus (confenece) .komunikasi jenis ini selain menggunakan teks (chatting) tetapi juga dapat menggunakan suara (voice) bahkan sekarang dapat juga menggunakan streaming (Messenger dengan webcam).
7)        Email yaiitu Media komunikasi yang digunakan untuk berkirim surat atau data melalui internet .Komunikasi melalui email lebih efisien selain tidak perlu membayar proses pengirimannya sangat cepat sampai.
8)        Surat POS, yaitu media pengiriman surat biasa melalui jasa pengiriman paket pos, biasanya pengiriman pos memakan waktu yang lebih lama, karena pengirim harus mengetahui alamat surat dengan jelas.

2.3 KELEBIHAN DAN KEKURANGAN TIK
Setiap perkembangan yang terjadi, pasti akan berdampak positif dan juga negatif terhadap manusia. Tidak terkecuali teknologi informasi dan komunikasi, berbagai sektor sangat terbantu dengan penemuan-penemuan yang ada, namun kerugian-kerugian juga muncul dari hal ini. Kejadian ini sebenarnya tergantung dari user yang memanfaatkannya. Berikut ini adalah keuntungan dari teknologi Informasi dan komunikasi :
1)        Membantu mempercepat pekerjaan manusia.
Dengan menggunakan teknologi informasi dan komunikasi, pekerjaan manusia akan menjadi lebih cepat dan mudah.
2)        Mempermudah komunikasi jarak jauh.
Sebelum adanya teknologi informasi dan komunikasi seperti sekarang ini, proses komunikasi masih bersifat analog. Dengan teknologi sekarang, bisa menggunakan sms, e-mail dan lain sebagainya yang merupakan produk teknologi informasi. Dengan menggunakannya, maka jarak yang jauh bukan lagi menjadi hambatan dalam berkomunikasi, waktu tempuhpun menjadi relatif singkat dengan keakuratan yang sangat terjamin.
3)        Mempermudah sistem administrasi
Sistem administrasi tanpa menggunakan bantuan teknologi informasi dan komunikasi akan menjadi lambat dan membutuhkan tempat yang besar. Dalam hal ini, misalnya saja untuk proses penghitungan suara oleh KPU. Dalam hitungan jam saja, sudah bisa terakumulasi total suara dalam satu negara.
4)        Mempermudah proses transaksi keuangan
Sebelum berkembangnya teknologi informasi dan komunikasi, proses transaksi keuangan dilakukan secara konvensional. Namun, sekarang ini, proses transaksi sudah bisa dilakukan melalui berbagai cara, yakni bisa melalui ATM, SMS Banking dan E-Banking.
Selain keuntungan yang diperoleh dari perkembangan teknologi informasi dan komunikasi, juga muncul kerugian atau efek negatifnya, yaitu antara lain :
1)        Komunikasi menjadi hampa
Sebelum adanya teknologi bidang komunikasi, untuk melakukan komunikasi, haruslah bertemu antara satu pihka dengan pihak lainnya, sehingga proses komunikasi menjadi nyata dan transparan. Sekarang ini, proses komunikasi tidak harus bertatap muka, sehingga terasa kurang puas.
2)   Penyalahgunaan untuk tindakan kriminal dan asusila
Maraknya penipuan dan penuculikan belakangan ini melalui situs jejaring sosial, juga merupakan efek negatif dari berkembangnya dunia informasi dan komunikasi. Selain itu, bahaya dari situs prnografi merupakan acncaman nyata bagi para generasi mida,khususnya siswa sekolah.
3)   Penyalahgunaan untuk pencurian keuangan
Belakangan ini muncul berita mengenai pembobolan uang nasabah, dari hal ini jelas sekali bahwa kemampuan di bidang teknologi informasi dan komunikasi yang tidak diimbangi dengan iman yang kuat, maka seseorang dapat terjerumus dalam tindakan pencurian melalui media internet.
4)   Munculnya perilaku individualisme,ketergantungan dan  egois
Semakin tergantungnya manusia akan bidang ini, maka jiwa sosialnya akan berkurang.
5)   Manusia menjadi malas beraktifitas
Ini adalah dampak yang paling nyata yang dapat kita lihat dan rasakan, hampir tiap waktu, sepulang sekolah, siswa sekolah lebih banyak menghabiskan waktunya di warnet untuk bermain game online. waktu mereka untuk belajarpun menjadi berkurang, disinilah peran orang tua harus aktif untuk bisa menjelaskan pada anaknya mengenai pembagian waktu untuk belajar dan bermain.

Kemajuan yang telah dicapai manusia dalam bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) merupakan sesuatu yang patut kita syukuri karena dengan kemajuan tersebut akan memudahkan manusia dalam mengerjakan pekerjaan dan tugas yang harus dikerjakannya. Namun, tidak semua kemajuan yang telah dicapai tersebut membawa dampak positif. Diantara kemajuan yang telah dicapai tersebut ternyata dapat membawa dampak negatif bagi manusia. Dibawah ini akan dipaparkan dampak positif (keuntungan) dan negative (kerugian) dari penggunaan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) dalam bidang sosial, pendidikan, ekonomi, dan pemerintahan.
a.         Dalam Bidang Sosial
Keuntungan :
1.      Kemajuan teknologi komunikasi yang cepat dapat mempermudah komunikasi antara suatu tempat dan tempat yang lain.
Kerugian :
1.        Dengan semakin pesatnya komunikasi membuat bentuk komunikasi berubah yang asalnya berupa face to face menjadi tidak. Hal ini dapat menyebabkan komunikasi menjadi hampa.
2.        Seseorang yang terus menerus bergaul dengan komputer akan cenderung menjadi seseorang yang individualis.
3.        Dengan pesatnya teknologi informasi baik di internet maupun media lainnya membuat peluang masuknya hal-hal yang berbau pornografi, pornoaksi, maupun kekerasan semakin mudah.
4.        Kemajuan TIK juga pasti akan semakin memperparah kesenjangan sosial yang terjadi di masyarakat antara orang kaya dan orang miskin.
5.        Maraknya cyber crime yang terus membayangi seperti carding, ulah cracker, manipulasi data dan berbagai cyber crime yang lainnya
b.     Dalam Bidang Pendidikan
Keuntungan :
1.        Informasi yang dibutuhkan akan semakin cepat dan mudah di akses untuk kepentingan pendidikan.
2.        Inovasi dalam pembelajaran semakin berkembang dengan adanya inovasi e-learning yang semakin memudahkan proses pendidikan.
3.        Kemajuan TIK juga akan memungkinkan berkembangnya kelas virtual atau kelas yang berbasis teleconference yang tidak mengharuskan sang pendidik dan peserta didik berada dalam satu ruangan.
4.        Sistem administrasi pada sebuah lembaga pendidikan akan semakin mudah dan lancar karena penerapan sistem TIK.
Kerugian :
1.        Kemajuan TIK juga akan semakin mempermudah terjadinya pelanggaran terhadap Hak Atas Kekayaan Intelektual (HAKI) karena semakin mudahnya mengakses data menyebabkan orang yang bersifat plagiatis akan melakukan kecurangan.
2.        Walaupun sistem administrasi suatu lembaga pendidikan bagaikan sebuah system tanpa celah, akan tetapi jika terjadi suatu kecerobohan dalam menjalankan sistem tersebut akan berakibat fatal.
3.        Salah satu dampak negatif televisi adalah melatih anak untuk berpikir pendek dan bertahan berkonsentrasi dalam waktu yang singkat (short span of attention).
c.          Dalam Bidang Ekonomi
Keuntungan :
1.        Semakin maraknya penggunaan TIK akan semakin membuka lapangan pekerjaan.
2.        Bisnis yang berbasis TIK atau yang biasa disebut e-commerce dapat mempermudah transaksi-traansaksi bisnis suatu perusahaan atau perorangan
3.        Dengan fasilitas pemasangan iklan di internet pada situs-situs tertentu akan mempermudah kegiatan promosi dan pemasaran suatu produk.
Kerugian :
1.        Dengan mudahnya melakukan transaksi di internet menyebabkan akan semakin memudahkan pula transaksi yang dilarang seperti transaksi barang selundupan atau transaksi narkoba.
2.        Hal yang sering terjadi adalah pembobolan rekening suatu lembaga atau perorangan yang mengakibatkan kerugian financial yang besar.
d.         Dalam Bidang Pemerintahan
Keuntungan :
1.        Tenologi Informasi dan Komunikasi yang dikembangkan dalam pemerintahan atau yang disebut e-government membuat masyarakat semakin mudah dalam mengakses kebijakan pemerintah sehingga program yang dicanangkan pemerintah dapat berjalan dengan lancar.
2.        e-government juga dapat mendukung pengelolaan pemerintahan yang lebih efisien, dan bisa meningkatkan komunikasi antara pemerintah dengan sektor usaha dan industri.
3.        Masyarakat dapat memberi masukan mengenai kebijakan-kebijakan yang dibuaat oleh pemerintah sehingga dapat memperbaiki kinerja pemerintah.
Kerugian :
1.        Semakin bebasnya masyarakat mengakses situs pemerintah akan membuka peluang terjadinya cyber crime yang dapat merusak system TIK pada e-government. Misalnya kasus pembobolan situs KPU ketika penyelenggaraan Pemilu oleh seorang cracker.

















BAB III
PENUTUP
3.1 Simpulan
1)      Perkembangan komputer dari masa ke masa selalu mengalami peningkatan. Dulu komputer diciptakan hanya sebagai alat untuk mempermudah dalam penghitungan atau lebih mudahnya sebagai mesin hitung matematika. Tetapi seiring dengan perkembangan zaman komputer ini terus berevolusi menjadi mesin serba guna khususnya pada bidang industri dan penelitian. Oleh karena itu, kata dasar komputer berasal dari kata “compute” yang berarti menghitung dengan kata lain komputer berati alat penghitung.
2). Yang termasuk peralatan teknolgi Informasi adalah:
  1. Cash Register, yaitu alat informasi pembayaran di kasir.
  2. Kalkulator, yaitu alat informasi hasil perhitungan angka.
  3. Komputer, yaitu alat berupa hardware dan software. Informasi yang dihasilkan komputer dapat berupa Tulisan, gambar, suara, video dan animasi.
  4. Laptop /Notebook, yaitu peralatan yang fungsinya sama dengan computer.
  5. Deskbook, dan lain-lain
3).   Kelebihan dari TIK adalah dapat membantu mempercepat pekerjaan manusia, mempermudah komunikasi jarak jauh, mempermudah sistem administrasi, mempermudah proses transaksi keuangan. Sedangkan Kelemahannya adalah komunikasi menjadi hampa, penyalah gunaan untuk tindakan kriminal dan asusila, penyalah gunaan untuk pencurian keuangan, munculnya perilaku individualisme,ketergantungan dan  egois dan manusia menjadi malas beraktifitas dan lain-lain.

3.2 Saran
Untuk kemajuan teknologi computer maka diharapkan agar perkembangan computer kedepan mampu mengubah pola fikir dan menjadikan masyarakat Indonesia menjadi manusia yang kreatif dan inovatif. Serta tumbuhnya kratifitas hingga menghasilkan suatu karya yang berguna bagi manusia. Diharapkan dengan adanya teknologi computer dapat dimanfaat sesuai dengan kegunaan sebenarnya.


DAFTAR PUSTAKA

Anonim. Tt. 10 Kelebihan dan kekurangan teknologi informasi. Tersedia pada: file:///F:/tugas/DOWNLOAD/10-kelebihan-dan-kekurangan teknologi.html. Diakses pada tanggal 29 September 2013.
Anonim. Tt. Dampak Negatif Penggunaan TIK. Tersedia pada: file:///F:/tugas/DOWNLOAD/dampak-negatif-penggunaan-tik.html. Diakses pada tanggal 29 September 2013.
Anonim. 2010. Dampak Positif dan Negatif TIK. Tersedia pada: file:///F:/tugas/DOWNLOAD/dampak-positif-negatif-tik.html. Diakses paada tanggal 29 September 2013.
Fauzi, Imron. 2009. Perkembangan IPTEK. Tersedia pada: file///D:/DOWNLOAD/ UNTUK TIK/ PERKEMBANGAN IPTEK Imronfauzi.wordpress.com.htm. Diakses pada tanggal 29 September 2013.
Pratiwi, Rahayu Kusuma. 2013. Perkembangan IPTEK dalam Pendidikan. Tersedia pada: file:///D:/DOWNLOAD/ UNTUK TIK/ rahayu kusuma pratiwi Makalah Perkembangan IPTEK dalam Pendidikan.htm. Diakses pada tanggal 29 September 2013.

1 komentar: